Strategi Pengiriman Barang Dengan Penerapan Ongkos Kirim
1. Bandingkan Dengan Pesaing
Jika kamu menggunakan kurir internal, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membandingkan ongkirmu dengan pesaing. Pembeli tentu akan memilih toko dengan biaya kirim lebih murah. Jadi, akan lebih baik jika biaya pengirimanmu tidak lebih mahal dari pesaing ya!
Selain itu, jika menggunakan jasa ekspedisi maka pilihlah jasa ekspedisi dengan ongkir paling murah dan berkualitas.
Pada dasarnya, semua jasa ekspedisi besar memberikan jaminan perlindungan atas paket yang dikirimkan, jadi temukanlah ekspedisi termurah dan tercepat.
2. Pertimbangkan Diskon Ongkos Kirim
Langkah selanjutnya adalah memberikan diskon pengiriman atau bahkan gratis ongkir! Cara ini bisa digunakan untuk menarik perhatian pembeli. Pasalnya, konsumen Indonesia begitu tergoda dengan promo gratis ongkir.
Kamu bisa memberikan diskon atau gratis ongkir untuk minimum pembelian tertentu. Kamu juga bisa memberikan gratis ongkir untuk pembeli yang melakukan transaksi pertama di tokomu, atau kepada pelanggan setia.
3. Petakan Lokasi Pembeli
Jika bisnismu sudah melayani banyak transaksi, kamu bisa coba memetakan lokasi pembeli. Ketahuilah berapa banyak pembeli yang berasal dari dalam kota, dari luar kota, luar pulau, maupun dari negara lain.
Dengan memetakan lokasi pembeli, kamu jadi bisa menetukan layanan dan metode pengiriman yang paling tepat untuk pelanggan. Perhitungan ongkos kirim juga bisa jadi lebih akurat.
Nah, itulah penjelasan tentang cara menghitung ongkos kirim yang bisa kamu coba. Yuk, tentukan ekspedisi terbaik untuk tokomu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar