Berikut daftar lengkap KI dan KD
mata pelajaran IPS pada jenjang SMP dari kelas 7, 8 dan 9 yang bersumber
dari Kemendikbud.
1.
Daftar KI dan KD IPS SMP Kelas 7
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dansumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspekekonomi, sosial,
budaya, dan pendidikan. |
4.1
Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka
bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalamaspek ekonomi, sosial,
budaya, dan pendidikan. |
3.2
Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan
sosial budaya. |
4.2
Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksi sosial dalam ruang dan
pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan
norma serta kelembagaan sosial budaya. |
3.3
Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan
berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan
penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi,
sosial, dan budayaIndonesia. |
4.3
Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan
ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budayaIndonesia. |
3.4
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha danIslam. |
4.4
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam. |
Daftar
Materi IPS Kelas 7 K13 Revisi + PDF
Rangkuman Materi Semester 1
Rangkuman materi IPS kelas 7
semester 1 hanya 2 bab, berikut link akses materinya dan sudah kami sertakan
link download file PDF yang bisa dipakai belajar di rumah.
No |
Bab |
Materi
Semeter 1 |
Materi
PDF |
1 |
Bab
1 |
||
2 |
Bab
2 |
Rangkuman Materi Semester 2
Rangkuman materi IPS kelas 7
semester 2 terdapat 2 bab juga, berikut link akses materinya dan sudah kami
sertakan link download file PDF yang bisa dipakai belajar di rumah.
No |
Bab |
Materi
Semester 2 |
Materi
PDF |
1 |
Bab
3 |
||
2 |
Bab
4 |
Masyarakat Indonesia pada
Masa PraAksara, Hindu-Budha dan Islam |
2.
Daftar KI dan KD SMP Kelas 8
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya; terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang); sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori. |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi,sosial, budaya, dan politik. |
4.1
Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial, budaya, dan politik. |
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. |
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang
berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya sertapengembangan
kehidupan kebangsaan. |
3.3
Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran
serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan
ekonomi, sosial, dan budaya diIndonesia dan negara-negara ASEAN. |
4.3
Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam
permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi
antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, diIndonesia dan
negara-negara ASEAN. |
3.4
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai
tumbuhnya semangatkebangsaan. |
4.4
Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang
(geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa
penjajahan sampai tumbuhnyasemangat kebangsaan. |
Daftar
Materi IPS Kelas 8 K13 Revisi + PDF
No |
Bab |
Materi
Semester 1 |
Materi
PDF |
1 |
Bab
1 |
||
2 |
Bab
2 |
Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial
dan Kebangsaan |
No |
Bab |
Materi
Semester 2 |
Materi
PDF |
1 |
Bab
3 |
||
2 |
Bab
4 |
Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan
dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan |
3.
Daftar KI dan KD SMP Kelas 9
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan
benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik |
4.1
Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia
dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,
sosial, pendidikandan politik |
3.2
Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam
menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan |
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa
Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan |
3.3
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi
penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan,
dan kesejahteraanmasyarakat |
4.3
Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari
konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi,
pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraanmasyarakat |
3.4
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaansampai
awal reformasi |
4.4
Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang
(geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari
awalkemerdekaan sampai awal reformasi |
Daftar
Materi IPS Kelas 9 K13 Revisi + PDF
No |
Bab |
Materi
Semester 1 |
Materi
PDF |
1 |
Bab
1 |
Download |
|
2 |
Bab
2 |
Download |
No |
Bab |
Materi
Semester 2 |
Materi
PDF |
1 |
Bab
3 |
Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya Terhadap
Kesejahteraan Masyarakat |
Download |
2 |
Bab
4 |
Download |
Itulah daftar Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar dari mata pelajaran IPS SMP untuk kelas 7, 8 dan 9 yang
disertai dengan daftar materinya. Kami juga sudah menyertakan rangkuman
materinya di setiap bab, tinggal anda klik di setiap materi saja akan otomatis
diarahkan ke rangkuman materinya. Semoga bermanfaat sebagai bahan
referensi untuk menyusun perangkat pembelajaran dan menyusun materi belajar
siswa.