MATA PELAJARAN KEPESANTRENAN : SHOROF
GURU : DUDI RIDWAN, S.Pd.I
1.
Ilmu yang membahas tentang
perubahan bentuk kalimat dari satu bentuk kepada bentuk yang lain untuk
mengejar makna tertentu, adalah definisi dari …..
A.
Nahwu
B.
Tauhid
C.
Fiqih
D.
Tasawuf
E.
Shorof
2.
Perhatikan kalimat-kalimat
di bawah ini!
(1) نَصَرَ
(2) يَنۡصُرُ
(3) نَصۡرًا
(4) نَاصِرٌ
(5) مَنۡصُوۡرٌ
Kalimat fi’il madli ditunjukan oleh nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
3.
Perhatikan kalimat-kalimat
pada soal no. 2! Mashdar ada pada nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(4)
D.
(5)
E.
(3)
(1) فَتَحَ – يَفۡتَحُ
(2) عَلِمَ – يَعۡلَمُ
(3) عَالِمٌ – مَعۡلُوۡمٌ
(4) مَنۡصَرٌ – مِنۡصَرٌ
(5) نَصۡرًا – مَنۡصَرًا
Kalimat yang tergolong kalimat isim ditunjukan oleh nomor
….
A.
(1) (2) (3)
B.
(3) (4) (5)
C.
(1) (2) (4)
D.
(2) (4) (5)
E.
(2) (3) (5)
5.
Bentuk kalimat yang
menunjukan kata perintah adalah …..
A.
Fi’il madli
B.
Fi’il Mudlore
C.
Mashdar
D.
Fi’il Amar
E.
Isim Zaman
6.
Fi’il Nahyi adalah bentuk
kalimat yang menunjukan kata ….
A.
Perintah
B.
Larangan
C.
Pekerjaan lampau
D.
Pekerjaan akan datang
E.
Tempat sebuah pekerjaan
7.
Fi’il Mudlore mengandung
waktu atau zaman, yaitu zaman ….
A.
Lampau
B.
Sekarang
C.
Kemarin
D.
Kemarin lusa
E.
Tidak ada jawaban benar
8.
Bentuk kalimat yang tidak
mengandung waktu atau terbebas dari zaman adalah ….
A.
Isim fa’il
B.
Isim maf’ul
C.
Fi’il Madli
D.
Fi’il Mudlore
E.
Mashdar
9.
Bentuk kalimat yang
menunjukkan pelaku sebuah pekerjaan adalah ….
A.
Isim maf’ul
B.
Mashdar
C.
Isim fa’il
D.
Isim zaman
E.
Isim makan
10.
Fi’il yang tidak mempunyai
sasaran atau yang dikenai pekerjaan disebut dengan ….
A.
Muta’addi
B.
Lazim
C.
Tsulatsi
D.
Ruba’i
E.
Mujarrod
Kelas 10 IPA
11.
Perhatikan fi’il di bawah
ini!
(1)
كرُم
(2)
عظُم
(3)
كبُر
Fa fi’il dari lafadz di atas adalah ….
A.
ك – ر –
م
B.
ر – ظ –
ب
C.
ك – ع –
ك
D.
م – م –
ر
E.
Tidak ada jawaban yang
benar
12.
Lam fi’il dari
lafadz-lafadz pada soal no. 11, adalah ….
A.
ك – ر –
م
B.
ر – ظ –
ب
C.
ك – ع –
ك
D.
م – م –
ر
E.
ع – ظ –
م
13.
Fi’il yang dibentuk dari 3
huruf disebut …..
A.
Tsulatsi
B.
Ruba’i
C.
Sudasi
D.
Khumasi
E.
Suba’i
14.
Fi’il yang dibentuk dari
huruf-huruf asal disebut ….
A.
مجرد
B.
مزيد فبه
C.
متعدى
D.
لازم
E.
منفرد
15.
Fi’il yang dibentuk dari 4
huruf disebut dengan ….
A.
Sudasi
B.
Khumasi
C.
Ruba’i
D.
Tsulatsi
E.
Suba’i
16.
Fi’il yang dibentuk dan
terdapat huruf zaidah dinamakan ….
A.
مجرد
B.
متعدى
C.
منفرد
D.
مزيد فبه
E.
لازم
17.
Fi’il-fi’il yang ada
didalam dalam ilmu shorof, semuanya berjumlah …. bab
A.
35
B.
45
C.
25
D.
15
E.
2
18.
Fi’il Tsulatsi mujarod,
semuanya berjumlah … bab
A.
6
B.
7
C.
4
D.
10
E.
12
19.
Fi’il tsulatsi mazid,
dikelompokkan menjadi …. warna/nao.
A.
6
B.
7
C.
4
D.
3
E.
5
20.
Fi’il tsulatsi mazid
nao/warna pertama, bab-babnya adalah sebagai berikut, kecuali ….
A.
اَكۡرَمَ
B.
فَرَّحَ
C.
بَاعَدَ
D.
اِنۡكَسَرَ
E.
Tidak ada jawaban yang
benar
(1) نَصَر
(2) نَصَرَا
(3) نَصَرُوا
(4) نَصَرتۡ
(5) نَصَرتَا
(6) نَصَرۡنَ
Tashrifan mufrod mudzakar ghoib (tuduh dia satu orang
laki-laki) adalah ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(5)
E.
(6)
22.
Perhatikan kembali qiyasan
pada soal no. 21! Tashrifan Mufrodah Muannatsah Ghoibah (tuduh: dia satu orang
perempuan) adalah ….
A.
(5)
B.
(6)
C.
(4)
D.
(2)
E.
(1)
23.
Perhatikan kembali qiyasan
pada soal no. 21! Tashrifan Tasniyah Mudzakar Ghoib (tuduh: dia laki-laki
berdua) adalah ….
A.
(5)
B.
(6)
C.
(4)
D.
(2)
E.
(1)
(1) فهو ناصر
(2) فهما ......
(3) فهم ......
(4) فهى ناصرة
(5) فهما ناصرتان
(6) فهن .....
Lafadz yang
menyempurnakan qiyasan (2) adalah ….
A.
ناصران
B.
ناصرون
C.
نُصَّار
D.
نصرة
E.
ناصرات
25.
Perhatikan soal no. 24!
Lafadz yang menyempurnakan qiyasan (3) adalah ….
A.
ناصران
B.
ناصرون
C.
نُصَّار
D.
نصرة
E.
ناصرات
26.
Perhatikan soal no. 24!
Lafadz yang menyempurnakan qiyasan (6) adalah ….
A.
ناصران
B.
ناصرون
C.
نُصَّار
D.
نصرة
E.
ناصرات
27.
Perhatikan perubahan
kalimat berikut!
(1) كَرُمَ - أَكۡرَمَ
(2) كَرُمَ - كرَّمَ
(3) كَرُمَ - كارَمَ
(4) كَرُمَ – تكرَّم
(5) كَرُمَ – تَكَارَمَ
Perubahan fi’il
menjadi nao/warna pertama tsulatsi mazid bab 1 adalah ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(5)
D.
(3)
E.
(4)
28.
Perhatikan soal no. 27!
Fi’il nao/warna pertama tsulatsi mazid bab 2 adalah ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(4)
D.
(3)
E.
(5)
29.
Perhatikan soal no. 27!
Fi’il nao/warna kedua bab 1 adalah ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(4)
D.
(5)
E.
(3)
30.
Perubahan fi’il nao/warna
pertama bab 1 ditandai dengan adanya ….
A.
Hamzah washol
B.
Hamzah qotho
C.
Ta muthowa’ah
D.
Ta takalluf
E.
Jenis huruf dari ‘ain fi’il
31.
Perubahan fi’il nao/warna
pertama bab 2 ditandai dengan adanya ….
A.
Ta muthowa’ah
B.
Ta takalluf
C.
Jenis huruf dari ‘ain fi’il
D.
Hamzah washol
E.
Hamzah qotho
32.
Ciri bab 1 tsulatsi
mujarrod adalah bahwa ‘ain fi’ilnya diberi harkat ….
A.
Dhomal
B.
Fatah
C.
Kasroh
D.
Sukun
E.
Tasydid
33.
Tsulatsi mujarrod bab 3
adalah ‘ain fi’ilnya diberi harkat ….
A.
DHOMAL
B.
Fatah
C.
Kasroh
D.
Sukun
E.
Tasydid
34.
Saya membuka buku di atas
meja. اَنَا اَفۡتَحُ كِتَابًا عَلىَ الۡمَكۡتَبِ
Kalimat Fi’il yang ada pada kalimat tersebut di atas adalah
….
A.
اَنَا
B.
اَفۡتَحُ
C.
كِتَابًا
D.
الۡمَكۡتَبِ
E.
عَليَ
35.
Perhatikan soal no. 34!
Fi’il yang ada pada kalimat tersebut adalah fi’il ….
A.
Madli
B.
Mudlore
C.
Amar
D.
Nahyi
E.
Nafyi
36.
Dalam pembahasan fi’il,
pembentuknya ada Huruf Zaid dan ada huruf ….
A.
Asal
B.
Mahdzuf
C.
Salim
D.
Isim
E.
Nida
37.
Huruf yang selalu ada pada
tiap tashrifan kalimat fi’il disebut ….
A.
Asal
B.
Mahdzuf
C.
Salim
D.
Isim
E.
Nida
38.
Pembentuk fi’il
diistilahkan dengan tiga huruf utama, yaitu ….
A.
Fa fi’il, ‘ain Fiil, dan
ghin Fi’il
B.
Fa fi’il, ‘ain Fiil, dan
Lam Fi’il
C.
Fa fi’il, ‘ain Fiil, dan
‘elat fi’il
D.
Muta’adi, lazim, dan zaidah
E.
Lazim, muta’adi, dan
ashliyah
39.
Arti dari lafadz ضَرَبَ adalah ….
A.
Menolong
B.
Membuka
C.
Memukul
D.
Mengetahui
E.
menghitung
40.
Arti dari lafadz فَتَحَ adalah ….
A.
Menolong
B.
Membuka
C.
Memukul
D.
Mengetahui
E. Menghitung