DRgrtea

Medsos DRcjgrTeA

Media Sosial Duridwangurunatafkar

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Senin, 10 April 2023

Belajar.id [2023] | MODUL 3 _001

AKSI NYATA

Menyebarkan pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?" - [Guru dan Kepala Sekolah]

Aksi Nyata:

  1. Rancanglah rencana penyebaran pemahaman "Mengapa Kurikulum perlu Berubah?" kepada sasaran yang menurut Anda perlu memahami konsep ini. (Rekan guru/orang tua/murid/dsb.)
  2. Komunikasikan pemahaman Anda tentang kurikulum dan "Mengapa Kurikulum perlu Berubah?" kepada sasaran tersebut.
  3. Pemahaman boleh disampaikan melalui ragam media (presentasi/video/poster/booklet/lagu/puisi/dll) dengan cara yang efektif untuk sasaran. Kegiatan dapat dilakukan dalam bentuk luring maupun daring melalui media yang menurut Anda sesuai.
  4. Mintalah refleksi/umpan balik dari sasaran Anda dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  5. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi:
    • Dokumentasi kegiatan (dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi) penyebaran pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?" (Poin 2-3)
    • Hasil refleksi/umpan balik dari audiens Anda (Poin 4)

Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

==============================================================
PILIHAN

Membuat strategi penerapan kurikulum merdeka di kelas - [Guru]

Aksi Nyata:

  1. Buatlah strategi penerapan Kurikulum Merdeka sesuai dengan pemahaman Anda misalnya, membuat modul ajar (RPP Plus)/ membuat kesepakatan atau keyakinan kelas/melakukan asesmen diagnostik, dsb. Silahkan melibatkan aktor/pemangku kepentingan untuk membantu pelaksanaannya.
  2. Praktikkan rancangan strategi Anda di kelas
  3. Mintalah umpan balik/refleksi dari murid secara tertulis (untuk jenjang PAUD dan SD Fase A bisa secara lisan) dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  4. Unggah dokumen berisi:
    • Dokumentasi (poin 1 dan 2) dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi
    • Dokumentasi hasil refleksi/umpan balik dari murid (poin 3)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

==============================================================
PILIHAN

Membuat Diskusi Kelompok Terarah (FGD) terkait Kurikulum Merdeka - [Guru - Kepala Sekolah]

Aksi Nyata:

  1. Buatlah kegiatan Diskusi Kelompok Terarah (FGD) mengenai pemahaman kurikulum merdeka yang mencakup struktur kurikulum, asesmen, dan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan Anda.
  2. Gunakan metode 6 Topi Berpikir untuk memandu diskusi.
  3. Libatkan para guru dan staf di satuan pendidikan dalam kegiatan ini.
  4. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi:
    • Dokumentasi kegiatan (poin 1) dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi
    • Hasil refleksi/umpan balik dari audiens Anda (dapat berupa dokumentasi isi dari 6 Topi Berpikir (poin 2), atau umpan balik/refleksi lain)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

==============================================================
6 TOPI BERPIKIR



Belajar.id (2023) MODUL 2 _005 | Post Test

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

======
Post Test

Soal 1 dari 8
Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid.

Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….

Behaviorisme
Konstruktivisme
Kognitivisme
Taksonomi Bloom

Soal 2 dari 8
Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah….

Meminta murid tersebut untuk kembali belajar di kelas sebelumnya
Memberikan pengayaan dan jam tambahan membaca
Merancang perangkat ajar yang sesuai dengan kemampuan murid.
Memberikan pendampingan pada murid tersebut

Soal 3 dari 8
Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.

Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?

Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid untuk belajar secara kontekstual.
Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.
Tepat, karena sekolah merdeka untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran.
Tidak tepat, karena kegiatan tersebut lebih cocok diterapkan pada murid SMA/SMK.

Soal 4 dari 8
Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri (terpisah dari alokasi waktu intrakurikuler).
Benar
Salah

Soal 5 dari 8
Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
Benar
Salah

Soal 6 dari 8
Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah…

Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.
Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah.
Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain.

Soal 7 dari 8
Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….

Guru mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.
Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya.
Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas

Soal 8 dari 8
Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat adalah….

Bu Atikah menggunakan nilai ulangan sebagai satu-satunya sumber penilaian untuk murid
Pak Jimi melakukan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpisah di kelas.
Bu Linda melakukan asesmen awal pembelajaran untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
Sekolah menetapkan seluruh guru harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif.

Sebelumnya
Selanjutnya

Sumber referensi:
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/modul/37/post-test?topik=6&topik_name=Kurikulum%20Merdeka&module_name=Pembelajaran%20Versi%20Kurikulum%20Merdeka&postTest=true&from=&menuId=&testPassed=false

Belajar.id [2023] | MODUL 2 _004 | Proyek nyata Mapel Sunda

Proyek nyata Mapel Sunda

Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada kurikulum merdeka, hal apa yang paling membuat Ibu dan Bapak Guru bersemangat? Mengapa?

Sebagai guru Basa Sunda yang berada di lingkungan peserta didik Usia SMA yang dipersiapkan pada minat, saya bersemangat membuat peserta didik (murid) mengali minatnya menerjemahkan buku-buku teks dengan menggunakan media digital yaitu internet sekolah.

Mengapa?

Oleh karena, 

(1) sarana prasarana menunjang dengan adanya jaringan speedy telkom di sekolah.

(2) jam mengajar guru, cukup. Tidak akan mengganggu pelajaran lain.

(3) strategi lain, para peserta didik (murid) bisa menerjemahkan teks pelajaran seusai mereka membaca pelajaran tersebut.

====

INTINYA:

BISAKAN PESERTA DIDIK (MURID) SMA PLUS TAUHIDUL AFKAR menerjemahkan buku teks pelajaran ke dalam bahasa sunda?

Mudah-mudahan, bisa.

Amin.

Minggu, 09 April 2023

Belajar.id [2023] | MODUL 2 _003

Sturktur Pembelajaran dengan Paradigma Baru



AKTIVITAS

CERITA REFLEKTIF

==================

Latihan Pemahaman


Dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) terdapat program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan berpikir murid. Program ini mempunyai tujuh tema yang dapat dipilih oleh sekolah untuk dieksplorasi.

Program tersebut adalah
Intrakurikuler.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Ekstrakurikuler.
Semua benar.
======
Intrakurikuler:
- rancanglah kegiatan yang menarik
- bangunlah rasa ingin tahu peserta didik
- hubungkan dengan kehidupan sekitar sehinga menjadi bermakna

====

Perubahan utama pembelajaran.
Usia PAUD => belajar melalui kegiatan bermain yang mencakup literasi, numerasi, agama dan moral dsb.
Usia SD => IPA dn IPS menjadi IPAS
Usia SMP => Informatika menjadi mapel wajib
Usia SMA => dipersiapkan pada minat untuk jenjang berikutnya.

==== 

Projek penguatan profil pelajaran Pancasila

Ekstrakurikuler
==================
Refleksi
Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada kurikulum merdeka, hal apa yang paling membuat Ibu dan Bapak Guru bersemangat? Mengapa?

Sebagai guru Basa Sunda yang berada di lingkungan peserta didik Usia SMA yang dipersiapkan pada minat, saya bersemangat membuat peserta didik (murid) mengali minatnya menerjemahkan buku-buku teks dengan menggunakan media digital yaitu internet sekolah.

Mengapa?

Oleh karena, (1) sarana prasarana menunjang dengan adanya jaringan speedy telkom di sekolah.

 (2) jam mengajar guru, cukup. (3) strategi lain, para peserta didik (murid) bisa menerjemahkan teks pelajaran seusai mereka membaca pelajaran tersebut.

Sabtu, 08 April 2023

Belajar.id [2023] | MODUL 2 _002

A. Capaian Pembelajaran

B. Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum

C. Kompetensi, Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila

D. Latihan Pemahaman

=======================

AKTIVITAS

CERITA REFLEKTIF


====================================

Latihan Pemahaman
Soal 1 dari 3
Sebagai acuan pembelajaran, Capaian Pembelajaran diturunkan menjadi...
Modul ajar
Alur tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran
RPP
Lanjut

Soal 2 dari 3
Capaian Pembelajaran dibuat untuk rentang waktu..
1 fase
1 tahun ajaran
1 semester
Tergantung kebutuhan
Lanjut

Soal 3 dari 3
Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak...
Mulai dari SMP hingga SMA/SMK
Dasar di SD saja
Fase fondasi di PAUD hingga lulus SMA/SMK
SD hingga SMA/SMK
Selesai
==========================================
Proses Belajar Mencapai Capaian Pembelajaran

Halaman 1/1

======
Refleksi
Perubahan apa yang Ibu/Bapak rasa akan paling signifikan di kelas dengan implementasi Kurikulum Merdeka?
Menemukan jati diri seorang siswa yang Beriman, Berakhlak, Mandiri, Bernalar kritis, Kreatif, bergotong royong, Berkebinekaan global; tidak sebatas hanya pengetahuan saja, tetapi sekaligus pengamalannya.

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU C++ Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan RFC RidsyafTeA Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus TafkarMart Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul