MTS / SMP : KELAS 7 - 8 - 9 ++++++> FASE D
=================================
SMA PLUS TAUHIDUL AFKAR
MA/SMA/SMK : KELAS 10 +++++++> FASE E
MA/SMA/SMK : KELAS 11-12 +++++> FASE F
===============================
KURIKULUM MERDEKA
>>>> TIDAK DIPAKSA MEMPELAJARI MATERI YANG TIDAK DIMINATI
>>>> MERDEKA MEMILIH MATERI AJAR YANG DIMINATI
STRATEGI BELAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA
STRATEGI BELAJAR BERBASIS PROYEKARTINYA, Peserta didik akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui:
Proyek / studi kasus. =====> pemahaman konsep bisa lebih terlaksana.
Nama proyek: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sifat Proyek: lintas mapel
Melalui proyek ini, siswa diminta untuk melakukan:
- observasi masalah dari konteks lokal
- memberikan solusi nyata terhadap masalah tersebut.
Dengan adanya proyek ini, fokus belajar peserta didik tidak lagi hanya semata-mata untuk mempersiapkan diri menghadapi soal-soal ujian.
<<UJIAN TETAP ADA>>
Dengan fokus seperti ini, kegiatan belajar-mengajar tentu akan terasa jauh lebih seru dan menyenangkan guys, daripada hanya fokus mengerjakan latihan soal saja.
<<PROSES BELAJAR, TIDAK SELAMANYA MENGERJAKAAN SOAL>>
KARAKTER UTAMA KURIKULUM MERDEKA
>>>> PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK -- SOFT SKILL -- KARAKTER PELAJAR PANCASILA
>>>> FOKUS PADA MATERI ESSENSI -- (lintas mapel, tidak fokus pada satu mapel, satu guru | banyak mapel, banyak guru / satu guru multitalenta)
>>>> FLEKSIBILITAS BAGI GURU (penyesuaian dengan kontek dan muatan lokal)
<<<< ingat.... lintas mapel, banyak guru, HARUS FLEKSIBEL BAGI para GURU (YANG BERGABUNG)
<<<< guru yang bergabung dalam satu konteks mewujudkan materi essensi siswa
<<<< FLEKSIBILITAS, materi (!), waktu (?) tempat (?)
PERUBAHAN KURIKULUM MERDEKA DARI K13
1. Perubahan Kurikulum di Jenjang SD
- Mapel IPA dan IPS digabungkan.
- Mata pelajaran Seni sebagai mapel keterampilan.
2. Perubahan Kurikulum di Jenjang SMP
- Mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib.
- Mata pelajaran Prakarya menjadi salah satu pilihan bersama mata pelajaran Seni (Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, Seni Teater).
3. Perubahan Kurikulum di Jenjang SMA
- Tidak ada penjurusan di jenjang SMA.
- Peserta didik akan memilih mata pelajaran kelompok pilihan di Kelas 11 dan 12 sesuai minat dan bakatnya dengan panduan guru Bimbingan Konseling.
- Peserta didik boleh mengganti pilihan mata pelajaran di kelas 12 namun tidak disarankan.
Contoh Ilustrasi Pemilihan Mata Pelajaran di Kelas 11-12 SMA
Nanti keluar dari sma, mau jurusan kedokteran:
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum (Wajib Diambil)
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Matematika
- Seni (bisa pilih salah satu di antara Seni Musik, Tari, Rupa, dan Teater)
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
- Sejarah
B. Kelompok Mata Pelajaran MIPA
- Biologi
- Kimia
C. Kelompok Mata Pelajaran IPS
- Sosiologi
D. Kelompok Mata Pelajaran Bahasa dan Budaya
- Bahasa Inggris (Tingkat Lanjut)
==================================================
Nanti keluar dari sma, mau jurusan bisnis atau teknik:
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum (Wajib Diambil)
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Matematika
- Seni (bisa pilih salah satu di antara Seni Musik, Tari, Rupa, dan Teater)
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
- Sejarah
B. Kelompok Mata Pelajaran MIPA
- Fisika
- Matematika Peminatan
C. Kelompok Mata Pelajaran IPS
- Ekonomi
- Geografi
==================
++++++++++++++++++
++++++++++++++++++
Ka Siswa teh,
Sok baca
naon nu dibaca? beli buku. Teu meuli, tulis atuh
Sok tulis
kumaha nu ditulis? apalkeun, praktekeun.
Sok apalkeun
Sok praktekeun / terapkeun dina kahirupan.
====================
Ah, Abdi mah teu resep kana pelajaran ieu mah......
pelajaran teh aya TEORI, aya PRAKTEK
tiasa teori, teu tiasa praktek
teu tiasa teori, tiasa praktek
tiasa teori, tiasa praktek
teu tiasa teori, teu tiasa praktek. ....MMMMH, PISAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar