DRgrtea

Medsos DRcjgrTeA

Media Sosial Duridwangurunatafkar

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Senin, 10 Februari 2025

PKKM 2025 hanca 2024

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024

Komponen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, meliputi:

  1. Usaha Pengembangan Madrasah;
  2. Pelaksanaan Tugas Manajerial;
  3. Pengembangan Kewirausahaan;
  4. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan.
=1===============

Usaha Pengembangan Madrasah

UNSUR TUGAS UTAMA

INDIKATOR KINERJA

DOKUMEN/ BUKTI

1.1.   Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan

1.1.1.  Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program

Dokumen struktur madrasah

1.1.2.  Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan

Dokumen uraian tugas personalia di madrasah

1.1.3.  Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

1.2.   Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif

1.2.1.  Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi

Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya

1.2.2.  Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas

1.2.3.  Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram

1.2.4.  Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah

Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu

1.3.   Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan

1.3.1.  Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

1.3.2.  Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat

1.3.3.  Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

1.4.   Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional

1.4.1.  Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi

Dokumen analisis SNP dalam hal standar isi

1.4.2.  Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses

Dokumen analisis SNP dalam hal standar proses

1.4.3.  Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian

Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian

1.4.4.  Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusan

1.5.   Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah

1.5.1.  Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

1.5.2.  Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

1.5.3.  Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran

1.5.4.  Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

1.6.   Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

1.6.1.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

1.6.2.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran

Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran

1.6.3.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain

1.6.4.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapai

1.7.   Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah

1.7.1.  Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, SD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan

1.7.2.  Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet

1.7.3.  Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet

=2===============

Pelaksanaan Tugas Manajerial

UNSUR TUGAS UTAMA

INDIKATOR KINERJA

DOKUMEN/ BUKTI

2.1.   Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

2.1.1.  Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNP

Dokumen RKJM, RKT/RKAM yang meliputi 8 SNP

2.1.2.  Mampu merumuskan visi-misi madrasah sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/ RKAM dan program lainnya

Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan bersama

2.1.3.  Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur

Dokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan madrasah

2.1.4.  Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

2.2.   Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal

2.2.1.  Mampu memberi contoh berdisiplin (hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan)

Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah

2.2.2.  Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan

2.2.3.  Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien

Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber daya

2.2.4.  Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajaran

Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah

2.3.   Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

2.3.1.  Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik

Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, hasil UN, dan target keunggulan non akademik peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya

2.3.2.  Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik

Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan bagi peserta didik

2.3.3.  Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik

Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat madrasah

2.3.4.  Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan non akademik bagi peserta didi

Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan non akademik

2.4.   Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

2.4.1.  Mampu menyusun prencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan

Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah

2.4.2.  Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasah

Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru

2.4.3.  Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi

Data dukungan kepala madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi

2.4.4.  Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasah

Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan

2.5.   Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal

2.5.1.  Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan rana madrasah (gedung, bangunan, lahan, meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan)

Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana madrasah dikelola dengan baik

2.5.2.  Mampu mengelola perpustakaan madrasah

Data perpustakaan dikelola dengan baik

2.5.3.  Mampu mengelola laboratorium madrasah

Data laboratorium dikelola dengan baik

2.5.4.  Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb.)

Data fasilitas penunjang dikelola dengan baik

2.6.   Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik

2.6.1.  Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan, dan pengembangan kompetensi peserta didik

Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal

2.6.2.  Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik

Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik

2.6.3.  Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai

Data program kegiatan akademik dan non akademik melalui penanaman nilai-nilai

2.6.4.  Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal

Data keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

2.7.   Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

2.7.1.  Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013 dalam kegiatan IHT, workshop, rapat koordinasi, dan kegiatan MGMP / KKG

Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, workshop, rapat koordinasi, atau kegiatan MGMP / KKG

2.7.2.  Mampu mengendalikan pelaksanaan Kurikulum 2013 berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik

Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik

2.7.3.  Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran

Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan proses pembelajaran

2.7.4.  Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan

Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lain

2.7.5.  Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan non akademik

Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik

2.8.   Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien

2.8.1.  Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjang

Dokumen RKJM dan RKT

2.8.2.  Mampu mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah

Dokumen RKJM dan RKT

2.8.3.  Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi

Dokumen RKJM dan RKT

2.8.4.  Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, transparan, dan akuntabel

Dokumen RKJM dan RKT

2.9.   Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah

2.9.1.  Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku

Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar

2.9.2.  Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

2.9.3.  Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

2.9.4.  Mampu mengelola administasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

2.10.         Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya

2.10.1.  Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai

Dokumen SKP yang terukur

2.10.2.  Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai

Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai

2.10.3.  Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

2.10.4.  Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya

Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi

=3===============

Pengembangan Kewirausahaan

UNSUR TUGAS UTAMA

INDIKATOR KINERJA

DOKUMEN/ BUKTI

3.1.    Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan madrasah

3.1.1.  Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah

Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun

3.1.2.  Menggunakan metode, teknik, dan proses perubahan madrasah

Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baik

3.1.3.  Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi

Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berfikirkreatif dan inovatif

3.1.4.  Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa / keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru

Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal baru

3.2.    Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif

3.2.1.  Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

Adanya bukti kegiatan yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

3.2.2.  Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah

Adanya bukti kegiatan pemberdayaan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah

3.2.3.  Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah

Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah

3.2.4.  Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

3.3.    Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah

3.3.1.  Bersedia belajar dari orang lain

Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain

3.3.2.  Ingin selalui melakukan yang terbaik

Adanya bukti keinginan selalui melakukan yang terbaik

3.3.3.  Menciptakan perubahan yang kuat

Adanya bukti keinginan untuk melakukan perubahan yang kuat

3.4.    Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah

3.4.1.  Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

3.4.2.  Mampu bersikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah

Adanya bukti kegiatan yang menunjukkan sikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah

3.4.3.  Mampu bersikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain

Adanya bukti sikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain

3.5.    Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik

3.5.1.  Mampu merencanakan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan potensi madrasah

Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasah

3.5.2.  Mampu membina kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

3.5.3.  Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan dana tambahan bagi madrasah

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran

3.5.4.  Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan

Adanya dokumen pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan

3.5.5.  Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya

Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi / jasa da pemasarannya

=4===============

Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan

UNSUR TUGAS UTAMA

INDIKATOR KINERJA

DOKUMEN/ BUKTI

4.1.    Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

4.1.1.  Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran

Terdapat rumusan masalah yang kepala madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran

4.1.2.  Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur

Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapidengan target pencapaian yang terukur

4.1.3.  Mampu mengembangkan instrumen supervisi

Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pencapaian tujuan madrasah

4.2.    Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat

4.2.1.  Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi

Terdapat data hasil pertemuan awal seperti : masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati

4.2.2.  Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi

Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif, dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi

4.2.3.  Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi

Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil supervisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan

4.2.4.  Bersama guru menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan

Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan

4.3.    Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

4.3.1.  Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar

Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar

4.3.2.  Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru

Dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala

4.3.3.  Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi

Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru

4.3.4.  Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya

Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya

Sumber Panoongan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU C++ Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous DTD Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS KodeBlok Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan RFC RidsyafTeA Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus TafkarMart Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul