MATERI UJIAN KSM 2023
Tingkat : KABKO
Mata Uji : MTS-IPS
=====
===== Konsep PDF
1. Indonesia adalah negara yang multikultural. Kondisi sosial budaya ini ditandai dengan keberagaman suku, agama, dan ras yang tinggal di wilayah Indonesia. Makna keberagaman ini dapat ditelusuri dalam kandungan ayat berikut:
َياٍت ِلْلَعاِلِميَنِإَّن ِفي َٰذِلَك َلآ ۚاِنُك ْمَوْلَأْلِسَنِتُك ْم َواْخِتَلاُف َأْرِض َوَأاْلاِت َوَوَياِتِه َخْلُق الَّسَماَوِمْن آ
Salah satu wujud dari keberagaman dalam ayat ini adalah unsur pembentuk kebudayaan, yaitu ….
(A) kesenian
(B) sistem pengetahuan
(C) sistem kemasyarakatan
(D) bahasa
2. Perhatikan ayat berikut!
ُروَنَياٍت ِلَق ْوٍم َيَتَفَّكِإَّن ِفي َٰذِلَك َلآَنُك ْم َمَوَّدًة َو َرْحَمًةۚ َوَجَعَل َب ْيْيَهاِإَلاًجا ِلَتْسُكُنوا ْزَوَأْنُفِسُك ْمَياِتِه َأْن َخَلَق َلُك ْم ِمْن َأَوِمْن آ
Ayat ini dapat dijadikan pedoman bagi individu dalam berinteraksi ketika berada pada salah satu jenis lembaga sosial. Menilik pada kandungan ayat ini, interaksi individu mengarah pada interaksi sosial ….
(A) asosiatif
(B) disasosiatif
(C) akomodatif
(D) integratif
3. Media sosial memungkinkan terjadinya interaksi sosial yang mengarah pada munculnya akhlak tercela seperti fitnah dan ghibah. Dua bentuk akhlak ini dalam beberapa berita di media massa mengancam harmoni kehidupan masyarakat. Ancaman ini terjadi karena ….
(A) kontak sosial primer di antara pengguna media sosial
(B) adanya proses empati dan simpati yang tidak tepat
(C) beredarnya informasi yang bersifat menyesatkan
(D) kemampuan masyarakat untuk mereproduksi konten
4. Program pembukaan lahan gambut di masa Orde Baru dan perluasan lahan sawah dalam program food estate di Kalimantan Tengah pada masa pemerintahan saat ini merupakan bentuk ekstensifikasi pertanian. Tingkat kesukaran untuk produksi tanaman pangan pada lahan yang digunakan dalam program tersebut memiliki kesamaan dengan kesukaran lahan seperti ayat berikut:
ُمْفِسِديَن (A(ُيِحُّب اْلِإَّن الَّلَه َلاْرِضۖ َأْبِغ اْلَفَساَد ِفي اْلَلا َتَوْيَكۖ ْحَسَن الَّلُه ِإَلا َأَمْحِسْن َكَأَواۖ َيَبَك ِمَن الُّدْنَلا َتْنَس َنِصيَوَةۖ َر اْلآِخَرا آَتاَك الَّلُه الَّداَمْبَتِغ ِفياَو ُح وَن (B(ُتْفِلْما َلَعَّلُكًروا الَّلَه َكِثيُراْذُكْبَتُغوا ِمْن َفْضِل الَّلِه َواْرِض َوَأوا ِفي اْلَفِإَذا ُقِضَيِت الَّصَلاُة َفاْنَتِشُر
ُمْعِرُضوَن (C(وا ُرْنِذُأوا َعَّماُراَّلِذيَن َكَفَوَأَجٍل ُمَسًّمىۚ َّلا ِباْلَحِّق َوِإاُه َمَنَب ْياْرَض َو َمَأاْلاِت َوَواا َخَلْقَنا الَّس َمَم
(D)ٌرٍء َقِديْيِإَّنُه َعَلٰى ُكِّل َشَتٰىۚ َم ْوِيي اْلُم ْحاَها َلْح َيِإَّن اَّلِذي َأ اْهَتَّزْت َو َر َبْتۚ َءاَما اْلْي َهَزْلَنا َعَلْنْرَض َخاِشَعًة َفِإَذا َأَأَرى اْلَّنَك َتاِتِه َأَيَوِمْن آ
5. Konflik personal atau komunal menjadi problem sosial yang sering muncul di ruang publik. Contoh permasalahan ini memiliki bentuk yang beragam, seperti pengendara motor yang tersulut emosinya dan kemudian melakukan tindakan melawan hukum terhadap pengendara lain atau perilaku sekelompok anak sekolah yang mengganggu kelompok anak dari sekolah lain. Kedua tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai konflik <@isian>
6. Nasionalisme Indonesia yang mulai berkembang pada awal abad 20 dipengaruhi oleh beberapa faktor. Wujud dari salah satu faktor tersebut adalah hadirnya kelompok sosial yang memiliki kedekatan makna dengan Asmaul Husna, yaitu Al-Alim. Keberadaan kelompok sosial ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah kolonial Belanda berupa ….
(A) Undang-undang Agraria
(B) sistem sewa tanah
(C) politik etis
(D) ekonomi liberal
7. Interaksi antar ruang adalah sebuah keniscayaan seperti yang termaktub dalam ayat berikut:
َر َفِإَّن الَّلَه َغِنٌّي َعِن اْلَعاَلِميَنَوَمْن َكَفْيِه َسِبيًلاۚ َب ْيِت َمِن اْسَتَطاَع ِإَلِلَّلِه َعَلى الَّناِس ِحُّج اْلَوَوَمْن َدَخَلُه َكاَن آِمًناۗ َۖماِهيُم ِإ ْبَرِّيَناٌت َمَقاَياٌت َبِفيِه آ
Berdasarkan makna ayat di atas, bentuk interaksi sosial yang relevan adalah ….
(A) komunikasi sosial
(B) mobilitas penduduk
(C) transportasi publik
(D) transformasi struktural
8. Salah satu tokoh ulama Nusantara yang masyhur dengan keilmuannya adalah Syaikh Abdur Rauf As-Singkili. Semasa muda, Syaikh Abdur Rauf As-Singkili menuntut ilmu kepada ayahnya di Aceh dan juga kepada ulama di dua negara. Pada masa kini, dua negara tersebut masuk pada wilayah ….
(A) Asia Utara dan Eropa Timur
(B) Asia Barat dan Afrika Utara
(C) Asia Timur dan Asia Barat
(D) Asia Tenggara dan Asia Tengah
9. Flexing menjadi bentuk perubahan sosial kontemporer sebagai akibat kemunculan media sosial. Kehadiran media baru tersebut berdampak pada kemampuan individu dan masyarakat dalam menggunakan media. Selain menjadi konsumen, mereka dapat pula menjadi produsen atas suatu konten media sehingga mereka dapat membuat berita tentang dirinya, seperti flexing. Perubahan sosial masyarakat dalam mengunakan media ini dapat dipahami secara tepat dengan menggunakan perspektif teori ….
(A) evolusi
(B) konflik
(C) fungsional
(D) siklus
10. The following figure shows Singapore's export performance in 2019:
Based on Singapore's third largest export commodity above, the ability to produce these goods can be attributed to the factors of ....
(A) interactions between spaces due to natural conditions
(B) interactions between spaces due to natural resources
(C) interactions between spaces due to technological developments
(D) interactions between spaces due to geographic influences
11. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Permasalahan inflasi
(2) Sistem ekonomi Gerakan Benteng
(3) Nasionalisasi perusahaan asing
(4) Blokade laut
(5) Finansial ekonomi (Finek)
Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa kemerdekaan ditandai dengan masalah yang ditunjukkan pada nomor ….
(A) (1) dan (4)
(B) (2) dan (3)
(C) (3) dan (5)
(D) (4) dan (2)
12. Kjokkenmoddinger adalah salah satu peninggalan masyarakat pada zaman Mesolitikum. Dengan melihat pada bentuk, ciri, serta lokasi ditemukannya peninggalan tersebut, dapat dipastikan masyarakat tersebut tinggal di wilayah seperti tempat yang ada dalam ayat ….
(A) Q.S. An-Naba: 15
(B) Q.S. Asy-Syams: 6
(C) Q.S. An-Naziat: 31
(D) Q.S. At-Takwir: 6
13. Kebijakan Tanam Paksa yang dilakukan pemerintahan kolonial pada masa Gubernur Jendral van Den Bosch berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat Hindia Belanda. Kondisi sosial ekonomi ini menjadi salah satu sebab dari diberlakukannya sistem ekonomi liberal di awal abad 20. Kebijakan ini ditandai dengan masuknya modal swasta asing di bidang industri barang dan jasa. Kehadiran industri ini berdampak pada usaha rakyat seperti ….
(A) pengangkutan gerobak yang menurun akibat penggunaan kereta api
(B) perluasan lahan pertanian tebu rakyat akibat pembukaan pabrik gula
(C) merosotnya usaha dibidang makanan akibat masuknya barang impor
(D) meningkatnya usaha pribumi akibat munculnya industri global
14. Sejumlah gejala sosial muncul selama Pandemi COVID-19. Culture shock menjadi salah satu gejala sosial di masa tersebut. Bentuk culture shock yang ada di dunia Pendidikan adalah tenaga pendidik ….
(A) mengajar dengan anggaran yang sedikit
(B) menggunakan piranti digital dengan gagap
(C) mengajar dengan sumber belajar digital minim
(D) memiliki akses perangkat teknologi yang terbatas
15. Perkembangan kontemporer masyarakat mengarah pada suatu penciptaan struktur sosial yang mengarah pada borderless society. Beragam karakteristik masyarakat yang identik dengan fenomena tersebut. Salah satu yang mengemuka adalah fakta ekonomi yang dapat dilihat dalam bentuk ....
(A) rasa bangga mengkonsumsi produk nasional
(B) munculnya distribusi sistem multilevel marketing
(C) terciptanya rantai pasok barang yang tersebar
(D) berkembangnya brand waralaba makanan lokal
16. Kerusakan Sumber Daya Alam (SDA) diantisipasi oleh pemerintah dengan mengembangkan tata kelola yang mengedepankan pada prinsip
ekoefisiensi. Penerapan prinsip ini dapat ditemukan pada suatu lokasi yang maknanya sama dengan kandungan dalam Q.S. Abasa: 27-28. Dengan mendasarkan pada lokasi yang terkandung dalam ayat tersebut, bentuk kebijakan ekoefisiensi yang tepat adalah ….
(A) pelarangan pukat harimau
(B) penggunaan pupuk organik
(C) pemertahanan hutan lindung
(D) pencegahan pencemaran sungai
17. Berikut adalah dua ayat yang di dalamnya merepresentasikan eksistensi lembaga-lembaga sosial. Ayat pertama adalah
ٌمٌر َرِحيُروا َفِإَّن الَّلَه َغُفوَتْغِفَوَتْصَفُحوا َوَوِإْن َتْعُفوا ُۚروُه ْمَلاِدُك ْم َعُدًّوا َلُك ْم َفاْحَذْوَأاِجُك ْم َوْزَوِإَّن ِمْن َأُّيَها اَّلِذيَن آَمُنوا َأَيا
dan ayat kedua adalah
الَّلُه ِبَماَوَرَجاٍتۚ َم َداَّلِذيَن ُأوُتوا اْلِعْلَفِع الَّلُه اَّلِذيَن آَمُنوا ِمْنُك ْم َوَي ْرَوِإَذا ِقيَل اْنُشُزوا َفاْنُشُزوا َۖيْفَسِح الَّلُه َلُك ْمَتَفَّسُحوا ِفي اْلَمَجاِلِس َفاْفَسُحوا ِإَذا ِقيَل َلُك ْمُّيَها اَّلِذيَن آَمُنوا َأَيا ٌرَتْعَمُلوَن َخِبي
Perbedaan utama antara lembaga sosial yang terwakili oleh ayat pertama dengan ayat kedua terletak pada fungsi pengembangan ....
(A) pedoman berperilaku
(B) nilai dan norma sosial
(C) nalar dan pengetahuan
(D) ruang reproduksi
18. Negara Indonesia memiliki komitmen untuk menyelesaikan permasalahan internasional dengan menginisiasi kegiatan berskala internasional, mendirikan lembaga regional, dan berpartsipasi pada lembaga internasional. Pada masa Orde Lama, pemerintahan menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA), membentuk ASEAN pada masa Orde Baru, dan pernah menjadi anggota dewan keamanan PBB pada masa Orde Reformasi.
Peran internasional yang dilakukan Indonesia di masa Orde Lama, dapat dikategorikan sebagai upaya peningkatan ….
(A) intervensi permasalahan ekonomi diantara negara Asia-Afrika
(B) keamanan negara-negara Asia-Afrika dari invasi negara adidaya
(C) sistem kehidupan politik negara Asia-Afrika yang lebih maju
(D) aliansi pertahanan keamanan di antara negara Asia-Afrika
19. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibentuk untuk meningkatkan aliran barang serta investasi diantara negara ASEAN secara bebas. Aktivitas ekonomi ini diharapkan dapat mendorong wilayah MEA sebagai basis produksi barang global yang mengintegrasikan potensi ekonomi negara anggotanya. Aktivitas MEA sebagai organisasi perdagangan internasional bertujuan untuk ….
(A) menerapkan politik anti dumping
(B) menggunakan mata uang dolar AS
(C) membebaskan impor dan ekspor
(D) menciptakan rantai produksi pada satu negara
20. Dengan mendasarkan pada perintah dalam Q.S. Al-Maun, sebuah lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah menyelenggarakan suatu aktivitas sosial di setiap hari Jum’at. Tindakan yang dilakukan oleh sekolah ini adalah bentuk interaksi sosial yang dapat dikategorikan sebagai ….
(A) motivasi
(B) imitasi
(C) empati
(D) simpati
21. Kebutuhan akan kurma saat bulan ramadhan hingga musim haji sangat tinggi. Indonesia memproduksi kurma dalam jumlah yang sangat sedikit, hanya sekitar 1 persen dari total kebutuhan nasional. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor kurma dari negeri Timur Tengah. Pada tahun 2018 mencatatkan nilai impor sebesar 39,9 ribu ton (BPS, 2018).
Faktor penyebab rendahnya produksi kurma di Indonesia adalah ….
(A) lahan yang sesuai tidak terbatas, curah hujan tinggi, tanah basah, pH asam, dan kandungan garam tinggi
(B) lahan yang sesuai terbatas, curah hujan tinggi, tanah lembab, pH netral, dan kandungan garam rendah
(C) lahan yang sesuai tidak terbatas, curah hujan tinggi, tanah kering, pH basah, dan kandungan garam tinggi
(D) lahan yang sesuai terbatas, curah hujan tinggi, tanah liat, pH netral, dan kandungan garam rendah
22.
ْيِسَيا؟ِنَبُق َمَع ال ِّس َلِع الُمَتَف ِّوَقِة َوَمَناِطِق إْنَتاِجَها ِفي إْنُد ْوَيِة لَا َيَتَطاَباِت الَتاِلِإْنَتاِج. َأٌّي ِمَن الإَجااِفَّيِة ِلَمَناِطِق اْلاِعَّيُة الَّراِئَدُة ِبالّظُر ْوِف الُجْغَرَر ال ِّس َلُع الِّزُرّثَتَتَأ نج (A(ْمُب ْوالَق ْه َوُة - لَا
َلاِو ْيِسي (B(ْرِق ُس ْوْوُب َشَنا - َجُنالِك ْي
ة (C(اُل ُس ْو َمْطَرَمَطاُط - َش َمال
ْوُكو (D(اُلَمَج ْو َزُة الِّط ْيِب -
23. Perhatikan hadis Ibnu Majah berikut!
ِإلَّا َمِن اَّتَقى الَّلَه َو َبَّر َوَصَدَقا ًر اْلِقَياَمِة ُفَّجاَر ُي ْبَعُثوَن َي ْو َمِإَّن الُّتَّجا
Sikap yang sesuai dengan hadis tersebut pada sistem perdagangan online adalah ... sesuai dengan interaksi sosial dalam bentuk ….
(A) amanah, akomodasi
(B) murah hati, kooptasi
(C) jujur, joint venture
(D) tidak melupakan akhirat, koalisi
24. Kehidupan di era digital tidak terlepas dari gadget dan media sosial yang digandrungi generasi muda. Perilaku deviasi remaja sangat mungkin terjadi jika pemanfaatan gadget dan media sosial tidak sesuai. Upaya preventif yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah ….
(A) melakukan pemblokiran pada akun media sosial yang negatif
(B) mensosialisasikan untuk bijak dalam menerima segala informasi
(C) menangkap pegiat media sosial yang terindikasi menyimpang
(D) menggunakan tepat guna untuk hal kebaikan dan positif
25. Perhatikan gambar berikut!
Upaya petani bawang pada gambar di atas memperhatikan ....
(A) tindakan ekonomi
(B) prinsip ekonomi
(C) motif ekonomi
(D) alternatif ekonomi
26. Perhatikan ayat berikut!
ِلَى ِديِنَلُك ْم ِديُنُك ْم َو
Makna ayat di atas sejalan dengan kebijakan Raja Sriwijaya yaitu ….
(A) menjadikan Sriwijaya pusat budaya dan penyebaran agama Budha
(B) membangun angkatan laut terkuat di kawasan regional
(C) mengutamakan layanan di jalur perdagangan India dan China
(D) menjalin toleransi dan upaya perdamaian dengan bangsa sekitar
27. Perhatikan ayat berikut!
ِباْلُمْهَتِد ْيَنُمَاْعَلِلٖه َوُهَوْيِبَمْن َضَّل َعْن َسِبُمَاْعَلَّبَك ُهَوِتْي ِهَي َاْحَس ُۗن ِاَّن َرِباَّلاْلَم ْوِعَظِة اْلَحَسَنِة َوَجاِدْلُه ْمِّبَك ِباْلِحْكَمِة َوْيِل َرُاْدُع ِاٰلى َسِب
Jika dikaitkan dengan ayat di atas, masuknya unsur budaya masyarakat nusantara terjadi melalui ….
(A) amalgamation
(B) cultural diffusion
(C) penetration of pacifique
(D) penetration of violence
28. Perhatikan hadis Abu Daud berikut!
الِّظِّلَوِرَعِة الَّطِريِق، َوَقاِرِد، ااَز ِفي اْلَمَوَبَراَّتُقوا اْلَمَلاِعَن الَّثَلاَثَة اْل
Destinasi wisata ASEAN yang relevan dengan kandungan hadis di atas adalah ….
(A) Merlion Park, Singapura
(B) Angkor Wat, Kamboja
(C) Pinatubo, Filipina
(D) Cat Ba, Vietnam
29. Pak Didik sehari-hari bekerja sebagai buruh petani. Beliau menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah salah satu Pondok Pesantren. Pak Didik membanting tulang untuk membiaya pendidikan anaknya di pondok tersebut. Beliau sangat bangga dengan anaknya karena telah menyelesaikan pendidikan di pondok bahkan melanjutkan studi agama ke luar negeri sehingga masyarakat menganggap anaknya juga dikenal memiliki pengetahuan agama yang cukup baik. Kesuksesan di pondok mampu mengantar anak pak Didik melanjutkan studi keluar negeri.
Anak Pak Didik telah melakukan mobilitas sosial ….
(A) horizontal
(B) vertikal naik
(C) antargenerasi naik
(D) intergenerasi naik
30. Ketika Nabi Muhammad SAW dan umat Islam tiba di Madinah, di wilayah itu sudah tinggal beberapa golongan. Namun untuk golongan Aus dan Khazraj ini sangat rentan sekali terjadi konflik. Maka, Nabi Muhammad SAW membuat perdamaian diantara pihak berkonflik dengan Piagam Madinah yang ditetapkan sejumlah hak dan kewajiban bagi seluruh warganya.
Berdasarkan perspektif sosiologis, bentuk penyelesaian konflik yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah ....
(A) mediasi
(B) konsiliasi
(C) kompromi
(D) arbitrase
31. Perhatikan ayat berikut!
اْلُجُنِبِراْلَجاْر َبى َوِر ِذي اْلُقاْلَجااْلَمَساِكيِن َواْلَيَتاَمى َوْر َبى َوِبِذي اْلُقَواِلَد ْيِن ِإْحَساًناَوِباْلَوًئاَلا ُتْشِرُكوا ِبِه َشْياْعُبُدوا الَّلَه َوَو
Pembagian pendapatan tergantung pada potensi dan kemampuan daerah dalam mengelola sumber daya yang ada. Di antara sumber berikut ini yang sangat signifikan untuk menaikkan pendapatan asli daerah (PAD) sesuai dengan konteks ayat di atas adalah ….
(A) luas tanah atau bangunannya
(B) pajak penduduk
(C) retribusi pasar modern
(D) jumlah investasi
32. Perhatikan pernyataan Ibnu Al-Mubarak berikut!
اِتَراْلُمَناِفِق َيْطُلُب اْلَعَثَاْلُمْؤِمُن َيْطُلُب اْلَمَعاِذ ْيَر َو
Kebijakan kolonial Belanda di nusantara yang paling sesuai konteks pernyataan di atas adalah ....
(A) menerapkan aturan sistem kerja rodi bagi rakyat
(B) menggunakan tenaga pribumi menjadi tentara kolonial
(C) mewajibkan menanam tanaman ekspor
(D) menetapkan besaran pajak hasil bumi
33. Umat muslim Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan semangat kebangsaan pada masa pergerakan nasional. Komitmen tersebut dipelopori oleh kalangan ulama dan santri melalui peran pesantren dalam bentuk ….
(A) mengembangkan masyarakat Islam yang solid
(B) mewadahi pendidikan bela negara
(C) menyiarkan ajaran kebaikan pada sesama
(D) mempertajam kesadaran sosial sekitar
34. Daerah Andalusia merupakan pusat perdagangan dan peradaban Islam pada masa pemerintahan Bani Umayyah. Barang perniagaan, pelabuhan dan kota industri terpusat di Andalusia. Umat Islam Andalusia diperbolehkan melakukan transaksi jual beli dengan bangsa lain, termasuk dengan bangsa Eropa. Penggalan ayat yang paling tepat terkait kebolehan tersebut adalah ….
الِّر ٰبو ... (A(َب ْيَع َوَحَّر َمَاَحَّل الّٰلُه اْلَو …
(B) … ْماٍض ِّمنُكَرًة َعن َتَرَّلٓا َأن َتُكوَن ِتَٰجِإ …
ُمْسَتِقيِم ... (C(ْم َوِزُنو۟ا ِبٱْلِقْسَطاِس ٱْلْيَل ِإَذا ِكْلُتْوُفو۟ا ٱْل َكَأَو …
ْوُه ْم ُيْخِسُر ْوَۗن ... (D(ْو َّوَزُنَاْوُه ْمِاَذا َكاُلَو …
35. Perhatikan penggalan ayat berikut!
ْيٌرْيٌم َخِبۗ ِاَّن الّٰلَه َعِلَرَمُك ْم ِعْنَد الّٰلِه َاْتٰقىُك ْماۚ ِاَّن َاْكَرُف ْوِٕىَل ِلَتَعاا َّوَقَبۤاِّمْن َذَك ٍر َّوُاْنٰثى َوَجَعْلٰنُك ْم ُشُع ْو ًبٰٓيَاُّيَها الَّناُس ِاَّنا َخَلْقٰنُك ْم
Pernyataan paling tepat yang menunjukkan dampak interaksi sosial dari eksodus penduduk berdasarkan ayat di atas adalah ….
(A) masalah ijin tinggal karena para pengungsi tidak memiliki identitas yang jelas
(B) problem bahasa dan budaya menyulitkan masyarakat setempat berkomunikasi
(C) ada perbedaan kepentingan ekonomi antara pengungsi dan negara yang dituju
(D) persoalan kemanusiaan mengharuskan negara lain menerima kehadiran mereka
36. Perhatikan penggalan ayat berikut!
... نُفِسِه ْمُرو۟ا َما ِبَأُر َما ِبَق ْوٍم َحَّتٰى ُيَغِّيُيَغِّيِإَّن ٱلَّلَه َلا ...
Sikap sosial yang paling tepat berdasarkan nilai yang terkandung dalam ayat di atas adalah ….
(A) menjaga silahturahmi dengan tetangga
(B) membuat komunitas pecinta lingkungan
(C) memupuk kebersamaan dalam berjamaah
(D) mengutamakan kepentingan umum
37. Indonesia lebih unggul dalam memproduksi lobster mutiara dibandingkan Jepang, sedangkan Jepang lebih unggul dibandingkan Indonesia dalam memproduksi kendaraan bermotor.
Menurut David Ricardo, kedua negara tersebut dapat melakukan pertukaran barang karena mempunyai keunggulan ….
(A) mutlak
(B) absolut
(C) komparatif
(D) relatif
38. Sjafruddin Prawiranegara merupakan tokoh perjuangan di masa awal kemerdekaan bangsa Indonesia. Berkat ketokohannya, ia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah karena ….
(A) memimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Yogyakarta ketika ibukota Jakarta diduduki Belanda
(B) memindah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Surabaya ketika ibukota Jakarta diduduki Belanda
(C) memindah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bireuen ketika ibukota Yogyakarta diduduki Belanda
(D) memimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukittinggi ketika ibukota Yogyakarta diduduki Belanda
39. Presiden Republik Indonesia selaku Ketua ASEAN Melalui KTT di Labuhan Bajo (NTT) pada 9-11 Mei 2023 mengajak seluruh delegasi bersatu dalam menghadapi ancaman perubahan iklim di segala bidang. Anggota ASEAN bersama-sama melakukan tindakan sosial untuk mengurangi bahaya perubahan iklim, dimana proses tersebut dinamakan <@isian>.
40. Perhatikan penggalan ayat berikut!
َء َفَأْخَرْجَنا ِبِهۦ ِمن ُكِّل ٱلَّثَمَٰرِتنَزْلَنا ِبِه ٱْلَمٓاَلٍد َّمِّيٍت َفَأَبا ِثَقاًلا ُسْقَٰنُه ِلًبَأَقَّلْت َسَحاَب ْيَن َيَدْى َرْحَمِتِهۖ َحَّت ٰٓى ِإَذٓاُي ْرِسُل ٱلِّرَٰيَح ُبْشًۢرا ٱَّلِذى َوُهَو
Anomali iklim yang paling sesuai dengan ayat di atas adalah ….
(A) evaporasi tinggi di samudera pasifik bagian tengah equator
(B) terbentuknya kondensasi di perairan barat samudera pasifik
(C) pengaruh tekanan udara tinggi di samudera pasifik bagian timur
(D) angin dingin membentuk cumulonimbus dari pasifik bagian timur
Pengawas Ruang Ujian v1.0. Copyright © 2024 UIN Sunan Ampel Surabaya Version 1.0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar