![]()
|
NO |
PERSYARATAN |
|
1. |
Hasil Analisis Studi
Kelayakan pendirian SMK
( disertai lampiran hasil verifikasi yang
ditandatangi oleh KCD ) |
|
2. |
Surat Rekomendasi/Usulan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan *) |
|
3. |
Data lulusan
SMP/MTs yang tidak
diterima di SMA/MA/SMK dalam 1 kecamatan/kabupaten/kota (3 tahun terakhir) |
|
4. |
Data potensi kewilayahan (potensi wirausaha/ industri/lapangan
kerja/perguruan tinggi) bagi lulusan |
|
5. |
Profil Sekolah |
|
6. |
Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)/ Rencana Strategi (Renstra)/Rencana Kerja
Jangka Menengah (RKJM)/School Bussines Plan (SBP) *) (dibuat untuk 4
– 5 Tahun) |
|
7. |
Rencana Kerja Tahunan
(RKT)/Program Kerja Sekolah
(PKS) tahun berjalan (tahun pelajaran pada saat
pengajuan izin) |
|
8. |
Memiliki dokumen II (Silabus) pada kompetensi keahlian yang akan dibuka
(diverifikasi pada saat komitmen) (Scan Asli) |
|
9. |
Memiliki dokumen
I (KTSP) pada kompetensi keahlian yang akan dibuka
(diverifikasi pada saat komitmen) (Scan Asli) |
|
10. |
Memiliki Guru Kejuruan minimal 2 orang
tiap Kompetensi Keahlian (SK Pengangkatan, ijazah
dan akta/sertifikat pendidik) |
|
11. |
Scan Asli Surat Keputusan Pengangkatan Guru yang dilengkapi dengan
Ijasah dan akta mengajar/sertifikat pendidik (SK
Pengangkatan, ijazah dan akta/sertifikat pendidik) |
|
12. |
Memiliki Kepala Sub Bagian Tata Usaha (1 orang berijasah minimal
D-II) (SK Pengangkatan dan ijazah) |
|
13. |
Scan Asli Surat Pengangkatan Kepala Sekolah/Guru (kualifikasi S1/DIV) yang diberi
Tugas sebagai Kepala Sekolah
(SK pengangkatan, Ijazah dan curriculum vitae) |
|
14. |
Memiliki Caraka/Pesuruh/Satpam minimal
1 orang dengan
kualifikasi pendidikan minimal
SMP. (SK Pengangkatan dan
ijazah) |
|
15. |
Memiliki meubelair untuk
Kepala Sekolah, guru,
tata usaha dan
siswa dengan perbandingan 1 : 1. (dokumentasi) |
|
16. |
Memiliki Tanah/lahan Sekolah minimal 3.000
m2 (lahan yang diajukan harus
pada lokasi/hamparan yang
sama) (Hasil Scan Sertifikat atas nama penyelenggara/Yayasan) |
|
17. |
Memiliki Ruang kelas/teori dengan luas minimal 63m2 (minimal 80%
dari jumlah rombel
yang dibuka) (dokumentasi) |
|
18. |
Memiliki ruang
praktik siswa sesuai
dengan paket keahlian dengan luas min
108 m2 (minimal 1 RPS tiap KK)
(dokumentasi) |
|
19. |
Memiliki sarana penuinjang dengan ukuran standar : a. Ruang kepala
sekolah (dokumentasi) b. Ruang guru (dokumentasi) c. Ruang tata usaha (dokumentasi) d. Toilet (dokumentasi) e. ruang perpustakaan
(dokumentasi) f. gudang (dokumentasi) g. asrama/pondokan
bagi SMK berasrama/Ponpes (dokumentasi) h. ruang ibadah
(mesjid/musola, dll) (dokumentasi) i. instalasi air
bersih (sumur bor/PAM) (dokumentasi) j. instalasi listrik
(. kWh) (dokumentasi) k. Jaringan Telepon
dan internet (handphone) (dokumentasi) l. lapangan olah raga
(luas. m2) (dokumentasi) m. lapangan upacara
(luas. m2) (dokumentasi) |
|
20. |
Memiliki fasilitas/alat praktik sesuai dengan paket keahlian (sesuai
dengan persyaratan) (dokumentasi) |
|
21. |
Scan asli Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) |
|
22. |
Memiliki dana operasional untuk
pengembangan sekolah sesuai
dengan kebutuhan 8 SNP minimal
1 tahun berjalan (saldo minimal 60% dari total anggaran RKAS) |
|
23. |
Memiliki rekening Bank untuk keperluan operasional sekolah atas nama yayasan |
|
24. |
Memiliki Rencana
Kerja Anggaran Sekolah
(RKAS) untuk tahun
pelajaran berjalan (memenuhi kebutuhan dan SNP) |
|
25. |
Nomor Induk
Berusaha (NIB) dari lembaga OSS (Online Single
Submission) (diperoleh dari lembaga
OSS) |
|
26. |
Proposal Permohonan ijin Pendirian |
|
27. |
Surat Permohonan Ijin dari Ketua Yayasan |
|
28. |
Nama Kompetensi Keahlian yang dibuka (minimal 1 program keahlian
dengan 2 kompetensi keahlian) |
|
29. |
Surat Pernyataan akan mentaati peraturan/perundang-undangan yang berlaku (ttd Direktur di atas
meterai Rp. 10.000,-) |
|
30. |
Surat Pernyataan yang
menyatakan bahwa data-data sesuai dengan kondisi aslinya (ttd Direktur di atas meterai
Rp. 10.000 (6.000 + 3.000 atau 6.000 + 6.000),-) |
|
31. |
Scan Asli Surat
Rekomendasi Khusus dari Kementrian Agama
dan MUI minimal
tingkat kecamatan (khusus
bagi SMK yang berbasis pesantren) (Khusus bagi SMK berbasis Pesantren) |
|
32. |
Scan Asli Surat Keterangan tentang penggunaan kurikulum yang akan dipakai |
|
33. |
Surat Pernyataan tidak akan/sedang menempati atau menggunakan fasilitas pemerintah, rumah kantor (rukan), rumah toko (ruko), dan
tidak berada pada lingkungan pusat keramaian atau lahan bermasalah (ttd
Direktur di atas meterai Rp. 10.000,-) |
|
34. |
Surat dukungan/ tidak
keberatan dari warga
sekitar sekolah (minimal 20 orang warga:
ada tanda tangan dan FC KTP (diketahui oleh Ketua
RT, RW dan Lurah/Kepala Desa) |
|
35. |
Scan Asli Surat
dukungan dari organisasi profesi di wilayahnya (minimal 3 organisasi): BMPS, PGRI, MKKS
SMK, Kadin. |
|
36. |
Surat tidak keberatan dari SMK terdekat yang berada dalam
satu Desa/Kelurahan atau Kecamatan
(minimal 3 SMK) |
|
37. |
Surat dukungan dari pejabat tingkat kecamatan (muspika) setempat
(Camat, Kapolsek, Danramil.) |
|
38. |
Data Mengenai Status kepemilikan Tanah dan/ atau Bangunan Satuan
Pendidikan harus dibuktikan dengan dokumen kepemilikan yang sah sesuai
dengan ketentuan peraturan perundang-undangan atas
nama pemerintah, pemerintah daerah, atau badan penyelenggara |
|
39. |
Memiliki bukti kepemilikan/status tanah (Scan Asli wakaf dan hibah) |
|
40. |
Surat keputusan ketua yayasan penyelenggara tentang pendirian sekolah |
|
41. |
Scan Asli Akta Notaris tentang pendirian Yayasan/Lembaga
Penyelenggara Sekolah |
|
42. |
Scan Asli Pengesahan SK Yayasan dari Kemenkum dan HAM |
|
43. |
Scan Asli Susunan Pengurus Yayasan/Lembaga Penyelenggara Sekolah |
|
44. |
Adanya dukungan masyarakat dan Dunia
usaha/ Dunia Industri yang dibutuhkan dengan
dokumen tertulis dari masyarakat dan Dunia usaha/ Industri |
|
45. |
Memiliki dukungan dari Dunia Usaha/Industri yang relevan dengan
Program Keahlian yang dibuka,
minimal 2 industri/Kompetensi Keahlian |
|
46. |
Foto Pemohon |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar