DRgrtea

Medsos DRcjgrTeA

Media Sosial Duridwangurunatafkar

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

drcnavbar

Selasa, 26 Agustus 2025

Metaduridwangurunata 2025

Metaduridwangurunata 2025
========================================
Metaduridwangurunata 2025 >>> AI Artificial Intelegensi Anak Indonesia.
>>> Masuk atau daftar aza di sini ..... .
>>> Ini drMetaku

Senin, 25 Agustus 2025

Taghonni - Ahlan Wa Sahlan fi Ma'hadina Tauhidul Afkar


 اَهۡلًا وَسَهۡلًا

اَهۡلًا وَسَهۡلًا فِى مَعۡهَدِنَا هٰذَا

تَوۡحِيۡدِ اۡلأفۡكَار ×٢

تَرَكۡنَا اۡلآبَاء وَاۡلأُمَّهَات لِهٰذَا

فَـلِـلّٰـهِ الۡبَـرّ ×٢

تَعَلَّمۡنَا جِهَادُنَا

وَصُـمۡنَا فِى نَهَارِنَا

تَـهَـجَّدۡنَا فِى اللَّيۡلِ سَحَرًا فَقُمۡـنَا

}

 

اَللّٰهُمَّ بِـهَـا اجۡعَلۡنَا

مَحَامِيۡدَ مَقَامَنَا     ×٢



يَاصَاحِ
يَاصَاحِ نَحۡنُ تَعَلَّمۡنَا
بِالۡعَرَبِيَّة نَحۡنُ تَكَلَّمۡنَا
بِالۡإِنۡكلِيۡزِيَّة نَحۡنُ تَحَدَّثۡنَا
بِالۡإِنۡطِلَاقَة سَأَلۡنَا رَبَّنَا
وَلِلزِّيَادَة مَنۡفَعَةَ عُلُوۡمِنَا فَاسۡمَعۡنَا

=================

اكلتُ وشربتُ

عِنۡدَمَا جُعۡتُ

مَقۡلِيَّةً اَكَلۡتُ

حِيۡنَ عَطِشۡتُ

مَشۡرُوۡبَةً شَرِبۡتُ

وَقَبۡلَهُـمـَا

رَبِـّيَ الله دَعَوۡتُ

بَرۡكَةً سَأَلۡتُ

اِلىٰ الۡـجَنَّة دَخَلۡتُ



Minggu, 24 Agustus 2025

TRIMURTI | >> Nama adalah sifat bukan dzat

Brahma berperan sebagai pencipta, 
Wisnu pemelihara, dan 
Siwa pelebur.[5][6]

======================
Seyogyanya -nama- yang kemudian berubah menjadi -dzat- kemudian mengantarkan kepada gambaran bahwa Tuhan Esa itu tunggal namun berada dalam tiga unsur penyatuannya. Penyatuan yang merupakan dzat-dzat yang berbeda; Pencipta satu dzat, Pemelihara satu dzat, dan Pelebur satu dzat. Maka penggambaran seperti ini menghantarkan kepada rupa Tuhan yang ganjil, seram, menakutkan dan menjijikan.

Namun apabila penyebutan -nama- tersebut tidak mengantarkan kepada -dzat-, namun hanya kepada -sifat- saja, maka penyatuan banyak -sifat- pada satu -dzat-, hal ini tidak akan mengantarkan kepada rupa Tuhan yang ganjil, seram, menakutkan dan menjijikan, akan tetapi Tuhan yang indah (b.a: Jamil). Tuhan tetap satu dzat-nya dengan mempunyai banyak sifat-nya.

- Pencipta (Tuhan Pencipta) Al-kholiq
- Pemelihara (Tuhan pemberi hidup, pemberi rizki) Al-muhyi, Ar-rozzaq.
- Pelebur (Tuhan pengembali kepada kematian [dari ada ke tiada], yang mematikan) Al-mu'id, Al-mumit.

Beginilah, siapa orang yang beriman Kepada Alloh, maka sungguh telah berpegang kepada urwah wutsqo.

Wassalam.

MASTA | OMI 2025 _ Buat Soal dan dijawab oleh siswawi ( 21 - 25)

21_Menjelaskan lingkungan sehat_Kesehatan lingkungan_Menentukan ciri-ciri lingkungan bersih_C1 
22_Mengidentifikasi simbol negara_PPKn_Menentukan arti warna bendera_C1 
23_Menjelaskan hak dan kewajiban_PPKn_Menentukan contoh kewajiban di sekolah_C2 
24_Mengidentifikasi wilayah adat_Budaya_Menentukan suku asli daerah tertentu_C1 
25_Menjelaskan hubungan antar daerah_IPS_Menentukan contoh kerja sama antardaerah_C2
===================================================
21.
Membuat soal pertanyaan IPS_Kesehatan Lingkungan berbentuk pilihan ganda tentang menjelaskan lingkungan sehat fokus kepada menentukan ciri-ciri lingkungan bersih. Tuliskan pula jawabannya!
22.
Membuat soal pertanyaan IPS_PPKn berbentuk pilihan ganda tentang mengidentifikasi symbol Negara dengan menentukan arti warna bendera. Tuliskan pula jawabannya!
23.
Membuat soal pertanyaan IPS_PPKn berbentuk pilihan ganda tentang hak dan kewajiban fokus kepada kewajiban di sekolah. Tuliskan pula jawabannya!
24.
Membuat soal pertanyaan IPS_Budaya berbentuk pilihan ganda tentang mengidentifikasi wilayah adat dengan menentukan suku asli daerah tertentu. Tuliskan pula jawabannya!
25.
Membuat soal pertanyaan IPS berbentuk pilihan ganda tentang menjelaskan hubungan antar-daerah dengan menyebutkan contoh kerja sama antar daerah di Indonesia. Tuliskan pula jawabannya!

MASTA | OMI 2025 _ Buat Soal dan dijawab oleh siswawi (11-20)

11_Menjelaskan pentingnya persatuan_PPKn_Menentukan contoh sikap menjaga persatuan_C2 
12_Mengidentifikasi bentuk kerja sama_PPKn_Menentukan contoh kerja bakti_C1 
13_Menjelaskan hubungan SDA dan mata pencaharian_Ekonomi_Menentukan pengaruh SDA terhadap pekerjaan_C2 
14_Mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi_Ekonomi_Menentukan kegiatan produksi_C1 
15_Menjelaskan perdagangan_Ekonomi_Menentukan keuntungan berdagang secara jujur_C3 
16_Mengidentifikasi bentuk transportasi_Geografi_Menentukan alat transportasi air tradisional_C1 
17_Menjelaskan potensi wisata_Geografi_Menentukan wisata budaya lokal_C2 
18_Menjelaskan hubungan sosial_IPS_Menentukan contoh gotong royong_C1 
19_Mengidentifikasi peran teknologi_Teknologi_Menentukan manfaat teknologi di sekolah_C2 
20_Menjelaskan bencana alam_Geografi_Menentukan cara mengurangi risiko banjir_C2 
====================================================================
Lihat di Meta duridwangurunata drMetaku untuk contoh soalnya.
11
Berikut beberapa contoh soal IPS (Inklud PPKn) tentang pentingnya menjaga persatuan yang memuat contoh sikap menjaga persatuan:
Soal 1
Apa yang dimaksud dengan persatuan? Berikan contoh sikap yang menunjukkan menjaga persatuan di sekolah.
A) Persatuan adalah kesatuan dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama. Contoh sikapnya adalah saling menghormati perbedaan pendapat.
B) Persatuan adalah kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Contoh sikapnya adalah mengikuti kegiatan pramuka.
C) Persatuan adalah kegiatan gotong royong di masyarakat. Contoh sikapnya adalah membersihkan lingkungan.
D) Persatuan adalah kegiatan individu di sekolah. Contoh sikapnya adalah belajar sendiri.
Jawaban: A) Persatuan adalah kesatuan dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama. Contoh sikapnya adalah saling menghormati perbedaan pendapat.
Soal 2
Mengapa penting menjaga persatuan di masyarakat? Berikan contoh sikap yang menunjukkan menjaga persatuan di masyarakat.
A) Penting menjaga persatuan karena dapat meningkatkan kesadaran individu. Contoh sikapnya adalah mengikuti kegiatan keagamaan.
B) Penting menjaga persatuan karena dapat memperkuat kesatuan dan mencapai tujuan bersama. Contoh sikapnya adalah gotong royong membersihkan lingkungan.
C) Penting menjaga persatuan karena dapat meningkatkan kesadaran kelompok. Contoh sikapnya adalah mengikuti kegiatan sosial.
D) Penting menjaga persatuan karena dapat meningkatkan kesadaran individu dan kelompok. Contoh sikapnya adalah mengikuti kegiatan politik.
Jawaban: B) Penting menjaga persatuan karena dapat memperkuat kesatuan dan mencapai tujuan bersama. Contoh sikapnya adalah gotong royong membersihkan lingkungan.
Soal 3
Apa contoh sikap yang menunjukkan menjaga persatuan di rumah?
A) Menghormati pendapat orang tua
B) Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
C) Mengikuti kegiatan gotong royong di masyarakat
D) Saling menghormati perbedaan pendapat antar anggota keluarga
Jawaban: D) Saling menghormati perbedaan pendapat antar anggota keluarga
Semoga contoh soal ini dapat membantu!

12
Berikut contoh soal IPS tentang identifikasi bentuk kerjasama yang memuat contoh kerja bakti:
Soal:
Di desa kami, warga mengadakan kegiatan membersihkan lingkungan bersama-sama setiap minggu pagi. Kegiatan ini dilakukan secara sukarela dan gotong royong untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan desa. Bentuk kerjasama seperti ini disebut...
A. Kerja sama tim
B. Kerja sama antarbangsa
C. Kerja bakti
D. Kerja sama bilateral
Jawaban:
C. Kerja bakti
Penjelasan:
Kerja bakti adalah bentuk kerjasama yang dilakukan secara sukarela dan gotong royong oleh masyarakat untuk mencapai tujuan bersama, seperti membersihkan lingkungan desa. Dalam contoh soal ini, kegiatan membersihkan lingkungan bersama-sama setiap minggu pagi merupakan contoh nyata dari kerja bakti.

13
m_duridwangurunata_7341
Berikut adalah contoh soal IPS-ekonomi tentang hubungan Sumberdaya Alam (SDA) dan mata pencaharian, dengan fokus pada pengaruh SDA terhadap pekerjaan:
Soal:
Di daerah pesisir pantai, banyak penduduk yang bekerja sebagai nelayan. Hal ini disebabkan oleh...
Pilihan jawaban:
A. Adanya industri manufaktur di daerah tersebut
B. Ketersediaan sumberdaya alam laut yang melimpah
C. Adanya pasar yang besar untuk produk pertanian
D. Adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata
Jawaban:
B. Ketersediaan sumberdaya alam laut yang melimpah
Penjelasan:
Di daerah pesisir pantai, ketersediaan sumberdaya alam laut yang melimpah memungkinkan penduduk untuk bekerja sebagai nelayan. SDA laut seperti ikan dan hasil laut lainnya menjadi sumber mata pencaharian bagi nelayan. Dengan demikian, SDA laut memiliki pengaruh besar terhadap pekerjaan penduduk di daerah pesisir pantai.
Soal lanjutan:
Apa contoh lain dari pengaruh SDA terhadap pekerjaan di suatu daerah?
Jawaban:
Contoh lain dari pengaruh SDA terhadap pekerjaan di suatu daerah adalah:
Di daerah pertanian, ketersediaan tanah yang subur dan air yang cukup memungkinkan penduduk untuk bekerja sebagai petani.
Di daerah pertambangan, ketersediaan mineral dan bahan tambang lainnya memungkinkan penduduk untuk bekerja sebagai penambang.
Di daerah hutan, ketersediaan kayu dan hasil hutan lainnya memungkinkan penduduk untuk bekerja sebagai penebang kayu atau pengrajin kayu.
Dengan demikian, SDA memiliki peran penting dalam menentukan mata pencaharian penduduk di suatu daerah.

14. 

Membuat contoh soal IPS-ekonomi tentang mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi fokus kepada cara menentukan kegiatan produksi. Tuliskan pula jawabannya!

15. 

Membuat soal pertanyaan IPS_Ekonomi berbentuk pilihan ganda tentang menjelaskan perdagangan yang menentukan keuntungan berdagang secara jujur. Tuliskan pula jawabannya!

16. 

Membuat soal pertanyaan IPS_Geografi  berbentuk pilihan ganda tentang identifikasi bentuk transportasi focus transportasi air. Tuliskan pula jawabannya!

17. 

Membuat soal pertanyaan IPS_Geografi berbentuk pilihan ganda tentang menjelaskan potensi wisata dengan menentukan wisata budaya local. Tuliskan pula jawabannya!

18. 

Membuat soal pertanyaan IPS berbentuk pilihan ganda tentang menjelaskan hubungan sosial dengan contoh gotong royong. Tuliskan pula jawabannya!

19. 

Membuat soal pertanyaan IPS_Teknologi berbentuk pilihan ganda tentang peran teknologi khususnya manfaat teknologi di sekolah. Tuliskan pula jawabannya!

20. 

Membuat soal pertanyaan IPS_Geografi berbentuk pilihan ganda tentang menjelaskan bencana alam dengan fokus kepada cara mengurasi resiko banjir. Tuliskan pula jawabannya!


Sabtu, 23 Agustus 2025

MASTA | OMI 2025 _ Buat Soal dan dijawab oleh siswawi (1-10)

1_Mengidentifikasi peta_Peta_Menentukan arah kiblat di peta_C2
2_Menentukan letak geografis_Geografi_Menentukan provinsi di peta Indonesia_C1
3_Menjelaskan pembagian waktu_Geografi_Menentukan waktu shalat di berbagai daerah_C3
4_Menjelaskan hasil pertanian_Ekonomi_Menentukan hasil pertanian daerah setempat_C1
5_Mengidentifikasi hasil tambang_Ekonomi_Menentukan contoh hasil tambang di Indonesia_C1
6_Menjelaskan mata pencaharian_Sosial budaya_Menentukan mata pencaharian penduduk pesisir_C2
7_Mengidentifikasi peristiwa sejarah_Sejarah_Menentukan tahun proklamasi kemerdekaan_C1
8_Menjelaskan tokoh sejarah_Sejarah_Menentukan peran tokoh kemerdekaan_C2
9_Menjelaskan peran lembaga negara_PPKn_Menentukan tugas presiden_C2
10_Menjelaskan perbedaan keragaman budaya_Budaya_Menentukan contoh tarian daerah_C1
================================================================
Contoh pertanyaan essay
================================================================
1.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang menentukan arah kiblat menggunakan peta:

*Pertanyaan:* Bagaimana cara menentukan arah kiblat menggunakan peta?

*Jawaban:* Untuk menentukan arah kiblat menggunakan peta, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. *Cari lokasi Anda*: Tentukan lokasi Anda saat ini di peta. Anda dapat menggunakan peta digital atau peta cetak yang menunjukkan garis lintang dan bujur.
2. *Cari lokasi Ka'bah*: Ka'bah terletak di Mekah, Arab Saudi. Anda dapat mencari koordinat Ka'bah yang terletak di 21,4225° LU dan 39,8262° BT.
3. *Gunakan garis lintang dan bujur*: Buat garis imajiner antara lokasi Anda dan lokasi Ka'bah. Arah kiblat adalah arah yang menuju ke Ka'bah dari lokasi Anda.
4. *Tentukan arah*: Gunakan kompas atau perkiraan untuk menentukan arah kiblat berdasarkan garis yang telah dibuat. Jika Anda berada di Indonesia, misalnya, arah kiblat biasanya berada di arah barat laut.

Dengan menggunakan peta dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menentukan arah kiblat dengan lebih akurat. Namun, perlu diingat bahwa menentukan arah kiblat dapat lebih akurat dengan menggunakan alat bantu seperti kompas kiblat atau aplikasi penentu arah kiblat di smartphone.

2.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang geografi untuk menentukan letak geografis salah satu provinsi di Indonesia:

*Pertanyaan:* Di mana letak geografis Provinsi Jawa Barat?

*Jawaban:* Provinsi Jawa Barat terletak di bagian barat Pulau Jawa, Indonesia. Secara geografis, Jawa Barat berbatasan dengan:

- Laut Jawa di utara
- Provinsi Jawa Tengah di timur
- Samudra Hindia di selatan
- Provinsi Banten dan DKI Jakarta di barat

Jawa Barat memiliki luas wilayah sekitar 35.377 km² dan merupakan salah satu provinsi terpadat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Bandung.


3.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang geografi yang berhubungan dengan pembagian waktu dan menentukan waktu sholat di berbagai daerah di Indonesia:

*Pertanyaan:* Mengapa waktu sholat berbeda-beda di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Aceh dan Papua?

*Jawaban:* Waktu sholat berbeda-beda di berbagai daerah di Indonesia karena Indonesia memiliki tiga zona waktu yang berbeda, yaitu:

- Waktu Indonesia Barat (WIB) yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura
- Waktu Indonesia Tengah (WITA) yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara
- Waktu Indonesia Timur (WIT) yang meliputi Maluku dan Papua

Selain itu, waktu sholat juga ditentukan oleh posisi matahari dan waktu lokal di setiap daerah. Oleh karena itu, waktu sholat seperti subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya akan berbeda-beda di setiap daerah tergantung pada zona waktu dan posisi geografisnya.

Misalnya, ketika waktu subuh di Aceh (WIB) adalah pukul 05.00 WIB, maka waktu subuh di Papua (WIT) akan lebih lambat 2 jam, yaitu pukul 07.00 WIT. Oleh karena itu, umat Islam di setiap daerah perlu mengetahui waktu sholat yang akurat berdasarkan zona waktu dan posisi geografis daerah mereka.


4.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS-ekonomi yang menjelaskan tentang hasil pertanian di suatu tempat/daerah di Indonesia:

*Pertanyaan:* Apa saja hasil pertanian utama di Provinsi Jawa Barat?

*Jawaban:* Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah pertanian yang produktif di Indonesia. Beberapa hasil pertanian utama di Jawa Barat antara lain:

- Padi: Jawa Barat merupakan salah satu sentra produksi padi terbesar di Indonesia.
- Sayuran: Jawa Barat terkenal dengan produksi sayuran seperti kentang, wortel, dan buncis.
- Buah-buahan: Jawa Barat juga memproduksi berbagai jenis buah-buahan seperti apel, strawberry, dan jeruk.
- Tanaman hias: Jawa Barat juga terkenal dengan produksi tanaman hias seperti mawar, anggrek, dan krisan.

Hasil pertanian di Jawa Barat tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga diekspor ke daerah lain di Indonesia dan luar negeri. Sektor pertanian di Jawa Barat juga memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian daerah dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.


5.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS-ekonomi yang menjelaskan tentang hasil tambang di suatu tempat/daerah di Indonesia:

*Pertanyaan:* Apa saja hasil tambang utama di Provinsi Papua?

*Jawaban:* Provinsi Papua merupakan salah satu daerah kaya akan sumber daya alam, terutama hasil tambang. Beberapa hasil tambang utama di Papua antara lain:

- Tembaga: Papua memiliki salah satu tambang tembaga terbesar di dunia, yaitu Tambang Grasberg yang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia.
- Emas: Papua juga kaya akan deposit emas, yang sering ditemukan bersama-sama dengan tembaga di tambang Grasberg.
- Nikel: Papua juga memiliki deposit nikel yang signifikan, terutama di daerah Halmahera.
- Batubara: Papua juga memiliki cadangan batubara yang besar, terutama di daerah Bintuni.

Hasil tambang di Papua memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dan menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang penting. Namun, pengelolaan sumber daya alam di Papua juga harus dilakukan dengan bijak dan berkelanjutan untuk memastikan manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat setempat dan generasi mendatang.


6. 
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS-sosial budaya yang menjelaskan mata pencaharian penduduk di daerah pesisir:

*Pertanyaan:* Apa mata pencaharian utama penduduk di daerah pesisir?

*Jawaban:* Penduduk di daerah pesisir umumnya memiliki mata pencaharian yang terkait dengan laut dan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Beberapa contoh mata pencaharian utama penduduk di daerah pesisir antara lain:

- Nelayan: Banyak penduduk di daerah pesisir yang bekerja sebagai nelayan, menangkap ikan dan hasil laut lainnya untuk dijual sebagai sumber pendapatan.
- Pengolahan hasil laut: Beberapa penduduk di daerah pesisir juga bekerja dalam industri pengolahan hasil laut, seperti pembuatan ikan asin, terasi, atau kerupuk ikan.
- Pedagang: Banyak penduduk di daerah pesisir yang bekerja sebagai pedagang, menjual hasil laut dan produk lainnya di pasar lokal atau pasar ekspor.
- Wisata bahari: Daerah pesisir yang memiliki keindahan alam dan pantai yang menarik juga dapat menjadi destinasi wisata, sehingga banyak penduduk yang bekerja dalam industri pariwisata, seperti sebagai pemandu wisata atau pengelola penginapan.

Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir sangat terkait dengan sumber daya alam yang ada di sekitarnya, sehingga pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan sangat penting untuk memastikan kesejahteraan penduduk di daerah pesisir.


7.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS-sejarah yang mengidentifikasi peristiwa sejarah tentang menentukan tahun proklamasi kemerdekaan:

*Pertanyaan:* Pada tanggal berapa dan tahun berapa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya?

*Jawaban:* Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan ini dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moch. Hatta di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Peristiwa ini menandai berakhirnya penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia dan memulai era kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.


8. (1)
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS-sejarah yang mengidentifikasi peristiwa sejarah tentang peran para tokoh kemerdekaan:

*Pertanyaan:* Siapa saja tokoh-tokoh utama yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia?

*Jawaban:* Beberapa tokoh utama yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia antara lain:

- Ir. Soekarno: Sebagai presiden pertama Indonesia, Soekarno berperan penting dalam memimpin perjuangan kemerdekaan dan membacakan teks proklamasi kemerdekaan.
- Drs. Moch. Hatta: Sebagai wakil presiden pertama Indonesia, Hatta berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan dan menjadi saksi sejarah dalam pembacaan teks proklamasi kemerdekaan.
- Sutan Sjahrir: Sebagai perdana menteri pertama Indonesia, Sjahrir berperan penting dalam diplomasi internasional dan memperjuangkan pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh negara-negara lain.
- Jenderal Sudirman: Sebagai panglima besar Tentara Nasional Indonesia, Sudirman berperan penting dalam memimpin perjuangan bersenjata melawan Belanda dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tokoh-tokoh ini dan banyak lainnya berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan membantu membentuk negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

8. (2)
Berikut adalah contoh jawaban tentang tokoh-tokoh kemerdekaan jelang pembacaan proklamasi:

*Tokoh-tokoh Kemerdekaan:*

- *Golongan Tua:*
- Ir. Soekarno: Sebagai pemimpin utama dalam perjuangan kemerdekaan, Soekarno berperan dalam mempersiapkan dan membacakan teks proklamasi kemerdekaan.
- Drs. Moch. Hatta: Sebagai wakil presiden yang akan datang, Hatta berperan dalam mempersiapkan dan menandatangani teks proklamasi kemerdekaan bersama Soekarno.
- Achmad Soebardjo: Sebagai diplomat dan tokoh pergerakan, Soebardjo berperan dalam mempersiapkan rancangan teks proklamasi kemerdekaan.
- *Golongan Muda:*
- Sukarni: Sebagai tokoh pemuda, Sukarni berperan dalam mendorong dan memfasilitasi proses proklamasi kemerdekaan.
- Chaerul Saleh: Sebagai tokoh pemuda, Saleh berperan dalam mengawal dan memastikan keamanan Soekarno dan Hatta pada saat pembacaan proklamasi.
- Wikana: Sebagai tokoh pemuda, Wikana berperan dalam mengkoordinasikan dan mempersiapkan proses proklamasi kemerdekaan.

Masing-masing tokoh ini berperan penting dalam mempersiapkan dan melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

9. 
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS (inklud PPKn) yang menyebutkan tugas-tugas presiden:

*Pertanyaan:* Apa saja tugas-tugas Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan di Indonesia?

*Jawaban:* Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, Presiden Indonesia memiliki beberapa tugas dan wewenang, antara lain:

- Mengeluarkan peraturan pemerintah (PP) untuk melaksanakan undang-undang
- Menetapkan kebijakan umum dan arah pembangunan nasional
- Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri kabinet
- Mengangkat duta besar dan konsul jenderal
- Memberikan grasi, amnesti, abolisi, dan rehabilitasi
- Mengeluarkan keputusan presiden yang bersifat khusus atau umum
- Bertindak sebagai panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Presiden juga bertanggung jawab untuk menjalankan pemerintahan dan menjaga stabilitas negara, serta memastikan bahwa kebijakan pemerintah dilaksanakan sesuai dengan konstitusi dan undang-undang yang berlaku.


10.
Berikut adalah contoh pertanyaan dan jawaban tentang IPS-budaya yang menjelaskan perbedaan keragaman budaya dengan menentukan contoh tarian daerah-daerah di Indonesia:

*Pertanyaan:* Apa contoh tarian daerah yang menunjukkan keragaman budaya di Indonesia?

*Jawaban:* Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat kaya, termasuk dalam bidang tarian. Berikut beberapa contoh tarian daerah di Indonesia yang menunjukkan keragaman budaya:

- Tari Legong (Bali): Tarian klasik Bali yang ditampilkan oleh penari perempuan dengan gerakan yang anggun dan elegan.
- Tari Jaipong (Sunda, Jawa Barat): Tarian tradisional Sunda yang ditampilkan dengan gerakan yang dinamis dan energik.
- Tari Tor-Tor (Batak, Sumatera Utara): Tarian tradisional Batak yang ditampilkan dengan gerakan yang khas dan diiringi dengan musik tradisional.
- Tari Bedhaya (Jawa Tengah): Tarian klasik Jawa yang ditampilkan oleh penari perempuan dengan gerakan yang lembut dan anggun.

Contoh-contoh tarian daerah di atas menunjukkan keragaman budaya di Indonesia, dengan keunikan dan kekhasan masing-masing daerah. Tarian-tarian ini tidak hanya merupakan bagian dari warisan budaya, tetapi juga menjadi simbol identitas dan kebanggaan masyarakat setempat.

=========================
Contoh pertanyaan Pilihan Ganda
=========================
1.
Berikut adalah contoh pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda tentang peta untuk mengidentifikasi bagaimana menentukan arah kiblat:

*Pertanyaan:* Bagaimana cara menentukan arah kiblat menggunakan peta?

*A)* Dengan melihat garis lintang dan bujur pada peta
*B)* Dengan menggunakan kompas dan menentukan arah utara
*C)* Dengan mencari lokasi Masjidil Haram di Mekah pada peta dan menarik garis lurus ke lokasi kita
*D)* Dengan melihat simbol-simbol pada peta

*Jawaban:* C) Dengan mencari lokasi Masjidil Haram di Mekah pada peta dan menarik garis lurus ke lokasi kita

*Penjelasan:* Untuk menentukan arah kiblat menggunakan peta, kita perlu mencari lokasi Masjidil Haram di Mekah pada peta dan menarik garis lurus ke lokasi kita. Arah kiblat adalah arah yang menuju ke Masjidil Haram di Mekah, sehingga dengan menarik garis lurus dari lokasi kita ke Masjidil Haram, kita dapat menentukan arah kiblat dengan akurat.

2.
Berikut adalah contoh pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda tentang geografi untuk menentukan letak geografis salah satu provinsi di Indonesia:

*Pertanyaan:* Di mana letak geografis Provinsi Jawa Tengah?

*A)* Di bagian barat Pulau Jawa, berbatasan dengan Jawa Barat dan Samudra Hindia
*B)* Di bagian tengah Pulau Jawa, berbatasan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur
*C)* Di bagian timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Jawa Timur dan Bali
*D)* Di bagian utara Pulau Sumatra, berbatasan dengan Aceh dan Sumatra Utara

*Jawaban:* B) Di bagian tengah Pulau Jawa, berbatasan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur

*Penjelasan:* Provinsi Jawa Tengah terletak di bagian tengah Pulau Jawa, berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat dan Provinsi Jawa Timur di sebelah timur. Letak geografis ini mempengaruhi iklim, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Tengah.

3.
Berikut adalah contoh pertanyaan geografi dalam bentuk pilihan ganda yang berhubungan dengan pembagian waktu dan menentukan waktu sholat di berbagai daerah di Indonesia:

*Pertanyaan:* Mengapa waktu sholat berbeda-beda di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Aceh dan Papua?

*A)* Karena perbedaan zona waktu dan posisi geografis
*B)* Karena perbedaan musim dan iklim
*C)* Karena perbedaan budaya dan adat istiadat
*D)* Karena perbedaan bahasa dan dialek

*Jawaban:* A) Karena perbedaan zona waktu dan posisi geografis

*Penjelasan:* Indonesia memiliki tiga zona waktu yang berbeda, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Selain itu, posisi geografis juga mempengaruhi waktu sholat, karena waktu sholat ditentukan oleh posisi matahari. Oleh karena itu, waktu sholat berbeda-beda di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Aceh yang berada di WIB dan Papua yang berada di WIT.

Bersambung. Ngasuh anak.
Chaw....

MASTA | OMI 2025 _ Kisi-kisi untuk dipelajari oleh para siswawi

OMI 2025 _ Kisi-kisi untuk dipelajari oleh para siswawi
========================================
Membantu guru-guru mapel yang di OMI-kan

========================================
========================================
KISI-KISI IPS YANG LANGSUNG DILIHAT
_____________________________________________
Kompetensi, materi pokok, indikator, serta level kognitif soal:
No_Kompetensi yang Diukur_Materi Pokok_Indikator Soal_Level
1_Mengidentifikasi peta_Peta_Menentukan arah kiblat di peta_C2
2_Menentukan letak geografis_Geografi_Menentukan provinsi di peta Indonesia_C1
3_Menjelaskan pembagian waktu_Geografi_Menentukan waktu shalat di berbagai daerah_C3
4_Menjelaskan hasil pertanian_Ekonomi_Menentukan hasil pertanian daerah setempat_C1
5_Mengidentifikasi hasil tambang_Ekonomi_Menentukan contoh hasil tambang di Indonesia_C1
6_Menjelaskan mata pencaharian_Sosial budaya_Menentukan mata pencaharian penduduk pesisir_C2
7_Mengidentifikasi peristiwa sejarah_Sejarah_Menentukan tahun proklamasi kemerdekaan_C1
8_Menjelaskan tokoh sejarah_Sejarah_Menentukan peran tokoh kemerdekaan_C2
9_Menjelaskan peran lembaga negara_PPKn_Menentukan tugas presiden_C2
10_Menjelaskan perbedaan keragaman budaya_Budaya_Menentukan contoh tarian daerah_C1
11_Menjelaskan pentingnya persatuan_PPKn_Menentukan contoh sikap menjaga persatuan_C2
12_Mengidentifikasi bentuk kerja sama_PPKn_Menentukan contoh kerja bakti_C1
13_Menjelaskan hubungan SDA dan mata pencaharian_Ekonomi_Menentukan pengaruh SDA terhadap pekerjaan_C2
14_Mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi_Ekonomi_Menentukan kegiatan produksi_C1
15_Menjelaskan perdagangan_Ekonomi_Menentukan keuntungan berdagang secara jujur_C3
16_Mengidentifikasi bentuk transportasi_Geografi_Menentukan alat transportasi air tradisional_C1
17_Menjelaskan potensi wisata_Geografi_Menentukan wisata budaya lokal_C2
18_Menjelaskan hubungan sosial_IPS_Menentukan contoh gotong royong_C1
19_Mengidentifikasi peran teknologi_Teknologi_Menentukan manfaat teknologi di sekolah_C2
20_Menjelaskan bencana alam_Geografi_Menentukan cara mengurangi risiko banjir_C2
21_Menjelaskan lingkungan sehat_Kesehatan lingkungan_Menentukan ciri-ciri lingkungan bersih_C1
22_Mengidentifikasi simbol negara_PPKn_Menentukan arti warna bendera_C1
23_Menjelaskan hak dan kewajiban_PPKn_Menentukan contoh kewajiban di sekolah_C2
24_Mengidentifikasi wilayah adat_Budaya_Menentukan suku asli daerah tertentu_C1
25_Menjelaskan hubungan antar daerah_IPS_Menentukan contoh kerja sama antardaerah_C2

Analisis Kisi-Kisi Soal OMI IPS

Dari tabel di atas, terlihat bahwa soal OMI IPS MTs. 2025 mencakup berbagai aspek ilmu sosial, mulai dari Geografi, Sejarah, Ekonomi, PPKn, hingga Budaya. Level kognitif soal juga bervariasi, mulai dari C1 (mengingat), C2 (memahami), hingga C3 (menerapkan). Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik tidak hanya dituntut menghafal, tetapi juga memahami konsep dan mampu menerapkannya dalam kehidupan nyata.

Beberapa materi penting yang perlu diperhatikan antara lain:

·         Geografi: penggunaan peta, pembagian waktu, transportasi, hingga potensi wisata.

·         Ekonomi: hasil pertanian, tambang, perdagangan, dan kegiatan produksi.

·         Sejarah: peristiwa proklamasi dan peran tokoh kemerdekaan.

·         PPKn: hak dan kewajiban, lembaga negara, serta sikap menjaga persatuan.

Budaya: keragaman budaya, suku bangsa, hingga tarian daerah.

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

.NETdr 'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol bangpol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU C++ Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong cmd Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drMedsos drSamiraTeA drSoftaculous drSQL DRxampp DTD Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin eftepe ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru GooForm googele GooTeA GooWork Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HPpc HPrint HUDHUD ATTWITERI humor HVR iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jerosimut Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS KodeBlok Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo lokalhost Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Muhawarot Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUID NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Onlen Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian Panulung PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Resize RFC RidsyafTeA Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis sipd siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus TafkarMart Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul