DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Senin, 03 Juli 2023

Perangkat MASTA 2324 _ adopsian tahun sebelumnya | Instrumen Supervisi RPP

Form 1


INSTRUMEN SUPERVISI RPP  

(KURIKULUM 2013)

SD/SMP/SMA/SMK



Nama Guru : …………………………….......................................

Mata Pelajaran : …………………………….......................................

Nama Sekolah : MTs. Tauhidul Afkar / SMA Plus Tauhidul Afkar ....


Aspek yang Diamati

Belum Sesuai

(1)

Sesuai sebagian

(2)

Sesuai semua

(3)

Catatan

A.

Perumusan Indikator

 

 

 

 

1

Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD

 

 


 

2

Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan

 

 


 

3

Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku

 

 


 

4

Mengadung satu prilaku yang dapat diobservasi

 

 


 

5

Mencakup  level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta).

 

 


 

6

Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn)

 

 


 

B.

Perumusan Tujuan Pembelajaran

 

 

 

 

7

Tujuan realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran


 

 

 

8

Relevan dengan kompetensi dasar dan indikator 


 

 

 

9

Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan


 

 

 

10

Mengandung unsur menciptakan karya


 

 

 

C.

Materi Pelajaran

 

 

 

 

11

Relevan dengan tujuan

 

 


 

12

Sesuai dengan potensi peserta didik

 

 


 

13

Kontekstual

 

 


 

14

Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa

 

 


 

15

Bermanfaat untuk peserta didik

 

 


 

16

Materi yang disajikan aktual

 

 


 

17

Relevan dengan kebutuhan siswa

 

 


 

D.

Media Belajar

 

 


 

18

Sesuai dengan tujuan pembelajaran.

 

 


 

19

Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran

 

 


 

20

Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik

 

 


 

21

Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi

 

 


 

E.

Metode Pembelajaran

 

 

 

 

22

Sesuai dengan tujuan pembelajaran.


 

 

 

23

Sesuai dengan pendekatan saintifik


 

 

 

24

Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek.


 

 

 

25

Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik


 

 

 

E.

Rencana Kegiatan Pembelajaran

 

 

 

 

26

Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

 

 


 

27

Menjelaskan tujuan pembelajaran

 

 


 

28

Merencanakan kegiatan siswa mengamati

 

 


 

29

Merencanakan kegiatan siswa menanya

 

 


 

30

Merancang kegiatan siswa mencoba

 

 


 

31

Merancang  kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)

 

 


 

32

Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya

 


 

 

33

Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta

 


 

 

34

Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan)

 


 

 

F. 

Penilaian

 

 

 

 

35

Menilai ketercapain indikator hasil belajar

 

 


 

36

Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan

 

 


 

37

Merancang penilaian otentik

 

 


 

38

Meliputi rancangan instrumen tes

 


 

 

39

merancang penilai tugas

 


 

 

40

Menetapkan pedoman penskoran

 


 

 

SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN




 

Nilai


 

 

 

 

 

 

 

Kriteria: 

Amat baik

86

s.d

100

 

Baik

70

s.d

85

 

Kurang

Di bawah 70

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan :





......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................

Refleksi 





......................................................................................................................................................................

……………………………………………………………………………………………………………..

......................................................................................................................................................................

Rekomendasi :





......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................


........................, …………………

Penilai,




....................................................

NIP. 









Form 2



INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(KURIKULUM 2013)

SD/SMP/SMA/SMK



Nama Guru : …………………………….......................................

Nama Sekolah : …………………………….......................................

Nama Sekolah : …………………………….......................................



Aspek yang Diamati

Belum Sesuai

(1)

Sesuai sebagian

(2)

Sesuai semua

(3)

Catatan

A. Apersepsi dan Motivasi





1

Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.


 

 

 

2

Mengajukan pertanyaan menantang.


 

 

 

3

Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.


 

 

 

4

Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.

 


 

 

B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan

 


 

 

5

Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.

 


 

 

6

Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

 


 

 

C. Kegiatan Inti

 

 

 

 

Penguasaan Materi Pelajaran

 

 

 

 

7

Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.

 

 


 

8

Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.

 

 


 

9

Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.

 

 


 

10

Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)

 

 


 

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik

 

 

 

 

11

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.

 

 


 

12

Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

 

 


 

13

Melaksanakan pembelajaran secara runtut.

 

 


 

14

Menguasai kelas.

 

 


 

15

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.

 

 


 

16

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).

 

 


 

17

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.

 

 


 

Penerapan Pendekatan scientific

 

 

 

 

18

Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.

 

 

 

 

19

Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.

 

 


 

20

Memancing peserta didik untuk  bertanya.

 

 


 

21

Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.

 

 


 

22

Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.

 

 


 

23

Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis).

 

 


 

24

Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.

 

 


 

Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran

 

 

 

 

25

Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.

 

 


 

26

Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.

 

 


 

27

Menghasilkan pesan yang menarik.

 

 


 

28

Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.

 

 


 

29

Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.

 

 


 

D.  Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran

 

 

 

 

30

Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.

 

 


 

31

Merespon positif partisipasi peserta didik.

 

 


 

32

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.

 

 


 

33

Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.

 

 


 

34

Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar.



 

 


 

E. Melaksanakan Penilaian Autentik

 

 

 

 

35

Menilai sikap dalam pembelajaran


 

 


 

36

Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran


 

 


 

37

Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran


 

 


 

F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran

 

 

 

 

38

Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.

 

 


 

39

Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.

 

 


 

F. Penutup pembelajaran  

 

 

 

 

40

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.

 

 


 

41

Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.

 

 


 

42

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.

 

 


 

Jumlah




 

Nilai


 

 

 

 

 

 

 

Kriteria: 

Amat baik

86

s.d

100


Baik

70

s.d

85


Kurang

Di bawah 70







Kesimpulan :





......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................

Refleksi 





......................................................................................................................................................................

……………………………………………………………………………………………………………..

......................................................................................................................................................................

Rekomendasi :





......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................................












Form 3a



INSTRUMEN MONITORING

ADMINISTRASI PEMBELAJARAN 

SD/SMP/SMA/SMK



Nama Guru : ………………………………………….

Mata Pelajaran : ………………………………………….

Nama Sekolah : ………………………………………….

No

Aspek Yang Diamati

Nilai

Keterangan 

1

2

3

4

5

1

Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.







2

Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu







3

Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.







4

Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.







5

Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah







6

Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri 







7

Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal







8

Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi







9

Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.







10

Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS







11

Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS







12

Apakah guru mengoreksi hasil ulangan







13

Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur







14

Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur







15

Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.







16

Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.







17

Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial.







18

Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan.







19

Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar







20

Apakah guru memiliki buku agenda mengajar







21

Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007

(Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)







22

Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)







23

Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar







24

Apakah guru memiliki karya ilmiah populer







25

Apakah guru memiliki hasil PTK








Jumlah







Jumlah Skor : ..............................

Skor Maksimal : 25 x 5 = 125

Nilai Akhir : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................

......................., .............................

Petugas Monitoring       Guru yang bersangkutan,





      …………………………..

NIP.     NIP.














Form 3b



INSTRUMEN MONITORING

ADMINISTRASI KHUSUS  GURU BIMBINGAN  KONSELING (BK) 

SMP/SMA/SMK


Nama Guru : ………………………………………….

Nama Sekolah : ………………………………………….

No

Aspek Yang Diamati

Nilai

Keterangan

1

2

3

4

5

1

Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.







2

Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu







3

Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.







4

Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.







5

Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir







6

Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling







7

Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling







8

Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan







9

Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi







10

Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)







11

Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)







12

Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)







13

Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)







14

Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)







15

Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling







16

Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)







17

Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan







18

Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal 







19

Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar







20

Apakah guru memiliki buku agenda mengajar







21

Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007







22

Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)







23

Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar







24

Apakah guru memiliki karya ilmiah populer







25

Apakah guru memiliki hasil PTK







Jumlah Skor : ..............................

Skor Maksimal : 25 x 5 = 125

Nilai Akhir : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................


......................., .............................

Petugas Monitoring       Guru yang bersangkutan,




…………………………...

NIP.       NIP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul