OMI 2025 _ Kisi-kisi untuk dipelajari oleh para siswawi
========================================
Membantu guru-guru mapel yang di OMI-kan
========================================
========================================
KISI-KISI IPS YANG LANGSUNG DILIHAT
_____________________________________________
Kompetensi, materi pokok, indikator, serta level kognitif soal:
No_Kompetensi yang Diukur_Materi Pokok_Indikator Soal_Level
1_Mengidentifikasi peta_Peta_Menentukan arah kiblat di peta_C2
2_Menentukan letak geografis_Geografi_Menentukan provinsi di peta Indonesia_C1
3_Menjelaskan pembagian waktu_Geografi_Menentukan waktu shalat di berbagai daerah_C3
4_Menjelaskan hasil pertanian_Ekonomi_Menentukan hasil pertanian daerah setempat_C1
5_Mengidentifikasi hasil tambang_Ekonomi_Menentukan contoh hasil tambang di Indonesia_C1
6_Menjelaskan mata pencaharian_Sosial budaya_Menentukan mata pencaharian penduduk pesisir_C2
7_Mengidentifikasi peristiwa sejarah_Sejarah_Menentukan tahun proklamasi kemerdekaan_C1
8_Menjelaskan tokoh sejarah_Sejarah_Menentukan peran tokoh kemerdekaan_C2
9_Menjelaskan peran lembaga negara_PPKn_Menentukan tugas presiden_C2
10_Menjelaskan perbedaan keragaman budaya_Budaya_Menentukan contoh tarian daerah_C1
11_Menjelaskan pentingnya persatuan_PPKn_Menentukan contoh sikap menjaga persatuan_C2
12_Mengidentifikasi bentuk kerja sama_PPKn_Menentukan contoh kerja bakti_C1
13_Menjelaskan hubungan SDA dan mata pencaharian_Ekonomi_Menentukan pengaruh SDA terhadap pekerjaan_C2
14_Mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi_Ekonomi_Menentukan kegiatan produksi_C1
15_Menjelaskan perdagangan_Ekonomi_Menentukan keuntungan berdagang secara jujur_C3
16_Mengidentifikasi bentuk transportasi_Geografi_Menentukan alat transportasi air tradisional_C1
17_Menjelaskan potensi wisata_Geografi_Menentukan wisata budaya lokal_C2
18_Menjelaskan hubungan sosial_IPS_Menentukan contoh gotong royong_C1
19_Mengidentifikasi peran teknologi_Teknologi_Menentukan manfaat teknologi di sekolah_C2
20_Menjelaskan bencana alam_Geografi_Menentukan cara mengurangi risiko banjir_C2
21_Menjelaskan lingkungan sehat_Kesehatan lingkungan_Menentukan ciri-ciri lingkungan bersih_C1
22_Mengidentifikasi simbol negara_PPKn_Menentukan arti warna bendera_C1
23_Menjelaskan hak dan kewajiban_PPKn_Menentukan contoh kewajiban di sekolah_C2
24_Mengidentifikasi wilayah adat_Budaya_Menentukan suku asli daerah tertentu_C1
25_Menjelaskan hubungan antar daerah_IPS_Menentukan contoh kerja sama antardaerah_C2
Analisis Kisi-Kisi Soal OMI IPS
Dari tabel di atas, terlihat bahwa soal OMI IPS MTs.
2025 mencakup berbagai aspek ilmu sosial, mulai dari Geografi, Sejarah,
Ekonomi, PPKn, hingga Budaya. Level kognitif soal juga bervariasi, mulai
dari C1 (mengingat), C2 (memahami), hingga C3 (menerapkan). Hal ini
menunjukkan bahwa peserta didik tidak hanya dituntut menghafal, tetapi juga
memahami konsep dan mampu menerapkannya dalam kehidupan nyata.
Beberapa materi penting yang perlu diperhatikan antara
lain:
·
Geografi: penggunaan peta,
pembagian waktu, transportasi, hingga potensi wisata.
·
Ekonomi: hasil pertanian,
tambang, perdagangan, dan kegiatan produksi.
·
Sejarah: peristiwa
proklamasi dan peran tokoh kemerdekaan.
·
PPKn: hak dan kewajiban, lembaga negara,
serta sikap menjaga persatuan.
Budaya: keragaman budaya, suku
bangsa, hingga tarian daerah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar