DRgrtea

Medsos DRcjgrTeA

Media Sosial Duridwangurunatafkar

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

drcnavbar

Selasa, 18 November 2025

Rencana Soal PAS S1 _ IPS Kelas 7 || Bahasan Materi Harian

1.       Kondisi cuaca yang paling berpotensi menyebabkan gangguan besar dalam penerbangan adalah ....

a.       Cerah

b.      Hujan ringan

c.       Kabut tebal

d.      Angin lembut

====================================================================

====== nomor 2 dari laman 56 (terlalu panjang) tidak dijadikan soal PAS S1 ========

==2==

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Menentukan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam berdasarkan prediksi iklim jangka panjang

(2)    Memantau dan menyesuaikan operasi transportasi berdasarkan kondisi cuaca harian

(3)    Menerapkan teknologi yang meningkatkan ketahan terhadap kondisi cuaca ekstrem

(4)    Mengukur dampak perubahan pola cuaca terhadap penyebaran penyakit

(5)    Membuat strategi mitigasi untuk mengurangi kerusakan akibat bencana alam yang intensitasnya meningkat

Berdasarkan pernyataan di atas, langkah yang benar dalam mengelola dampak perubahan iklim adalah ....

e.         (1), (2) dan (3)

f.          (1), (3) dan (4)

g.         (2), (4) dan (5)

h.         (1), (4) dan (5)

======================================================================

2.       Tujuan utama dari kegiatan produksi  dalam konteks ekonomi adalah ....

a.       Guna memperoleh keuntungan melalui penjualan barang atau jasa

b.      Guna meningkatkan jumlah tenaga kerja yang tidak terampil

c.       Guna meminimalkan penggunaan sumber daya alam

d.      Guna mengurangi efisiensi  penggunaan bahan baku

3.       Faktor yang tidak secara langsung dipertimbangkan dalam perencanaan produksi adalah ....

a.       Kualitas produknya

b.      Biaya pengembangan produk

c.       Kepuasan pelanggan

d.      Waktu pengembangan produk

4.       Berikut yang termasuk contoh dari produksi ekstraktif adalah ....

a.       Pembuatan pakaian

b.      Penambangan bahan tambang

c.       Manufaktur sepeda motor

d.      Perdagangan eceran

===== nomor 6 dari laman 56 (terlalu panjang) tidak dijadikan soal PAS S1 ========

==6==

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Melakukan riset pasar untuk menentukan permintaan produk

(2)    Merancang produk berdasarkan hasil riset pasar dan inovasi teknologi

(3)    Mangumpulkan bahan baku yang diperlukan untuk produksi

(4)    Melaksanakan proses produksi barang atau jasa

(5)    Menganalisis biaya produksi dan menetapkan harga jual

Berdasarkan pernyataan di atas, langkah yang benar dalam proses produksi adalah ....

a.       (1), (2) dan (3)

b.      (1), (3) dan (4)

c.       (2), (3) dan (5)

d.      (3), (4) dan (5)

====================================================================

5.       Bagaimana bentuk kontak sosial dapat memengaruhi hasil dari interaksi sosial ....

a.       Kontak positif selalu menghasilkan kerjasama

b.      Kontak negatif selalu mengarah kepada konflik

c.       Kontak langsung lebih efektif daripada kontak tidak langsung

d.      Semua jensi kontak sosial memiliki potensi untuk mengarah pada kerjasama atau konflik

6.       Peran komunikasi dalam interaksi sosial adalah ....

a.       Komunikasi tidak penting selama kontak sosial terjaga

b.      Komunikasi merupakan fondasi yang memungkinkan interaksi sosial berlangsung

c.       Komunikasi hanya efektif jika dilakukan secara tidak langsung

d.      Komunikasi hanya terjadi ketika ada kontak fisik

7.       Tahapan yang terlibat dalam proses komunikasi selama interaksi sosial adalah ....

a.       Encoding, penyampaian, dan decoding

b.      Penyampaian, feedback, dan evaluasi

c.       Perencanaan, eksekusi dan terminasi

d.      Pengenalan, pengembangan, dan penutupan

8.       Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Menyusun aturan-aturan dan nilai-nilai dalam masyarakat

(2)    Membangun kontak sosial antar-individu atau kelompok

(3)    Menggunakan komunikasi efektif untuk menyampaikan pesan

(4)    Mengobservasi dan menilai efek interaksi dalam konteks sosial

Berdasarkan pernyataan di atas, langkah-langkah yang benar dalam melaksanakan interaksi yang efektif adalah ....

a.       (1), (2) dan (3)

b.      (2), (3) dan (4)

c.       (1), (3) dan (4)

d.      (1), (2) dan (4)

9.       Berikut yang dimaksud dengan sumber primer dalam ilmu sejarah adalah ....

a.       Sumber yang dibuat oleh orang sezaman dengan peristiwa yang diteliti

b.      Sumber yang menginterpretasikan sumber primer

c.       Sumber yang merupakan ringkasan dari beberapa sumber primer dan sekunder

d.      Sumber yang tercipta setelah peristiwa sejarah berlangsung

10.   Berikut ini yang merupakan contoh dari sumber benda dalam ilmu sejarah adalah ....

a.       Prasasti talang tuo

b.      Laporan aktifitas perdagangan pelabuhan

c.       Rekaman video pidato historis

d.      Artikel dalam sebuah majalah sejarah

11.   Berikut yang merupakan perbedaan utama antara cuaca dan iklim adalah ....

a.       Cuaca menggambarkan kondisi atmosfer jangka pendek, sedangkan iklim adalah pola jangka panjang

b.      Cuaca tidak dipengaruhi oleh faktor geofisik, sementara iklim dipengaruhi

c.       Cuaca hanya terjadi di daratan, sedangkan iklim mencakup kondisi di lautan

d.      Cuaca dapat diukur, namun iklim hanya merupakan konsep teoritis

12.   Faktor iklim yang secara langsung memengaruhi pertumbuhan tanaman adalah ....

a.       Kelembapan udara

b.      Suhu udara

c.       Ketinggian wilayah terhadap permukaan laut

d.      Penyinaran matahari

13.   Dalam kontek penggunaan peta digital untuk pengiriman barang, faktor yang paling meningkatkan efisiensi dalam proses pengiriman adalah .....

a.       Pilihan rute tercepat berdasarkan kondisi lalu lintas

b.      Ketersediaan informasi restoran di sepanjang rute

c.       Jumlah iklan yang ditampilkan pada peta

d.      Grafis peta yang lebih menarik secara visual

14.   Pertimbangan restoran yang lokasinya dekat dengan stasiun metro besar dibandingan dengan restoran yang terletak di pinggiran kota. Apakah efek lokasi relatif stasiun metro terhadap restoran tersebut ....

a.       Meningkatkan potensi penjualan karena akses yang mudah

b.      Tidak ada pengaruh karena kualitas makanan menentukan

c.       Menurunkan nilai karena populasi suara

d.      Meningkatkan biaya sewa tetapi mengurangi penjualan

15.   Berikut dampak dari perubahan administratif, seperti pemekaran wilayah, terhadap pemahaman lokasi relatif suatu daerah ....

a.       Tidak berpengaruh karena lokasi absolut tidak berubah

b.      Mengubah lokasi relatif dalam konteks administrasi dan layanan publik

c.       Mengurangi kepentingan geografis daerah tersebut

d.      Memperkuat identitas lokal secara geografis

16.   Tujuan utama dari saling melengkapi antarwilayah dalam konteks ekonomi regional adalah ....

a.       Guna meningkatkan kompetisi antarwilayah

b.      Guna menciptakan ketergantungan mutlak antar wilayah

c.       Guna memperkuat ekonomi wilayah melalui spesialisasi dan pertukaran

d.      Guna memperkenalkan produk dan jasa baru ke pasar

17.   Bagaimana pertukaran barang antarwilayah dapat memengaruhi stabilitas harga di kedua wilayah ....

a.       Meningkatkan fluktuasi harga karena persaingan

b.      Menstabilkan harga dengan menciptakan akses ke pasar yang lebih luas

c.       Meningkatkan harga karena biaya transportasi

d.      Tidak berpengaruh pada harga barang

18.   Bagaimana kesempatan antara memengaruhi  interaksi antarwilayah ....

a.       Mengurangi interaksi dengan mengalihkan aktifitas ke alternatif yang lebih menguntungkan

b.      Meningkatkan interaksi dengan menciptakan lebih banyak peluang perdagangan

c.       Mempertahankan tingkat interaksi yang sama dnegan meningkatkan efisiensi

d.      Membatasi pertumbuhan ekonomi wilayah dengan mengurangi sumber daya

19.   Berikut ini adalah jenis-jenis bencana alam, kecuali ....

a.       Gempa bumi

b.      Tsunami

c.       Tabrakan

d.      Tanah longsor

20.   Berikut ini adalah tindakan-tindakan ekonomi, kecuali ....

a.       Konsumsi

b.      Produksi

c.       Akulturasi

d.      Distribusi


 

1.       Kehidupan manusia purba dapat dikatakan sebagai kehidupan manusia praaksara dikarenakan ....

a.       Manusia belum mengerti tentang bercocok tanam yang baik

b.      Manusia belum tahu akan sistem perekonomian

c.       Manusia belum mengenal akan peradaban modern

d.      Manusia di masa itu belum mengenal tulisan

====================================================================

====== nomor 2 dari laman 93 (terlalu panjang) tidak dijadikan soal PAS S1 ========

==2==

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Alat yang digunakan adalah batu yang sudah diasah

(2)    Sudah mengenal perdaganan dengan sistem barter

(3)    Kebutuhan pangan dilakukan dengan cara meramu

(4)    Berlum mengenal sistem ternak

Ciri-ciri kehidupan ekonomi pada masa bercocok tanam ditunjukan oleh nomor ....

a.       (1) dan (2)

b.      (1) dan (3)

c.       (2) dan (3)

d.      (3) dan (4)

====================================================================

2.       Peran pemimpin dalam masyarakat purba masa bercocok tanam adalah ....

a.       Menyiapkan ladang untuk ditanami

b.      Membagi kelompok berburu sesuai dengan keahlian

c.       Memilih perajin logam dan besi

d.      Memelihara rasa gotong royong

====================================================================

====== nomor 4 dari laman 93 (terlalu panjang) tidak dijadikan soal PAS S1 ========

==4==

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Pengolahan sumber daya dengan teknologi tepat guna

(2)    Kegiatan produksi mempertimbangkan masa depan

(3)    Sumber daya alam diolah dengan kualitas tinggi

(4)    Kegiatan mempertimbangkan masa depan

(5)    Limbah dialirkan ke sungai

Pemanfaatan sumber daya alam secara arif terdapat pada nomor ....

a.       (1), (2) dan (4)

b.      (1), (2) dan (5)

c.       (1), (3) dan (4)

d.      (2), (3) dan (5)

======================================================================

3.       Pembangunan berwawasan lingkungan sangat penting diperlihatkan dalam pembangunan berkelanjutan karena ....

a.       Lingkungan lestari akan menjamin pembangunan berkelanjutan

b.      Objek pembangunan berkelanjutan berasal dari sekitar lingkungan

c.       Pembangunan dapat berlanjut dengan lingkungan tergradasi

d.      Lingkungan dapat mengubah pembangunan berkelanjutan

4.       Salah satu pemanfaatan lingkungan hidup sesuai konsep pembangunan berkelanjutan dapat dilakukan dengan tindakan ....

a.       Meningkatkan kemampuan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan

b.      Menerapkan prinsip ekonomi dalam proses produksi sektor industri

c.       Menggunakan teknologi modern untuk mengolah sumber daya alam

d.      Menjaga kelestarian fungsi ekosistem dalam suatu lingkungan

====================================================================

====== nomor 7 dari laman 93 (terlalu panjang) tidak dijadikan soal PAS S1 ========

==7==

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Erwin menggunakan baterai pada mobil mainannya

(2)    Berli berangkat ke sekolah naik sepeda karena masih terjangkau

(3)    Anita mematikan keran air setelah tidak digunakan

(4)    Dhara melakukan percobaan ilmiah tentang tanah

(5)    Keluarga Pak  Carly membuat instalasi sampah organik dari dapurnya

Aktifitas yang mendukung misi pembangunan berkelanjutan ditunjukkan oleh nomor....

a.       (1), (2) dan (3)

b.      (1), (2) dan (4)

c.       (1), (4) dan (5)

d.      (2), (3) dan (5)

======================================================================

5.       Pembangunan berkelanjutan berprinsip bahwa pemanfaatan sumber daya alam harus memperhatikan kepentingan generasi mendatang. Contoh dari tindakan yang sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan adalah ....

a.       Memperluas hutan tanaman industri untuk meningkatkan ekspor kertas

b.      Memanfaatkan kekayaan sumber daya flora dan fauna di hutan secara eksploitatif

c.       Menetapkan sebagian hutan sebagai taman nasional dan daerah cagar alam

d.      Memperbanyak penangkaran buaya untuk diambil kulitnya sebagai bahan baku tas dan sepatu

6.       Alasan kehidupan manusia nomaden sangat tergantung kepada alam adalah ....

a.       Manusia harus menetap di suatu daerah dan menanti sumber makanannya

b.      Manusia praaksara harus mengikuti sumber makanannya berada

c.       Manusia praaksara akan berusaha untuk mengolah sumber makanannya

d.      Kehidupan manusia praaksara tidak bisa berkembang

7.       Pada masa perundagian, masyarakat sudah mahir membuat alat yang terbuat dari ....

a.       Emas

b.      Perak

c.       Tulang

d.      Logam

8.       Berikut dampak langsung dari menjaga ekosistem ganggang dan rumput laut terhadap lingkungan adalah ....

a.       Meningkatkan polusi udara

b.      Menurunkan kadar oksigen di atmosfer

c.       Mengurangi jumlah karbon dioksida di atmosfer

d.      Meningkatkan produksi limbah industri

9.       Penanaman dan pemeliharaan pohon berkontribusi pada pelestarian sumber daya udara dengan cara ...

a.       Meningkatkan emisi karbon dioksida

b.      Mengurangi emisi gas rumah kaca

c.       Mengurangi penggunaan energi terbarukan

d.      Meningkatkan polusi suara

10.   Berikut alasan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dianggap penting dalam konservasi udara adalah ....

a.       Meningkatkan kecepatan transportasi

b.      Mengurangi konsumsi bahan bakar fosil

c.       Meningkatkan produksi gas berbahaya

d.      Menurunkan efisiensi transportasi

11.   Apa konsekwensi dari pembakaran sampah plastik terhadap lingkungan ....

a.       Menambah nutrisi tanah

b.      Memperbaiki kualitas udara

c.       Menghasilkan polutan berbahaya

d.      Meningkatkan kesehatan masyarakat

12.   Manfaat langsung dari menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari adalah ....

a.       Meningkatkan konsumsi air perkapita

b.      Mengurangi beban pada sistem penyediaan air

c.       Menyebabkan peningkatan kebutuhan air

d.      Mengurangi efisiensi penggunaan air

13.   Manusia praaksara melakukan perburuan dilakukan berkelompok bertujuan untuk ....

a.       Memudahkan untuk menggiring hewan buruan ke tempat hunian

b.      Memudahkan pembagian daging buruan

c.       Menyatukan kerja sama di kelompok masyarakat

d.      Memudahkan manusia dalam menghadapi binatang buas

14.   Kehidupan manusia praaksarana mulai memasuki masa perundagian yang ditandai oleh ....

a.       Kehidupan manusia sudah mengenal bercocok tanam

b.      Penggunaan alat yang berbahan dasar logam

c.       Penggunaan alat-alat hidup dari batu besar

d.      Munculnya manusia praaksara berjenis homo

15.   Setelah selesai kegiatan pembelajaran di sekolah, Vina dan Neysa melanjutkan kegiatan belajar bersama di kobong Vina di Asrama Putri, untuk membahas materi yang sebelumnya telah disampaikan oleh guru. Sehingga, wawasan dan pengetahuan yang didapat bertambah. Hal ini contoh bentuk interaksi sosial yang terjadi antara ....

a.       Interaksi sosial antara individu dengan individu

b.      Interaksi sosial antara individu dengan kelompok

c.       Interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok

d.      Interaksi sosial dalam kelompok tertentu

16.   Sebagai seorang guru, Pak Ridwan selalu menanamkan nilai-nilai karakter yang baik terhadap siswa-siswinya. Seperti ketika menyampaikan jawaban dari pertanyaan siswa-siswinya. Kegiatan tersebut termasuk dalam proses interaksi sosial yang terjadi diantara ....

a.       Individu dengan individu

b.      Individu dengan kelompok

c.       Kelompok dengan kelompok

d.      Kelompok mandiri

====================================================================

====== nomor 20 dari laman 93 (terlalu panjang) tidak dijadikan soal PAS S1 ========

==20==

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Membajak atau mencangkul agar tetap gembur

(2)    Gunakan air secukupnya, jangan membuang-buang atau menghambur-hambur air bersih

(3)    Memastikan kran tertutup rapat setelah digunakan

(4)    Pada lahan yang miring dibuat terasering atau sengkedan untuk mencegah erosi

Pernyataan di atas merupakan cara melestarikan sumber daya alam tanah dengan menjaga kesuburannya ditunjukan oleh nomor ....

a.       (1) dan (2)

b.      (2) dan (3)

c.       (1) dan (4)

d.      (3) dan (4)

======================================================================

17.   Tujuan utama dari membuat terasering di lahan miring adalah ....

a.       Guna meningkatkan resiko erosi

b.      Guna mengurangi kemampuan tanah menyerap air

c.       Guna mencegah erosi dan memperbaiki retensi air

d.      Guna memperburuk kualitas lahan pertanian

18.   Berikut akibat pembajakan atau pencakulan tanah yang memengaruhi kualitas tanah adalah ....

a.       Menyebabkan kompaksi tanah

b.      Meningkatkan aerasi dan memfasilitasi pertumbuhan akar

c.       Menurunkan kandungan mineral tanah

d.      Meningkatkan resiko banjir dan longsor

19.   Berikut adalah yang bukan merupakan karakteristik pembangunan berkelanjutan ....

a.       Pembangunan yang terintegrasi dengan konsep wilayah dan perwilayahan

b.      Program peningkatan pendapatan masyarakat

c.       Jaminan berkelanjutan lingkungan

d.      Penggunaan sumber daya alam secara tidak efisien

20.   Berikut ini adalah hal-hal yang bukan merupakan macam-macam pencemaran alam ....

a.       Pencemaran udara

b.      Pencemaran air

c.       Pencemaran tanah

d.      Pencemaran rumah kaca

Essay

21.   Sebutkan 2 langkah yang dapat diambil untuk melestarikan sumber daya air!

22.   Sejarah pembagian alam secara geologis dibagi menjadi empat. Sebutkan satu persatu secara singkat!

23.   Disebutkan ada 4 dampak ekonomi atas kelangkaan sumber daya. Sebutkan satu persatu!

24.   Apa perbedaan imigrasi dan emigrasi?

25.   Apa perbedaan interaksi asosiatif dan disosiatif

Jawaban

21.   1) Gunakan air secukupnya, jangan membuang-buang atau menghambur-hambur air bersih

2) Memastikan kran tertutup rapat setelah digunakan

22.   1) Zaman Arkaikum; 2) Zaman Palaeozoikum; 3) Zaman Mesozoikum; 4) Zaman Neozoikum (Kenozoikum)

23.   1) kenaikan harga; 2) Pengangguran meningkat; 3) Kriminalitas meningkat; 4) Angka kemiskinan bertambah

24.   Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari luar negeri ke dalam negeri

Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari dalam negeri ke luar negeri

25.   Asosiatif adalah interaksi yang mengarah kepada bentuk-bentuk asosiasi, gabungan atau persatuan.

Disosiatif adalah interaksi yang mengarah kepada bentuk-bentuk perpecahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

.NETdr 'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol bangpol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU C++ Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong cmd Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drMedsos drSamiraTeA drSoftaculous drSQL DRxampp DTD Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin eftepe ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru GooForm googele GooTeA GooWork Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HPpc HPrint HUDHUD ATTWITERI humor HVR iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jerosimut Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS KodeBlok Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo lokalhost Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Muhawarot Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUID NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Onlen Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian Panulung PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Resize RFC RidsyafTeA Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis sipd siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus TafkarMart Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul