Fullskrin navigasi layarturun
Klik disini.
Coba perhatikan, layar seakan turun:
☰ bukaSTANDAR
ISI
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø Kurikulum Sekolah kami berusaha
mengikuti Standar Isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.
Ø Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup
bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru
sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan
belum pernah dilaksanakan.
Ø Sebagian
besar (sekitar 70%) peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan
tidak tertarik pada pelajaran yang diajarkan
Ø
Sekolah kami menawarkan beberapa mata pelajaran
tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan
kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami |
v Menyusun Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan
panduan dari BSNP
v Menyusun jadwal program remidiasi dan pengayaan
v Meningkatkan motivasi belajar siswa.
v Meninjau ulang mata pelajaran Muatan Lokal
|
¨ Sekolah memiliki Dokumen Kurikulum yang sesuai
dengan panduan dari BSNP
¨ Tersusunnya jadwal program remidiasi dan pengayaan
¨ Motivasi belajar siswa meningkat
¨ Tersedianya mata pelajaran muatan local yang
sesuai dengan kebutuhan siswa
|
STANDAR
PROSES
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø Silabus sekolah kami berusaha
mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP.
Kami belum sepenuhnya
mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam
penyusunan silabus. Ø Sekolah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat
membuat program pembelajaran
Ø
Guru-guru di sekolah kami hanya membuat rencana
pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja Ø
Guru-guru di sekolah kami merencanakan pembelajaran berdasarkan pada isi buku pelajaran saja Ø
Kepala sekolah kami tidak mengkaji ulang rencana
pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan Ø Guru-guru di
sekolah kami tidak mengkaji ulang RPP
setelah mengajar. |
v Workshop menyusun silabus semua mata pelajaran
sesuai dengan SI, SKL dan panduan KTSP
v Workshop menyusun program pembelajaran yang
mempertimbangkan usia dan minat peserta didik. v Melakukan monitoring penyusunan rencana
pembelajaran setiap minggu
v Workshop penyusunan RPP
v Supervisi pembelajaran
v Menyusun program tindak lanjut supervisi. |
¨ Tersusunnya syllabus semua mata pelajaran sesuai
dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.
¨ Tersusunnya program pembelajaran yang
mempertimbangkan usia dan minat peserta didik
¨ Tersusunnya RPP semua mata pelajaran secara
lengkap
¨ Tersusunnya RPP dengan metode pembelajaran CTL
¨ Selalu dilakukan pengkajian ulang penyusunan RPP
¨ Semua guru mengkaji ulang RPP setelah mengajar. |
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø
Hasil
belajar peserta didik masih rendah disebabkan
oleh pemakaian program belajar yang
kurang beragam.
Ø Peserta didik
kurang memiliki motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar
|
v Pelatihan penggunaan program belajar yang beragam
v Penggunaan berbagai metode pembelajaran yang
membangkitkan motivasi belajar siswa.
|
¨ Guru menggunakan program belajar yang beragam
¨ Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang
membangkitkan motivasi belajar siswa
|
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya sebagian besar tuntutan
kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang keahlian tertentu Ø Beberapa
pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah kami tidak memiliki kualifikasi
minimum yang dipersyaratkan
Ø Setiap guru
tetap kami telah bekerja sesuai dengan ketentuan standar pelayanan minimal
(SPM)
Ø
Sekolah kami menyelenggarakan proses
pembelajaran selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai
dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) |
v Pengiriman guru dalam kegiatan MGMP.
v Memberi kesmpatan kepada guru untuk melanjutkan
studi
|
¨ Guru meningkat kompetensinya
¨ 100% memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan
|
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø
Bangunan sekolah kami tidak memenuhi standar dari segi
ukuran atau jumlah ruangan
Ø
Sekolah masih kekurangan 1 ruang kelas
Ø Sekolah kami belum
memiliki semua sarana dan alat-alat yang dibutuhkan untuk
memenuhi ketetapan dalam standar |
v Mencari bantuan pembangunan ruang pendukung
belajar
v Mencari bantuan pembangunan ruang belajar
v Melakukan pembelian sarana dan prasarana belajar.
|
¨ Sekolah memiliki ruang pendukung yang memenuhi
standar
¨ Sekolah memiliki ruang kelas yang standar
¨ Sekolah memiliki sarana dan prasarana belajar yang
lengkap
|
STANDAR
PENGELOLAAN
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø
Rencana kerja sekolah kami tidak terarah pada peningkatan
mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Ø
Rencana pengembangan sekolah kami tidak didukung dengan
informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri sekolah.
Ø Sejumlah staf di sekolah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan
evaluasi diri belum menjadi tata kerja di sekolah kami.
|
v Workshop menyusun RKS
|
¨ Tersusunnya RKS yang sesuai petunjuk BSNP
|
STANDAR
PENILAIAN PENDIDIK
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø Setiap
guru di sekolah kami mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk
membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.
Ø Guru-guru
di sekolah
kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya
menggunakan tes dan ujian
Ø Guru-guru
di sekolah kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan
peserta didik |
v Menyusun Program Penilaian Proses, Ulangan Harian,
Ulangan Tengah Semester, Ulangan akhir semester
v Menyusun jadwal program penilaian
|
¨ Dikembangkan dan diterapkannya program penilaian
yang sesuai standar
¨ Tersusunnya jadwal program penilaian
|
STANDAR
PEMBIAYAAN
TINGKATAN EDS |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2
|
Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk
pada peraturan pemerintah. Ø
Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan
penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih
perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan. |
v Menyusun RKAS merujuk pada peraturan pemerintah
v Pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan kepada
pemerintah secara rutin dan transparan
|
¨ Tersusunnya RKAS merujuk pada peraturan pemerintah ¨ Tersusunnya laporan pertanggungjawaban keuangan
kepada pemerintah secara rutin dan transparan
|
Cianjur, Juli 2020
Kepala SMA plus
Tauhidul afkar
IRFAN ILMI, S.
Pd.I,Lc.
NIP.-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar