Halaman
DRMenuNavigasiBar
Selasa, 02 Juli 2024
KSM - Bersama Membahas | Soal KSM Kabko 2023 - No. 21 ~ No. 30
21. Kebutuhan akan kurma saat bulan ramadhan hingga musim haji sangat tinggi. Indonesia memproduksi kurma dalam jumlah yang sangat sedikit, hanya sekitar 1 persen dari total kebutuhan nasional. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor kurma dari negeri Timur Tengah. Pada tahun 2018 mencatatkan nilai impor sebesar 39,9 ribu ton (BPS, 2018). Faktor penyebab rendahnya produksi kurma di Indonesia adalah ….
(A) lahan yang sesuai tidak terbatas, curah hujan tinggi, tanah basah, pH asam, dan kandungan garam tinggi
(B) lahan yang sesuai terbatas, curah hujan tinggi, tanah lembab, pH netral, dan kandungan garam rendah
(C) lahan yang sesuai tidak terbatas, curah hujan tinggi, tanah kering, pH basah, dan kandungan garam tinggi
(D) lahan yang sesuai terbatas, curah hujan tinggi, tanah liat, pH netral, dan kandungan garam rendah
========================
22.
تتأثر السلع الزراعية الرائدة بالظروف
الجغرافية لمناطق الإنتاج . اي من الإجابات التالية لايتطابق مع السلع
المتفوقة ومناطق انتاجها فى الإندونيسيا؟
(Komoditas pertanian unggulan dipengaruhi oleh kondisi geografis daerah produksinya. Jawaban manakah di bawah ini yang tidak sesuai dengan barang unggulan dan wilayah produksinya di Indonesia?)A. Kopi Lampung
========================
23. Perhatikan hadis Ibnu Majah berikut!
إنَّ التُّجارَ يُبعثون يومَ القيامةِ فُجارًا ؛ إلا من اتَّقى اللهَ ، وبَرَّ وصدق .
Sikap yang sesuai dengan hadis tersebut pada sistem perdagangan online adalah ... sesuai dengan interaksi sosial dalam bentuk ….
(A) amanah, akomodasi | sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan
(B) murah hati, kooptasi | Kooptasi adalah bentuk kerja sama yang melibatkan penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan sebuah organisasi selama proses pelaksanaannya.
(C) jujur, joint venture | 2 pihak atau lebih menyatukan sumber daya dalam menjalankan bisnis
(D) tidak melupakan akhirat, koalisi | persekutuan kelompok, gabungan, atau aliansi beberapa unsur, yang dalam kerjasamanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri.
========================
24. Kehidupan di era digital tidak terlepas dari gadget dan media sosial yang digandrungi generasi muda. Perilaku deviasi remaja sangat mungkin terjadi jika pemanfaatan gadget dan media sosial tidak sesuai. Upaya preventif yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah ….
(A) melakukan pemblokiran pada akun media sosial yang negatif
(B) mensosialisasikan untuk bijak dalam menerima segala informasi
(C) menangkap pegiat media sosial yang terindikasi menyimpang
(D) menggunakan tepat guna untuk hal kebaikan dan positif
========================
25. Perhatikan gambar berikut!
Upaya petani bawang pada gambar di atas memperhatikan ....
(A) tindakan ekonomi
(B) prinsip ekonomi
(C) motif ekonomi
(D) alternatif ekonomi
========================
26. Perhatikan ayat berikut!
لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
Makna ayat di atas sejalan dengan kebijakan Raja Sriwijaya yaitu ….
(A) menjadikan Sriwijaya pusat budaya dan penyebaran agama Budha
(B) membangun angkatan laut terkuat di kawasan regional
(C) mengutamakan layanan di jalur perdagangan India dan China
(D) menjalin toleransi dan upaya perdamaian dengan bangsa sekitar
========================
27. Perhatikan ayat berikut!
ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Jika dikaitkan dengan ayat di atas, masuknya unsur budaya masyarakat nusantara terjadi melalui ….
(A) amalgamation
(B) cultural diffusion
(C) penetration of pacifique
(D) penetration of violence
========================
28. Perhatikan hadis Abu Daud berikut!
اتَّقوا الملاعنَ الثلاثَ : البَرازُ في الموارِدِ ، و قارِعَةِ الطَّريقِ ، و الظِّلِّ
Destinasi wisata ASEAN yang relevan dengan kandungan hadis di atas adalah ….
(A) Merlion Park, Singapura
(B) Angkor Wat, Kamboja
(C) Pinatubo, Filipina
(D) Cat Ba, Vietnam
========================
29. Pak Didik sehari-hari bekerja sebagai buruh petani. Beliau menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah salah satu Pondok Pesantren. Pak Didik membanting tulang untuk membiaya pendidikan anaknya di pondok tersebut. Beliau sangat bangga dengan anaknya karena telah menyelesaikan pendidikan di pondok bahkan melanjutkan studi agama ke luar negeri sehingga masyarakat menganggap anaknya juga dikenal memiliki pengetahuan agama yang cukup baik. Kesuksesan di pondok mampu mengantar anak pak Didik melanjutkan studi keluar negeri.
Anak Pak Didik telah melakukan mobilitas sosial ….
(A) horizontal
(B) vertikal naik
(C) antargenerasi naik
(D) intergenerasi naik
========================
30. Ketika Nabi Muhammad SAW dan umat Islam tiba di Madinah, di wilayah itu sudah tinggal beberapa golongan. Namun untuk golongan Aus dan Khazraj ini sangat rentan sekali terjadi konflik. Maka, Nabi Muhammad SAW membuat perdamaian diantara pihak berkonflik dengan Piagam Madinah yang ditetapkan sejumlah hak dan kewajiban bagi seluruh warganya.
Berdasarkan perspektif sosiologis, bentuk penyelesaian konflik yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah ....
(A) mediasi
(B) konsiliasi
(C) kompromi
(D) arbitrase
KSM - Bersama Membahas | Soal KSM Kabko 2023 - No. 13 ~ No. 20
13. Kebijakan Tanam Paksa yang dilakukan pemerintahan kolonial pada masa Gubernur Jendral van Den Bosch berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat Hindia Belanda. Kondisi sosial ekonomi ini menjadi salah satu sebab dari diberlakukannya sistem ekonomi liberal di awal abad 20. Kebijakan ini ditandai dengan masuknya modal swasta asing di bidang industri barang dan jasa. Kehadiran industri ini berdampak pada usaha rakyat seperti ….
(A) pengangkutan gerobak yang menurun akibat penggunaan kereta api
(B) perluasan lahan pertanian tebu rakyat akibat pembukaan pabrik gula
(C) merosotnya usaha dibidang makanan akibat masuknya barang impor
(D) meningkatnya usaha pribumi akibat munculnya industri global
========================
14. Sejumlah gejala sosial muncul selama Pandemi COVID-19. Culture shock menjadi salah satu gejala sosial di masa tersebut. Bentuk culture shock yang ada di dunia Pendidikan adalah tenaga pendidik ….
(A) mengajar dengan anggaran yang sedikit
(B) menggunakan piranti digital dengan gagap
(C) mengajar dengan sumber belajar digital minim
(D) memiliki akses perangkat teknologi yang terbatas
========================
15. Perkembangan kontemporer masyarakat mengarah pada suatu penciptaan struktur sosial yang mengarah pada borderless society. Beragam karakteristik masyarakat yang identik dengan fenomena tersebut. Salah satu yang mengemuka adalah fakta ekonomi yang dapat dilihat dalam bentuk ....
(A) rasa bangga mengkonsumsi produk nasional
(B) munculnya distribusi sistem multilevel marketing
(C) terciptanya rantai pasok barang yang tersebar
(D) berkembangnya brand waralaba makanan lokal
========================
16. Kerusakan Sumber Daya Alam (SDA) diantisipasi oleh pemerintah dengan mengembangkan tata kelola yang mengedepankan pada prinsip ekoefisiensi. Penerapan prinsip ini dapat ditemukan pada suatu lokasi yang maknanya sama dengan kandungan dalam Q.S. Abasa: 27-28. Dengan mendasarkan pada lokasi yang terkandung dalam ayat tersebut, bentuk kebijakan ekoefisiensi yang tepat adalah ….
(A) pelarangan pukat harimau
(B) penggunaan pupuk organik
(C) pemertahanan hutan lindung
(D) pencegahan pencemaran sungai
++++++++++++++++Abasa 27-28++++++++++++++++++
فَاَنۡۢبَتۡنَا فِيۡهَا حَبًّا
27. lalu di sana Kami tumbuhkan biji-bijian,
وَّ عِنَبًا وَّقَضۡبًا
28. dan anggur dan sayur-sayuran,
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
========================
17. Berikut adalah dua ayat yang di dalamnya merepresentasikan eksistensi lembaga-lembaga sosial. Ayat pertama adalah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنَّ مِنۡ اَزۡوَاجِكُمۡ وَاَوۡلَادِكُمۡ عَدُوًّا لَّكُمۡ فَاحۡذَرُوۡهُمۡۚ وَاِنۡ تَعۡفُوۡا وَتَصۡفَحُوۡا وَتَغۡفِرُوۡا فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ
(At-taghobun: 14)
dan ayat kedua adalah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ
(Al-mujadalah: 11)
Perbedaan utama antara lembaga sosial yang terwakili oleh ayat pertama dengan ayat kedua terletak pada fungsi pengembangan ....
(A) pedoman berperilaku
(B) nilai dan norma sosial
(C) nalar dan pengetahuan
(D) ruang reproduksi
========================
18. Negara Indonesia memiliki komitmen untuk menyelesaikan permasalahan internasional dengan menginisiasi kegiatan berskala internasional, mendirikan lembaga regional, dan berpartsipasi pada lembaga internasional. Pada masa Orde Lama, pemerintahan menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA), membentuk ASEAN pada masa Orde Baru, dan pernah menjadi anggota dewan keamanan PBB pada masa Orde Reformasi. Peran internasional yang dilakukan Indonesia di masa Orde Lama, dapat dikategorikan sebagai upaya peningkatan ….
(A) intervensi permasalahan ekonomi diantara negara Asia-Afrika
(B) keamanan negara-negara Asia-Afrika dari invasi negara adidaya
(C) sistem kehidupan politik negara Asia-Afrika yang lebih maju
(D) aliansi pertahanan keamanan di antara negara Asia-Afrika
========================
19. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibentuk untuk meningkatkan aliran barang serta investasi diantara negara ASEAN secara bebas. Aktivitas ekonomi ini diharapkan dapat mendorong wilayah MEA sebagai basis produksi barang global yang mengintegrasikan potensi ekonomi negara anggotanya. Aktivitas MEA sebagai organisasi perdagangan internasional bertujuan untuk ….
(A) menerapkan politik anti dumping
(B) menggunakan mata uang dolar AS
(C) membebaskan impor dan ekspor
(D) menciptakan rantai produksi pada satu negara
========================
20. Dengan mendasarkan pada perintah dalam Q.S. Al-Maun, sebuah lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah menyelenggarakan suatu aktivitas sosial di setiap hari Jum’at. Tindakan yang dilakukan oleh sekolah ini adalah bentuk interaksi sosial yang dapat dikategorikan sebagai ….
(A) motivasi
(B) imitasi
(C) empati
(D) simpati
KSM - Bersama Membahas | Soal KSM Kabko 2023 - No. 12
Senin, 01 Juli 2024
Posting Populer
-
Download from YouTube.com, Vimeo.com, Facebook.ru, Vk.com and more than 40 websites in one click - SaveFrom.net helper extension for chrom...
-
info ♥ OinkAndStuff share SHARE timeline SETTINGS PREMIUM FEATURES new_releases TIPS - TRICKS - NEWS open_in_new OPEN PANEL IN NEW WIND...
-
Follow Us: Sign In Blog Write for Us Contact Us EN FEEDBACK Calculator Online ADVERTISEMENT 0 Deg Rad sin cos tan π e sin...
-
Download Bukti Fisik PKKM Lengkap السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجم...
-
drBingkom
-
MATERI UJIAN KSM 2023 Tingkat : PROVINSI Mata Uji : MTS-IPS 1. Keunggulan komparatif sebuah negara ditentukan oleh beberapa ...
-
Lomba yelyel & Dinamika kelompok Yelyel Karang taruna TKSK IPSM LKSA Peserta Dinamika kelompok Perkenalan Antar Anggota Kelompok Game c...
-
KSM IPS MTs. 2023 | ditoong dulu KSM IPS Kabupaten/Kota 2023 https://drive.google.co.id/uc?export=download&id=1NJjcEXOUY-PQ6UAiZW0WJr8...
-
Overlay Layar Mudal + Iframe Caranya: Copy Teks di dalam kotak yang berwarna hijau di postingan baru anda. Selamat berkreasi 👇👇👇 Tulis b...
-
MATERI UJIAN KSM 2023 Tingkat: PRONASIONAL Mata Uji: MTS-IPS 1. Perhatikan infografis berikut! Pernyataan yang sesuai denga...
DRcjgLink
Duridwan TeA Google Arsip
Tampil Ful Skrin
Tampilan penuh layar
Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.
Materi artikel