Form 1
INSTRUMEN SUPERVISI RPP
(KURIKULUM 2013)
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : …………………………….......................................
Mata Pelajaran : …………………………….......................................
Nama Sekolah : MTs. Tauhidul Afkar / SMA Plus Tauhidul Afkar ....
Aspek yang Diamati | Belum Sesuai (1) | Sesuai sebagian (2) | Sesuai semua (3) | Catatan | |
---|---|---|---|---|---|
A. | Perumusan Indikator |
|
|
|
|
1 | Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD |
|
|
| |
2 | Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan |
|
|
| |
3 | Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku |
|
|
| |
4 | Mengadung satu prilaku yang dapat diobservasi |
|
|
| |
5 | Mencakup level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta). |
|
|
| |
6 | Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn) |
|
|
| |
B. | Perumusan Tujuan Pembelajaran |
|
|
|
|
7 | Tujuan realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran |
|
|
| |
8 | Relevan dengan kompetensi dasar dan indikator |
|
|
| |
9 | Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan |
|
|
| |
10 | Mengandung unsur menciptakan karya |
|
|
| |
C. | Materi Pelajaran |
|
|
|
|
11 | Relevan dengan tujuan |
|
|
| |
12 | Sesuai dengan potensi peserta didik |
|
|
| |
13 | Kontekstual |
|
|
| |
14 | Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa |
|
|
| |
15 | Bermanfaat untuk peserta didik |
|
|
| |
16 | Materi yang disajikan aktual |
|
|
| |
17 | Relevan dengan kebutuhan siswa |
|
|
| |
D. | Media Belajar |
|
|
| |
18 | Sesuai dengan tujuan pembelajaran. |
|
|
| |
19 | Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran |
|
|
| |
20 | Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik |
|
|
| |
21 | Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi |
|
|
| |
E. | Metode Pembelajaran |
|
|
|
|
22 | Sesuai dengan tujuan pembelajaran. |
|
|
| |
23 | Sesuai dengan pendekatan saintifik |
|
|
| |
24 | Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek. |
|
|
| |
25 | Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik |
|
|
| |
E. | Rencana Kegiatan Pembelajaran |
|
|
|
|
26 | Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. |
|
|
| |
27 | Menjelaskan tujuan pembelajaran |
|
|
| |
28 | Merencanakan kegiatan siswa mengamati |
|
|
| |
29 | Merencanakan kegiatan siswa menanya |
|
|
| |
30 | Merancang kegiatan siswa mencoba |
|
|
| |
31 | Merancang kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) |
|
|
| |
32 | Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya |
|
|
| |
33 | Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta |
|
|
| |
34 | Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan) |
|
|
| |
F. | Penilaian |
|
|
|
|
35 | Menilai ketercapain indikator hasil belajar |
|
|
| |
36 | Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan |
|
|
| |
37 | Merancang penilaian otentik |
|
|
| |
38 | Meliputi rancangan instrumen tes |
|
|
| |
39 | merancang penilai tugas |
|
|
| |
40 | Menetapkan pedoman penskoran |
|
|
| |
SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN |
| ||||
Nilai |
| ||||
|
|
|
|
|
|
Kriteria: | |||||
Amat baik | 86 | s.d | 100 |
| |
Baik | 70 | s.d | 85 |
| |
Kurang | Di bawah 70 |
| |||
|
|
|
|
| |
Kesimpulan : | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
Refleksi | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
…………………………………………………………………………………………………………….. | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
Rekomendasi : | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... |
........................, …………………
Penilai,
....................................................
NIP.
Form 2
INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KURIKULUM 2013)
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Aspek yang Diamati | Belum Sesuai (1) | Sesuai sebagian (2) | Sesuai semua (3) | Catatan | |
---|---|---|---|---|---|
A. Apersepsi dan Motivasi | |||||
1 | Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya. |
|
|
| |
2 | Mengajukan pertanyaan menantang. |
|
|
| |
3 | Menyampaikan manfaat materi pembelajaran. |
|
|
| |
4 | Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran. |
|
|
| |
B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan |
|
|
| ||
5 | Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik. |
|
|
| |
6 | Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi. |
|
|
| |
C. Kegiatan Inti |
|
|
|
| |
Penguasaan Materi Pelajaran |
|
|
|
| |
7 | Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran. |
|
|
| |
8 | Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata. |
|
|
| |
9 | Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. |
|
|
| |
10 | Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) |
|
|
| |
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik |
|
|
|
| |
11 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. |
|
|
| |
12 | Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. |
|
|
| |
13 | Melaksanakan pembelajaran secara runtut. |
|
|
| |
14 | Menguasai kelas. |
|
|
| |
15 | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual. |
|
|
| |
16 | Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect). |
|
|
| |
17 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. |
|
|
| |
Penerapan Pendekatan scientific |
|
|
|
| |
18 | Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana. |
|
|
|
|
19 | Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati. |
|
|
| |
20 | Memancing peserta didik untuk bertanya. |
|
|
| |
21 | Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba. |
|
|
| |
22 | Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis. |
|
|
| |
23 | Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis). |
|
|
| |
24 | Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi. |
|
|
| |
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran |
|
|
|
| |
25 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran. |
|
|
| |
26 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran. |
|
|
| |
27 | Menghasilkan pesan yang menarik. |
|
|
| |
28 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran. |
|
|
| |
29 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran. |
|
|
| |
D. Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran |
|
|
|
| |
30 | Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar. |
|
|
| |
31 | Merespon positif partisipasi peserta didik. |
|
|
| |
32 | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik. |
|
|
| |
33 | Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif. |
|
|
| |
34 | Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar. |
|
|
| |
E. Melaksanakan Penilaian Autentik |
|
|
|
| |
35 | Menilai sikap dalam pembelajaran |
|
|
| |
36 | Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran |
|
|
| |
37 | Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran |
|
|
| |
F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran |
|
|
|
| |
38 | Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar. |
|
|
| |
39 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar. |
|
|
| |
F. Penutup pembelajaran |
|
|
|
| |
40 | Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik. |
|
|
| |
41 | Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio. |
|
|
| |
42 | Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan. |
|
|
| |
Jumlah |
| ||||
Nilai |
| ||||
|
|
|
|
|
|
Kriteria: | |||||
Amat baik | 86 | s.d | 100 | ||
Baik | 70 | s.d | 85 | ||
Kurang | Di bawah 70 | ||||
Kesimpulan : | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
Refleksi | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
…………………………………………………………………………………………………………….. | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
Rekomendasi : | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... | |||||
...................................................................................................................................................................... |
Form 3a
INSTRUMEN MONITORING
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Keterangan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah | ||||||
6 | Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri | ||||||
7 | Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal | ||||||
8 | Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi | ||||||
9 | Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH. | ||||||
10 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS | ||||||
11 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS | ||||||
12 | Apakah guru mengoreksi hasil ulangan | ||||||
13 | Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur | ||||||
14 | Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur | ||||||
15 | Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas. | ||||||
16 | Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH. | ||||||
17 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial. | ||||||
18 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan. | ||||||
19 | Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru memiliki buku agenda mengajar | ||||||
21 | Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 (Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014) | ||||||
22 | Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) | ||||||
23 | Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar | ||||||
24 | Apakah guru memiliki karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru memiliki hasil PTK | ||||||
Jumlah |
Jumlah Skor : ..............................
Skor Maksimal : 25 x 5 = 125
Nilai Akhir : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................
......................., .............................
Petugas Monitoring Guru yang bersangkutan,
…………………………..
NIP. NIP.
Form 3b
INSTRUMEN MONITORING
ADMINISTRASI KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)
SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Keterangan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir | ||||||
6 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling | ||||||
7 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling | ||||||
8 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan | ||||||
9 | Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi | ||||||
10 | Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi) | ||||||
11 | Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus) | ||||||
12 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung) | ||||||
13 | Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang) | ||||||
14 | Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2) | ||||||
15 | Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling | ||||||
16 | Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu) | ||||||
17 | Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan | ||||||
18 | Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal | ||||||
19 | Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru memiliki buku agenda mengajar | ||||||
21 | Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 | ||||||
22 | Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) | ||||||
23 | Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar | ||||||
24 | Apakah guru memiliki karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru memiliki hasil PTK |
Jumlah Skor : ..............................
Skor Maksimal : 25 x 5 = 125
Nilai Akhir : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................
......................., .............................
Petugas Monitoring Guru yang bersangkutan,
…………………………...
NIP. NIP.