DRgrtea

Medsos DRcjgrTeA

Media Sosial Duridwangurunatafkar

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Senin, 02 September 2024

Pintar Kemenag September 2024 | Konci Waleran Publikasi Ilmiah _3.2

No. 1 - 5

Pelatihan Publikasi Ilmiah (Introduction)



MATERI :


Kunci Jawaban - 3.2 Konsep dasar Publikasi Ilmiah - Bagian 1 dan 2 - Pelatihan Publikasi Ilmiah (Introduction) - Pintar Kemenag  

Petunjuk Pengisian :

Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!

======

1 dari 10 soal

Laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang tidak asli antara lain ditandai, kecuali..


A. Waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang wajar


B. Adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan


C. Adanya bagian-bagian tulisan yang dirubah di sana- sini, bentuk ketikan yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak sesuai, terdapat berbagai data yang tidak konsisten, tidak akurat


D. Adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain


Jawaban: B. Adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan

2 dari 10 soal

Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud K dari "APIK" adalah...


A. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan


B. Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan


C. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya


D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur


Jawaban: C. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya

3 dari 10 soal

Salah satu kelompok kegiatan publikasi ilmiah adalah prensentase pada forum ilmiah. Yang dimaksud dengan presentasi pada forum ilmiah adalah..


A. Karya tulis guru yang berisi ide/ gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada disatuan pendidikannya (disekolah/dimadrasahnya)


B. Publikasi dalam bentuk laporan hasil penelitian (misalnya laporan penelitian tindakan kelas) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru


C. Guru sering kali diundang mengikuti pertemuan ilmiah untuk memberikan presentasi, baik sebagai pemasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah tersebut


D. Di publikasikan di media massa (koran, majalah atau sejenisnya)


Jawaban: C. Guru sering kali diundang mengikuti pertemuan ilmiah untuk memberikan presentasi, baik sebagai pemasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah tersebut

4 dari 10 soal

Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk hasil laporan penelitian (misalnya laporan penelitian tindakan kelas) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru. Angka kredit yang bisa diperoleh guru jika laporan hasil penelitian nya dimuat dijurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi adalah...


A 3



B 2


C 4


D 1


Jawaban: A. 3

5 dari 10 soal

Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan, harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud I dari "APIK" adalah...


A. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan


B. Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan


C. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur


D. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya


Jawaban: B. Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan


No. 6 - 10

6 dari 10 soal


Pengertian publikasi ilmiah adalah...


A. Laporan hasil penelitian (misalnya laporan hasil penilaian tindakan kelas) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru


B. Makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah dan telah di sah kan oleh kepala sekolah/ Madrasah



C. Sistem publikasi yang dilakukan berdasarkan peer review dalam rangka untuk pencapaian tingkat obyektivitas setinggi mungkin


D. Laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru disekolah/ Madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya. Antara lain dapat berupa laporan penelitian tindakan kelas


Jawaban: C. Sistem publikasi yang dilakukan berdasarkan peer review dalam rangka untuk pencapaian tingkat obyektivitas setinggi mungkin

7 dari 10 soal

Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan, harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud P dari "APIK" adalah...


A. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya


B. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur


C. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan


D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur


Jawaban: C. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan

8 dari 10 soal

Angka kredit yang diperoleh guru dalam kegiatan forum ilmiah sebagai pemasaran/ narasumber pada seminar atau loka karya ilmiah adalah...


A. 1,5


B. 0,2


C. 0,5


D. 1


Jawaban; B. 0,2

9 dari 10 soal

Laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang tidak ilmiah antara lain ditandai dengan adanya, kecuali


A. Latar belakang masalah yang tidak jelas sehingga tidak dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas dan hubungan masalah tersebut dengan upayanya untuk mengembangkan profesinya



B. Kesimpulan yang tidak / belum menjawab permasalahan yang diajukan


C. Disajikan kerangka isi yang telah ditetapkan


D. Kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran Analisis nya


Jawaban: C. Disajikan kerangka isi yang telah ditetapkan

10 dari 10 soal

Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan, harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud A dari "APIK" adalah...


A. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya


B. Laporan disajikan dengan memaknai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah  dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan


C. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan


D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur


Jawaban: D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur







IP - Kelas dan Penggunaannya

Seperti yang Anda lihat, antara berbagai jenis segmen alamat IP tidak ada tumpang tindih. Kelima jenis alamat IP yang telah di jelaskan pada postingan sebelumnya juga berbeda dalam hal penggunaan:

  • • Alamat IP Kelas A digunakan oleh lembaga pemerintah;
  • • Alamat IP Kelas B ditetapkan untuk bisnis menengah;
  • • Alamat IP Kelas C dapat ditetapkan secara bebas;
  • • Alamat IP Kelas D digunakan untuk multicast;
  • • Alamat IP Kelas E dicadangkan untuk eksperimen.

Klasifikasi IPv4 yang populer saat ini didasarkan pada kombinasi nomor jaringan dan nomor host yang berbeda. Untuk alamat 32-bit, panjang yang ditempati dari tiga jenis nomor jaringan ABC masing-masing adalah 8, 16, dan 24, dan tipe D digunakan untuk multicast. Alamat, cadangan Kelas E.

Semua perhitungan ruang jaringan harus "dikurangi dengan 2" karena dua alamat yang dicadangkan dikurangi: "0" untuk jaringan ini dan "255" untuk siaran.

Beberapa IP khusus:

0.0.0.0 tidak dapat di-ping. Di server, 0.0.0.0 bukanlah alamat IP asli, ini mewakili semua alamat IPV4 di mesin. Port yang mendengarkan 0.0.0.0 adalah port yang mendengarkan semua IP di mesin.

127.0.0.1 adalah alamat yang dicadangkan, umumnya digunakan untuk alamat loopback, setara dengan localhost atau alamat IP lokal.

255.255.255.255 digunakan untuk mewakili alamat siaran jaringan lokal. Itu tidak dapat diteruskan atau dilewatkan melalui gateway, tetapi akan dikirim ke semua host pada segmen jaringan fisik yang sama, sehingga disebut juga "siaran" oleh banyak orang.

IP - Alamat dan Kelasnya | IP Kelas E

Alamat IP Kelas E

IPv4: 240 Kelas Jaringan, ID Bersih, ID HostDeskripsi Alamat IP dalam Biner, Desimal dan HeksadesimalDeskripsi Kelas Alamat IP A/B/C/D/E dan ID Jaringan, ID Host

4 bit pertama dari alamat IP Kelas E selalu 1111. Mengatur 4 bit pertama ke 1 berarti bahwa alamat Kelas E dimulai pada 128 + 64 + 32 + 16 = 240.

Rentang alamat IP Kelas E: 240.0.0.0 ~ 255.255.255.255.

Alamat IPv4 Kelas E tidak membedakan antara alamat jaringan dan alamat host.

Alamat IP Kelas E dicadangkan untuk penggunaan di masa mendatang, biasanya untuk tujuan penelitian. Jadi tidak ada alamat Kelas E yang tersedia di Internet.

IP - Alamat dan Kelasnya | IP Kelas D

Alamat IP Kelas D

IPv4: 224 Kelas Jaringan, ID Bersih, ID HostDeskripsi Alamat IP dalam Biner, Desimal dan HeksadesimalDeskripsi Kelas Alamat IP A/B/C/D/E dan ID Jaringan, ID Host

4 bit pertama dari alamat Kelas D selalu 1110. Mengatur 3 bit pertama ke 1 berarti bahwa alamat Kelas D dimulai pada 128 + 64 + 32 = 224. Bit keempat adalah 0, yang berarti bahwa nilai maksimum alamat Kelas D adalah 128 + 64 + 32 + 8 + 4 + 2 + 1 = 239.

Rentang alamat IP Kelas D: 224.0.0.0 ~ 239.255.255.255.

Alamat IPv4 Kelas D tidak membedakan antara alamat jaringan dan alamat host.

Alamat IP Kelas D dicadangkan untuk digunakan oleh Internet Architecture Board (IAB) untuk alamat multicast (komunikasi satu-ke-banyak).

IP - Alamat dan Kelasnya | IP Kelas C

Alamat IP Kelas C

IPv4: 192 Kelas Jaringan, ID Bersih, ID HostDeskripsi Alamat IP dalam Biner, Desimal dan HeksadesimalDeskripsi Kelas Alamat IP A/B/C/D/E dan ID Jaringan, ID Host

Alamat IP Kelas C berarti: dalam nomor empat segmen dari alamat IP (misalnya: byte 1. byte 2. byte 3. byte 4), nomor tiga segmen pertama (byte 1. byte 2 . Byte 3) adalah nomor jaringan, dan nomor yang tersisa (byte 4) adalah nomor komputer lokal.

Jika alamat IP direpresentasikan dalam biner, alamat IP Kelas C terdiri dari alamat jaringan 3-byte dan alamat host 1-byte. Bit tertinggi dari alamat jaringan harus '110'.

Rentang alamat IP Kelas C: 192.0.0.0 ~ 223.255.255.255, rentang alamat IP yang tersedia: 192.0.0.1 ~ 223.255.255.254.

Panjang pengidentifikasi jaringan di alamat IP kelas C adalah 21 bit, dan panjang pengidentifikasi host adalah 8 bit. Jumlah alamat jaringan Kelas C besar (2^21 = 2097152), yang cocok untuk jaringan area lokal skala kecil. Setiap jaringan hanya dapat berisi hingga 254 komputer (2^8 - 2 = 254).

(subnet mask default: 255.255.255.0 atau 0xFFFFFF00). Umumnya digunakan untuk jaringan kecil.

IP - Alamat dan Kelasnya | IP Kelas B

 Alamat IP Kelas B

IPv4: 128 Kelas Jaringan, ID Bersih, ID HostDeskripsi Alamat IP dalam Biner, Desimal dan HeksadesimalDeskripsi Kelas Alamat IP A/B/C/D/E dan ID Jaringan, ID Host

Alamat IP Kelas B berarti: dalam nomor empat segmen dari alamat IP (misalnya: byte 1. byte 2. byte 3. byte 4), dua segmen pertama dari angka (byte 1. byte 2) adalah nomor jaringan, dan dua angka terakhir (byte 3. byte 4) adalah nomor komputer lokal.

Jika alamat IP direpresentasikan dalam biner, alamat IP kelas B terdiri dari alamat jaringan 2 byte dan alamat host 2 byte. Bit tertinggi dari alamat jaringan harus '10'.

Rentang alamat IP Kelas B: 128.0.0.0 ~ 191.255.255.255, rentang alamat IP yang tersedia: 128.0.0.1 ~ 191.255.255.254.

Alamat IP Kelas B memiliki pengidentifikasi jaringan 14-bit dan pengidentifikasi host 16-bit. Alamat jaringan Kelas B cocok untuk jaringan berukuran sedang (2^14 = 16384), dan setiap jaringan dapat menampung 60.000+ komputer (2^16 - 2 = 65534).

(subnet mask default: 255.255.0.0 atau 0xFFFF0000). Biasanya digunakan untuk jaringan berukuran sedang.

IP - Alamat dan Kelasnya | IP Kelas A

 Alamat IP Kelas A

IPv4: 0 Kelas Jaringan, ID Bersih, ID HostDeskripsi Alamat IP dalam Biner, Desimal dan HeksadesimalDeskripsi Kelas Alamat IP A/B/C/D/E dan ID Jaringan, ID Host

Alamat IP Kelas A berarti: dalam nomor empat segmen alamat IP (misalnya: byte 1. byte 2. byte 3. byte 4), nomor segmen pertama (byte 1) adalah nomor jaringan, dan tiga segmen angka yang tersisa (byte 2. byte 3. byte 4) adalah nomor komputer lokal.

Jika alamat IP direpresentasikan dalam biner, alamat IP Kelas A terdiri dari alamat jaringan 1 byte dan alamat host 3 byte, dan bit tertinggi dari alamat jaringan harus '0'.

Rentang alamat IP Kelas A: 1.0.0.0 ~ 127.255.255.255, rentang alamat IP yang tersedia: 1.0.0.1 ~ 127.255.255.254.

Panjang pengidentifikasi jaringan di alamat IP Kelas A adalah 7 bit, dan panjang pengidentifikasi host adalah 24 bit. Jumlah alamat jaringan kelas A kecil (2^7 - 2 = 126), yang dapat digunakan untuk menampung lebih dari 16 juta  komputer jaringan besar (2^24 - 2 = 16777214).

(subnet mask default: 255.0.0.0 atau 0xFF000000). Umumnya digunakan untuk jaringan besar.

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan RidsyafTeA Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus TafkarMart Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul