DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Jumat, 17 Desember 2021

Sisikian, bubuahan, asli katut pangrekana


(33) Ciri ayana Alloh, bumi nu paeh, dihujanan, hirup subur ngaluarkeun sisikian nu tiasa di tuang.
(34) -sajabi tinu nembe (ayat 33)- ciri tawis ayana Alloh teh, oge deuih, tanah-tanah endah, kebon subur nu ngaluarkeun korma jeung anggur, sareng mancurna cai-cai tina liangna.
(35) sangkan tiasa nuang tina buahna (asli teu direka), sareng tina hasil padamelannana (karya tina motekar damel pananganna). - Naha teu salukur?
====
Buah Asli - jeung karya dina ngarekana
Cau; pisang goreng, molen, kolek
Sampeu; kulub, comro, misro, dodongkal,
Hui; kulub, goreng hui, 
dsb.....
====

Syukur ka Alloh.

Kamis, 16 Desember 2021

PAPASANGAN DINA SAGALA RUPA


(36) Maha suci Dzat (Alloh) anu nyiptakeun papasangan sagalana tina naon anu tumuwuh di bumina, sareng -papasangan- tina dirina, sareng -papasangan- tina naon anu anjeun teu apal.
(37) Sareng diantawis ayat -tanda- pikeun maranehna, peuting nu jadi kasalin berang. Mangka ari pek teh, maranehna aniaya. (dipasihan tanda, anggeur teu ngarasa).

Ngimel ku adresbar

Ngimel ku adresbar GOID


Ngimel ku adresbar di DOD


Penilaian Kinerja, Produk, Portofolio. Proyek, Sikap dan Penlaian diri dalam Pembelajaran

Penilaian Kinerja, Produk, Portofolio. 

Proyek, Sikap dan Penlaian diri dalam Pembelajaran

Penilaian kinerja (Performance Assesment)

• Suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan kelakuan kerjanya ke dalam berbagai tugas yang bermakna dan melibatkan siswa sesuai dengan criteria yang diinginkan.
• Penilaian unjuk kerja dikenal juga tes perbuatan/ praktik adalah teknik penilaian yang menuntut siswa menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja seperti: bercerita, berdeklamasi (penghayatan, pelafalan, intonasi, ekspresi), membaca nyaring, berpidato, bermain peran, berbalas pantun, drama teater, dll
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat penilaian kinerja adalah sebagai berikut:

Identifikasi tujuan yang ingin dicapai dengan
menerapkan penilaian kinerja
• Konsep, keterampilan atau pengetahuan apa yang akan kita nilai?
• Apa yang seharusnya diketahui oleh siswa?
• Bagaimana kinerja siswa yang diharapkan?
• Tipe pengetahuan apa yang akan dinilai: rasional, memori, ataukah proses?
• Memilih kegiatan yang cocok untuk menilai siswa
• Perhatikan: batasan waktu yang tersedia, sumber daya alat di kelas, berapa banyak data yang diperlukan untuk mengetahui kualitas kinerja siswa
• Menentukan kriteria kualitas kinerja siswa
• Mengidentifikasi secara keseluruhan kinerja yang akan dinilai
• Mendaftar aspek-aspek penting dari kinerja atau produk
• Membatasi jumlah kriteria yang dapat diamati
• Menyatakan kriteria dalam bentuk karakteristik produk atau kelakuan siswa yang dapat diamati
• Menyusun kriteria agar dapat diamati dengan efektif
• Menyusun rubrik kinerja
• Menilai kinerja: metode holistic dan metode analytic

Penilaian produk

• Penilaian terhadap keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam menghasilkan suatu produk (karya); dan aspek kualitas teknis dan estetik produk (karya) tersebut.
Tidak hanya diperoleh dari hasil akhir, namun juga proses pembuatannya
• Pengembangan produk meliputi 3 tahap:
 Tahap persiapan/perencanaan: merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, mendesain produk
 Tahap pembuatan:menyeleksi dan menggunakan
bahan dan alat serta menentukan teknik yang
tepat
 Tahap penilaian: kemampuan siswa membuat
 produk


Penilaian Proyek

 Penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
 Tugas berupa suatu investigasi sejak pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian hingga penyajiaa data
 Penilaian proyek ini dilakukan sejak perencanaan, proses selama pengerjaan tugas, sampai hasil akhir proyek. Penilaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek atau skala rentang.

Pengertian Portofolio

 Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa.Hasil kerja itu sering disebut artefak. Artefak-artefak itu dihasilkan dari pengalaman belajar atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu. Artefak-artefak itu diseleksi dan disusun menjadi satu portofolio.
 Dengan kata lain, portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seorang siswa (bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksi) taraf pencapaian, kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa tersebut.
 Ciri dari koleksi ini dinamis, selalu bertumbuh dan berubah
Jenis-jenis portofolio
 Portofolio perkembangan: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan pertumbuhan seorang siswa
 Portofolio pamer/showcase: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan hasil karya terbaiknya
 Portofolio komprehensif: berisi koleksi artefak seluruh hasil karya siswa

Penilaian Portofolio

 Penilaian terhadap sekumpulan karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses pembelajaran, digunakan guru dan siswa untuk memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam mata pelajaran tertentu

Mekanisme penugasan portofolio:
 Memulai dengan contoh/model konkret sebelum
 memberi tugas, misal: ringkasan cerita
 Model dibahas besama kemudian diuraikan ciri-cirinya,misal: pembukaan, isi, penutup.
 Siswa diminta untuk membuat tugas (dalam proses, guru membimbing siswa agar mencapai kriteria yang telah ditetapkan)
 Apabila untuk satu jenis tugas yang sama dihasilkan
 beberapa hasil, siswa memilih tugas yang terbaik
 untuk dimasukkan dalam portofolio

Penilaian Sikap

Salah satu penilaian berbasis kelas terhadap suatu konsep psikologi yang kompleks, a.l: sikap terhadap mata pelajaran, guru mata pelajaran, proses pembelajaran, materi pembelajaran, dan sikap berhubungan dengan nilai yang ingin ditanamkan dalam diri siswa melalui materi tertentu.
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara: observasi perilaku, pertanyaan langsung dan penggunaan skala sikap.

Penilaian Diri

• Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian yang meminta siswa untuk menilai dirinya sendiri berkitan dengan status., proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
• Inti dari penilaian diri adalah kejujuran siswa dalam mengungkapkan tingkat pencapaian kompetensi yang ada pada dirinya yang berkaitan dengan konsep, praktik, dan sikap atau minat melalui format penilaian diri.

Ciri utama penilaian diri:
1. termotivasi sendiri
2. adanya komitmen kepala sekolah
3. tersosialisasikan dengan baik
4. berkesinambungan
5. transparansi
Proses penilaian diri:
1. siswa menghasilkan observasi sendiri
2. membuat pertimbagan sendiri
3. melakukan reaksi sendiri, menafsirkan tingkat pencapaian tujuan dan menghayati kepuasan hasil reaksi sendiri.

Dasamuka

DASAMUKA

Dasamuka

Dasa = 10

Muka = wajah

10 wajah

8 arah mata angin

ditambah

2 arah, Luhur jeung Handap

=======

Cenah gumede, sombong, gede hulu.

asa diri bisa ninggal kulon, wetan, kaler, jeung kidul.

asa diri bisa ninggal barat laut, barat daya, timur laut, jeung tenggara.

asa diri tiasa ninggal kahandap tembuh bumina, kaluhur ngawang-ngawangna.

========

Sambil ngetik, ngadangukeun wayang.....

Sadaya-daya gusti,

Elmu nu tos katampi manfaatkeun,

Elmu nu pimanfaateun wurukeun.

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA TimTeAmahsolid tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul