DRgrtea

Medsos DRcjgrTeA

Media Sosial Duridwangurunatafkar

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Kamis, 30 September 2021

PKKM MTs. Tauhidul Afkar 2021 | Komponen Supervisi

Komponen Supervisi
1. Dudi Ridwan, M.Pd
2. Julva Azkiya
3. M.solahudin.S.Pd.I

==========
Yang harus ada
==========

INSTRUMEN SUPERVISI MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs )

INSTRUMEN SUPERVISI
MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs )

( SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK )

DEPAGKEMENTERIAN AGAMA
KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT
KELOMPOK KERJA PENGAWAS ( POKJAWAS )
Jln. Jendral Sudirman No.644 Tlp.022-6032008 Fax022-6037850 Bandung 40183

MTs.4
 
 





INSTRUMEN WAWANCARA PRA OBSERVASI PROSES PEMBELAJARAN
(STANDAR PROSES)
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Nama Madrasah             MTs Tauhidul Afkar
NSM / NPSN                          : 
Nama Guru / NIP                  : 
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mengajar di kelas/Jam Ke    : IX     /
No
Pokok-pokok Wawancara
Catatan

1
Kompetensi Dasar yang akan diajarkan


2
Tujuan Pembelajaran yang akan disampaikan


3
Metode yang digunakan dan alasan menggunakan metode tersebut


4
Media dan alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran

5
Materi yang dianggap sulit oleh Peserta Didik berdasarkan perkiraan dalam pembelajaran


6
Masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses  pembelajaran


7
Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh Peserta Didik setelah mengikuti pembelajaran


8
Hal yang perlu mendapat perhatian khusus pada pembelajaran


Saran:


                                                                                                                        Cianjur , ..............
Guru Mata pelajaran,                                                                                                  Pengawas





........................................                                                         .........................................................
NIP.                                                                                                          NIP. 195807121980031007
Mengetahui
                                                                        Kepala Madrasah





                                                                       Ai Maskuroh, SE.
                                                                        NIP. --

DEPAG                                                                        KEMENTERIAN AGAMA
KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT
                                         KELOMPOK KERJA PENGAWAS ( POKJAWAS )
Jln. Jendral Sudirman No.644 Tlp.022-6032008 Fax022-6037850 Bandung 40183
 



MTs.5
 
                                                           

INSTRUMEN PENGAMATAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
(STANDAR PROSES)
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Nama Madrasah                    : 
Nama Guru / NIP                  : 
Mata Pelajaran                      : 
Mengajar di kelas/Jam Ke    :    /
                       
No
Aspek yang diamati
Ada
Tidak ada
Ket.
4
3
2
1

I
PERANGKAT PEMBELAJARAN







1.      Analsis SKL kelompok Mata Pelajaran







2.      Analisis SKL Mata Pelajaran







3.      Analisis Tujuan Mata Pelajaran







4.      Pemetaan SK/KD







5.      Program Tahunan







6.      Program Semester







7.      Pengembangan Silabus 







8.      Sistem Penilaian







9.      KKM untuk KD yang dibahas







10.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)







11.  Analisis Hasil Belajar







12.  Program Remedial dan Pengayaan







13.  Buku Nilai yang memuat semua tagihan yang telah dilak- sanakan







     JUMLAH ( I )






II
PROSES PEMBELAJARAN






A
PENDAHULUAN







1.  Kehadiran tepat waktu







2. Kejelasan kompetensi dasar yang harus dicapai Peserta Didik







3.  Kejelasan sistem penilaian yang akan digunakan







4.  Kejelasan tujuan pembelajaran







5.  Memotivasi Peserta Didik untuk belajar







6.  Kesiapan alat bantu dan media pembelajaran







7.  Kesiapan bahan ajar







8.  Apersepsi






B.
KEGIATAN INTI







1.  Eksplorasi:







1)      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam dari berbagai sumber







2)      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain







3)      Memfasilitasi interaksi antara peserta didik, peserta didik-guru, peserta didik-lingkungan, peserta didik-sumber belajar lainnya







4)      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran







5)      Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, Studio, atau lapangan








2.  Elaborasi :







Dalam kegiatan Elaborasi, guru:







1)      Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna







2)      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dll sehingga muncul gagasan baru baik lisan maupun tulisan







3)      Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut







4)      Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran yang kooperatif dan kolaboratif







5)      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar







6)      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi baik lisan maupun tulisan, secara individu maupun kelompok







7)      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu maupun kelompok







8)      Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamnen, festival, serta produk yang dihasilkan







9)      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri







3.  Konfirmasi :







Dalam kegiatan konfirmasi, guru:







1)      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik







2)      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber







3)      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan







4)      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:







a)      Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan perserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan bahasa yang baku dan benar







b)      Membantu menyelesaikan masalah







c)      Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi







d)     Memberi informasi untuk beroksplorasi lebih jauh







e)      Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif






C.
KEGIATAN PENUTUP







1)  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran







2)  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram







3)  Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran







4)  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberi tugas baik individual mapun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik







5)  Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya







KUALIFIKASI NILAI ( ∑ Skor / 180 x 100 )











Kesan dan Pesan
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................

                                                                                                           
                                                                                                                         Cianjur , ..............
Guru Mata pelajaran,                                                                                                  Pengawas





........................................                                                         .........................................................
NIP.                                                                                                          NIP. 195807121980031007
Mengetahui
                                                                        Kepala Madrasah





                                                                       Ai Maskuroh, SE.
                                                                        NIP. --






DEPAGKEMENTERIAN AGAMA
KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT
                                         KELOMPOK KERJA PENGAWAS ( POKJAWAS )
Jln. Jendral Sudirman No.644 Tlp.022-6032008 Fax022-6037850 Bandung 40183

MTs.7
 
 




INSTRUMEN SUPERVISI
PERSIAPAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
(STANDAR PENILAIAN)
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

      1. Nama Madrasah                                                 : 
      2. Alamat Madrasah                                                           : 
      3. Nama Guru / NIP                                                           :       /       -
4. Mulai bertugas di Madrasah ini                          :  
      5. Tugas lain selain mengajar                                 :  -
      6. Hari / Tanggal                                                    : .............................................. / ......................................      
No
Komponen
Ada
Tidak ada
Ketr.
4
3
2
1
A
PERSIAPAN PEMBELAJARAN







1.       Buku Kurikulum







2.       Buku Pegangan/Sumber guru







3.       Kalender Pendidikan







4.       Prota, Promes, dan Program Penilaian







5.       KKM







6.       Buku Nilai







7.       Analisis hasil penilaian







8.       Pengembangan Silabus







9.       Kisi-kisi sistem penilaian







10.   Pengembangan RPP







11.   Agenda Harian






B
PRINSIP PENILAIAN




1.   Sahih (data yang mencerminkan kemampuan yang diukur)







2.   Obyektif (Prosedur kriteria yang jelas)







3.   Adil (tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik, serta perbedaan latare belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, statys sosial, dan gender)







4.   Terpadu (tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran)







5.   Terbuka (prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan)







6.   Menyeluruh dan berkesinambungan (mencakup semua aspek kompetensi dengan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk membantu perkembangan kemampuan peserta didik)







7.   Sistematis (terencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku)







8.   Beracuan Kriteria (didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan)







9.   Akuntabel (dapat dipertanggung jawabkan baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya)







C
TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN







1.   Teknik Penilaian:







1)      Tes







2)      Non tes







2.     Instrumen Penilaian:







1)      Substansi (merepresentasikan kompetensi yang dinilai)







2)      Kontruksi (Sesuai dengan persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan)







3)      Bahasa (bahasa yang baik dan benar, komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik)






D
HASIL PENILAIAN







1)        Target Ketuntasan Belajar Peserta Didik/KKM







2)        Kriteria Penilaian







3)        Hasil Penilaian Tes







4)        Hasil Penilaian non test







5)        Analisis Hasil belajar dan Proses







6)        Rata-rata daya serap Peserta Didik ulangan harian







7)        Penialaian Afektif







8)        Penialain Psikomotor






E
TINDAK LANJUT







1)        Remedial







2)        Pengayaan







3)        Laporan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Untuk Peserta Didik







4)        Laporan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Untuk Kamad







5)        Laporan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Untuk Orang Tua







KUALIFIKASI NILAI
( ∑Skore/156 x 100 ))







Masalah Yang Dihadapi Guru:





                                                                                                                        Cianjur , ..............
Guru Mata pelajaran,                                                                                                  Pengawas





........................................                                                         .........................................................
NIP.                                                                                                          NIP. 195807121980031007
Mengetahui
                                                                        Kepala Madrasah





                                                                       Ai Maskuroh, SE.
                                                                        NIP. --

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan RidsyafTeA Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus TafkarMart Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul