Game PC untuk diunduh
Halaman
DRMenuNavigasiBar
Sabtu, 25 Desember 2021
Kamis, 23 Desember 2021
Jumat, 17 Desember 2021
Sisikian, bubuahan, asli katut pangrekana
(33) Ciri ayana Alloh, bumi nu paeh, dihujanan, hirup subur ngaluarkeun sisikian nu tiasa di tuang.
(34) -sajabi tinu nembe (ayat 33)- ciri tawis ayana Alloh teh, oge deuih, tanah-tanah endah, kebon subur nu ngaluarkeun korma jeung anggur, sareng mancurna cai-cai tina liangna.
(35) sangkan tiasa nuang tina buahna (asli teu direka), sareng tina hasil padamelannana (karya tina motekar damel pananganna). - Naha teu salukur?
====
Buah Asli - jeung karya dina ngarekana
Cau; pisang goreng, molen, kolek
Sampeu; kulub, comro, misro, dodongkal,
Hui; kulub, goreng hui,
dsb.....
====
Syukur ka Alloh.
Kamis, 16 Desember 2021
PAPASANGAN DINA SAGALA RUPA
(36) Maha suci Dzat (Alloh) anu nyiptakeun papasangan sagalana tina naon anu tumuwuh di bumina, sareng -papasangan- tina dirina, sareng -papasangan- tina naon anu anjeun teu apal.
(37) Sareng diantawis ayat -tanda- pikeun maranehna, peuting nu jadi kasalin berang. Mangka ari pek teh, maranehna aniaya. (dipasihan tanda, anggeur teu ngarasa).
Penilaian Kinerja, Produk, Portofolio. Proyek, Sikap dan Penlaian diri dalam Pembelajaran
Penilaian Kinerja, Produk, Portofolio.
Proyek, Sikap dan Penlaian diri dalam Pembelajaran
Penilaian kinerja (Performance Assesment)
• Suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan kelakuan kerjanya ke dalam berbagai tugas yang bermakna dan melibatkan siswa sesuai dengan criteria yang diinginkan.
• Penilaian unjuk kerja dikenal juga tes perbuatan/ praktik adalah teknik penilaian yang menuntut siswa menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja seperti: bercerita, berdeklamasi (penghayatan, pelafalan, intonasi, ekspresi), membaca nyaring, berpidato, bermain peran, berbalas pantun, drama teater, dll
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat penilaian kinerja adalah sebagai berikut:
Identifikasi tujuan yang ingin dicapai dengan
menerapkan penilaian kinerja
• Konsep, keterampilan atau pengetahuan apa yang akan kita nilai?
• Apa yang seharusnya diketahui oleh siswa?
• Bagaimana kinerja siswa yang diharapkan?
• Tipe pengetahuan apa yang akan dinilai: rasional, memori, ataukah proses?
• Memilih kegiatan yang cocok untuk menilai siswa
• Perhatikan: batasan waktu yang tersedia, sumber daya alat di kelas, berapa banyak data yang diperlukan untuk mengetahui kualitas kinerja siswa
• Menentukan kriteria kualitas kinerja siswa
• Mengidentifikasi secara keseluruhan kinerja yang akan dinilai
• Mendaftar aspek-aspek penting dari kinerja atau produk
• Membatasi jumlah kriteria yang dapat diamati
• Menyatakan kriteria dalam bentuk karakteristik produk atau kelakuan siswa yang dapat diamati
• Menyusun kriteria agar dapat diamati dengan efektif
• Menyusun rubrik kinerja
• Menilai kinerja: metode holistic dan metode analytic
Penilaian produk
• Penilaian terhadap keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam menghasilkan suatu produk (karya); dan aspek kualitas teknis dan estetik produk (karya) tersebut.
Tidak hanya diperoleh dari hasil akhir, namun juga proses pembuatannya
• Pengembangan produk meliputi 3 tahap:
Tahap persiapan/perencanaan: merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, mendesain produk
Tahap pembuatan:menyeleksi dan menggunakan
bahan dan alat serta menentukan teknik yang
tepat
Tahap penilaian: kemampuan siswa membuat
produk
Penilaian Proyek
Penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
Tugas berupa suatu investigasi sejak pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian hingga penyajiaa data
Penilaian proyek ini dilakukan sejak perencanaan, proses selama pengerjaan tugas, sampai hasil akhir proyek. Penilaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek atau skala rentang.
Pengertian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa.Hasil kerja itu sering disebut artefak. Artefak-artefak itu dihasilkan dari pengalaman belajar atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu. Artefak-artefak itu diseleksi dan disusun menjadi satu portofolio.
Dengan kata lain, portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seorang siswa (bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksi) taraf pencapaian, kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa tersebut.
Ciri dari koleksi ini dinamis, selalu bertumbuh dan berubah
Jenis-jenis portofolio
Portofolio perkembangan: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan pertumbuhan seorang siswa
Portofolio pamer/showcase: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan hasil karya terbaiknya
Portofolio komprehensif: berisi koleksi artefak seluruh hasil karya siswa
Penilaian Portofolio
Penilaian terhadap sekumpulan karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses pembelajaran, digunakan guru dan siswa untuk memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam mata pelajaran tertentu
Mekanisme penugasan portofolio:
Memulai dengan contoh/model konkret sebelum
memberi tugas, misal: ringkasan cerita
Model dibahas besama kemudian diuraikan ciri-cirinya,misal: pembukaan, isi, penutup.
Siswa diminta untuk membuat tugas (dalam proses, guru membimbing siswa agar mencapai kriteria yang telah ditetapkan)
Apabila untuk satu jenis tugas yang sama dihasilkan
beberapa hasil, siswa memilih tugas yang terbaik
untuk dimasukkan dalam portofolio
Penilaian Sikap
Salah satu penilaian berbasis kelas terhadap suatu konsep psikologi yang kompleks, a.l: sikap terhadap mata pelajaran, guru mata pelajaran, proses pembelajaran, materi pembelajaran, dan sikap berhubungan dengan nilai yang ingin ditanamkan dalam diri siswa melalui materi tertentu.
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara: observasi perilaku, pertanyaan langsung dan penggunaan skala sikap.
Penilaian Diri
• Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian yang meminta siswa untuk menilai dirinya sendiri berkitan dengan status., proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
• Inti dari penilaian diri adalah kejujuran siswa dalam mengungkapkan tingkat pencapaian kompetensi yang ada pada dirinya yang berkaitan dengan konsep, praktik, dan sikap atau minat melalui format penilaian diri.
Ciri utama penilaian diri:
1. termotivasi sendiri
2. adanya komitmen kepala sekolah
3. tersosialisasikan dengan baik
4. berkesinambungan
5. transparansi
Proses penilaian diri:
1. siswa menghasilkan observasi sendiri
2. membuat pertimbagan sendiri
3. melakukan reaksi sendiri, menafsirkan tingkat pencapaian tujuan dan menghayati kepuasan hasil reaksi sendiri.
• Suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan kelakuan kerjanya ke dalam berbagai tugas yang bermakna dan melibatkan siswa sesuai dengan criteria yang diinginkan.
• Penilaian unjuk kerja dikenal juga tes perbuatan/ praktik adalah teknik penilaian yang menuntut siswa menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja seperti: bercerita, berdeklamasi (penghayatan, pelafalan, intonasi, ekspresi), membaca nyaring, berpidato, bermain peran, berbalas pantun, drama teater, dll
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat penilaian kinerja adalah sebagai berikut:
Identifikasi tujuan yang ingin dicapai dengan
menerapkan penilaian kinerja
• Konsep, keterampilan atau pengetahuan apa yang akan kita nilai?
• Apa yang seharusnya diketahui oleh siswa?
• Bagaimana kinerja siswa yang diharapkan?
• Tipe pengetahuan apa yang akan dinilai: rasional, memori, ataukah proses?
• Memilih kegiatan yang cocok untuk menilai siswa
• Perhatikan: batasan waktu yang tersedia, sumber daya alat di kelas, berapa banyak data yang diperlukan untuk mengetahui kualitas kinerja siswa
• Menentukan kriteria kualitas kinerja siswa
• Mengidentifikasi secara keseluruhan kinerja yang akan dinilai
• Mendaftar aspek-aspek penting dari kinerja atau produk
• Membatasi jumlah kriteria yang dapat diamati
• Menyatakan kriteria dalam bentuk karakteristik produk atau kelakuan siswa yang dapat diamati
• Menyusun kriteria agar dapat diamati dengan efektif
• Menyusun rubrik kinerja
• Menilai kinerja: metode holistic dan metode analytic
Penilaian produk
• Penilaian terhadap keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam menghasilkan suatu produk (karya); dan aspek kualitas teknis dan estetik produk (karya) tersebut.
Tidak hanya diperoleh dari hasil akhir, namun juga proses pembuatannya
• Pengembangan produk meliputi 3 tahap:
Tahap persiapan/perencanaan: merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, mendesain produk
Tahap pembuatan:menyeleksi dan menggunakan
bahan dan alat serta menentukan teknik yang
tepat
Tahap penilaian: kemampuan siswa membuat
produk
Penilaian Proyek
Penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
Tugas berupa suatu investigasi sejak pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian hingga penyajiaa data
Penilaian proyek ini dilakukan sejak perencanaan, proses selama pengerjaan tugas, sampai hasil akhir proyek. Penilaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek atau skala rentang.
Pengertian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa.Hasil kerja itu sering disebut artefak. Artefak-artefak itu dihasilkan dari pengalaman belajar atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu. Artefak-artefak itu diseleksi dan disusun menjadi satu portofolio.
Dengan kata lain, portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seorang siswa (bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksi) taraf pencapaian, kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa tersebut.
Ciri dari koleksi ini dinamis, selalu bertumbuh dan berubah
Jenis-jenis portofolio
Portofolio perkembangan: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan pertumbuhan seorang siswa
Portofolio pamer/showcase: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan hasil karya terbaiknya
Portofolio komprehensif: berisi koleksi artefak seluruh hasil karya siswa
Penilaian Portofolio
Penilaian terhadap sekumpulan karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses pembelajaran, digunakan guru dan siswa untuk memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam mata pelajaran tertentu
Mekanisme penugasan portofolio:
Memulai dengan contoh/model konkret sebelum
memberi tugas, misal: ringkasan cerita
Model dibahas besama kemudian diuraikan ciri-cirinya,misal: pembukaan, isi, penutup.
Siswa diminta untuk membuat tugas (dalam proses, guru membimbing siswa agar mencapai kriteria yang telah ditetapkan)
Apabila untuk satu jenis tugas yang sama dihasilkan
beberapa hasil, siswa memilih tugas yang terbaik
untuk dimasukkan dalam portofolio
Penilaian Sikap
Salah satu penilaian berbasis kelas terhadap suatu konsep psikologi yang kompleks, a.l: sikap terhadap mata pelajaran, guru mata pelajaran, proses pembelajaran, materi pembelajaran, dan sikap berhubungan dengan nilai yang ingin ditanamkan dalam diri siswa melalui materi tertentu.
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara: observasi perilaku, pertanyaan langsung dan penggunaan skala sikap.
Penilaian Diri
• Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian yang meminta siswa untuk menilai dirinya sendiri berkitan dengan status., proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
• Inti dari penilaian diri adalah kejujuran siswa dalam mengungkapkan tingkat pencapaian kompetensi yang ada pada dirinya yang berkaitan dengan konsep, praktik, dan sikap atau minat melalui format penilaian diri.
Ciri utama penilaian diri:
1. termotivasi sendiri
2. adanya komitmen kepala sekolah
3. tersosialisasikan dengan baik
4. berkesinambungan
5. transparansi
Proses penilaian diri:
1. siswa menghasilkan observasi sendiri
2. membuat pertimbagan sendiri
3. melakukan reaksi sendiri, menafsirkan tingkat pencapaian tujuan dan menghayati kepuasan hasil reaksi sendiri.
Dasamuka
DASAMUKA
Dasamuka
Dasa = 10
Muka = wajah
10 wajah
8 arah mata angin
ditambah
2 arah, Luhur jeung Handap
=======
Cenah gumede, sombong, gede hulu.
asa diri bisa ninggal kulon, wetan, kaler, jeung kidul.
asa diri bisa ninggal barat laut, barat daya, timur laut, jeung tenggara.
asa diri tiasa ninggal kahandap tembuh bumina, kaluhur ngawang-ngawangna.
========
Sambil ngetik, ngadangukeun wayang.....
Sadaya-daya gusti,
Elmu nu tos katampi manfaatkeun,
Elmu nu pimanfaateun wurukeun.
Langganan:
Postingan (Atom)
Posting Populer
-
Download from YouTube.com, Vimeo.com, Facebook.ru, Vk.com and more than 40 websites in one click - SaveFrom.net helper extension for chrom...
-
info ♥ OinkAndStuff share SHARE timeline SETTINGS PREMIUM FEATURES new_releases TIPS - TRICKS - NEWS open_in_new OPEN PANEL IN NEW WIND...
-
Follow Us: Sign In Blog Write for Us Contact Us EN FEEDBACK Calculator Online ADVERTISEMENT 0 Deg Rad sin cos tan π e sin...
-
Download Bukti Fisik PKKM Lengkap السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجم...
-
drBingkom
-
MATERI UJIAN KSM 2023 Tingkat : PROVINSI Mata Uji : MTS-IPS 1. Keunggulan komparatif sebuah negara ditentukan oleh beberapa ...
-
Lomba yelyel & Dinamika kelompok Yelyel Karang taruna TKSK IPSM LKSA Peserta Dinamika kelompok Perkenalan Antar Anggota Kelompok Game c...
-
KSM IPS MTs. 2023 | ditoong dulu KSM IPS Kabupaten/Kota 2023 https://drive.google.co.id/uc?export=download&id=1NJjcEXOUY-PQ6UAiZW0WJr8...
-
Overlay Layar Mudal + Iframe Caranya: Copy Teks di dalam kotak yang berwarna hijau di postingan baru anda. Selamat berkreasi 👇👇👇 Tulis b...
-
MATERI UJIAN KSM 2023 Tingkat: PRONASIONAL Mata Uji: MTS-IPS 1. Perhatikan infografis berikut! Pernyataan yang sesuai denga...
DRcjgLink
Duridwan TeA Google Arsip
Tampil Ful Skrin
Tampilan penuh layar
Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.
Materi artikel
DRLabel
'Urwah
۞ دعاء الأوراد ۞
1drive
2019
3Dwarehouse
Abaib
Academia
AdminisGuru
Adzan
AKGTK
Akrab 9497
AkselelatorDRc
Aksioma
Alfa
Aljamal
Anakku
Android
Apache
API
Aplikasi
Aplikasi Online
Aplikasiku
aqidah
aqo'id
Arsiper
Arudl
ASPnet
Atribusi
Attaqwa
Audacity
Audio
Aurod
AutoCAD
ba'da sholat
Ba'diyah
Babad
Bahasa Indonesia
Balaghoh
Baleomol
Banner
basund
Belajar.id
Biantara
bilibiliTV
bing.com
Biografi
Bisikan
Bisnis
Blog
blogku
Bluestack
BMTT
Bola Dunia
Boxmode
BUKU
Caknun
Canva
Capcut
CData
Cerita
Chanel
Cijagong
Copast
Coreldraw;Koreldrow
cortang
CPANEL
cv
Daftar Isi
Daftar Tamu
Dailymotion
Dakwah
Daring
db515TB
Dek@t
Dikdasmen
Diktat
Do''a
Domainesia
dongeng
Download
DRctvone
DRcVivaTV
DRlink
drSoftaculous
Duridwancijag
duridwanMI
E-Book
Earth
eDGe
Edmodo
Edwin
ekstensi
Emulated
Epson
eSDeKU
Excel
Facebook
Fafa Belajar
favicon
FB
FBwatch
Fikih
Film
FKGN
FKSS
Flickr
ftf
ftp
Gambar
Gaweku
GDexcel
GDrive
GDword
Gif
Giphy
Github
Goguru
googele
Gosiswawi
GS v2
Gudang Gif
GuMeng
Guru
Hotmail
HP
HUDHUD ATTWITERI
humor
iframe
IHTT
IIS
IKBAL
ikonku
Ilham
Ilmu Waris
Imam Mahdi
Iman
imrithi
imtihan
Inlislite
ips
Ips siswa
irkhash
Ishol
Israel
Jackie Chan
JadwalHirup
Jendelatea
Jurumiah
Kaamengan
Kaldik
karuhun
Kasintu
Kasyif
Kemdak
Kenangan
Kepesantrenan
KHMZ
Khutbah Idul Adha
Khutbah Jum'at
Kitab Koneng
KlaudiAwan
KMS
Koding
Komentarku
konsorsium
Kristen
KSM
KSM_24
kulsub
Kumer
Kutab Kuning
Lalogin
Laporan
link
lirik sunda
Literasi
LKSATA
Logo
Lokasi
LTNU
Malaikat
Mama Gelar
mapel
Mapel Plus
marawis
materi ajar
materi ips
materi sunda
Mediafire
Menu Mulai
Messenger
meta
Metode Belajar
MGMP MTS
Mi.co.id
Microsoft
Mikrosoft Word
MKKS
MKSS
MKT
Modul
MoU
Movie
MTs.
Mushaf Sunda
Mvs
Nabi
nadhom
nahwu
Nashoih
Nasihat Pernikahan
Nasrudin Hoja
Nasyid
NewTabTvSearch
Ngablog
ngaDOS
Ngaji Pontren
Nganet
Ngaos
ngaweb
Ngimel
Ngobrol Solat
ngobrolgurutea
ngoding
Ngoleksi
Nikah
Nonton
Nubuwwah
NUPTKku
Nyekrip
Nyitus
OderPejKu
Office
office 2010
Office.co.id
Offidocs
ome
Ome.TV
omeaeun
Onedrive
Opis
OpisTeA
Oracle
OSIS
Outlook
Pakakas
Pamilarian
PaperDropboxTeA
PAS
PAS S1
PAT
pdf
Penahexa
Penilaian
Perangkat Guru
Peringatan Nabi
perpus
Perpusdig
PHBI
photo
Phyton
Pintarkem
PKKM
PKKS
PKSS
PohonKeluarga
Ponpes
Portabel
Post WA
PPDB
PPKKS
Prkt Ltk
Program Files
Proker
Proposal
Prosem
Prota
PTS
PTS S1
publikteaqta
Pupujian
Quran Sunda
Rapat
RDM
Removal
renungan
RidsyafTeA
Risalah
Risalah Sholat
RKS
Rohbiyah
Romadlon
Romadon
Rumus
Rumus;PHP;
RumusHead
s.idku
Safari
Santif
Sanusi
segitiga
Sekolah
seren tampi
Sertifikat
sholat
Shopee
Shorof
sifat_20
Silaturahmi
Simdif
SIMPATIKA
sinopsis
siswa
sitegog
Skenario Belajar
Sketchup
SketsaupTeA
Slayid
SMA
Soal
Soanten
Software
SoraTeuPerluNinggal
StoryTelling
Suara
Sukapura
sumputkeun
sunda
syare'at
Ta'lim
tabir mimpi
Tadabbur
tadarrus
TafkarMart
Tahajud
Tahlil
Tasbeh
Taskbar
Tauhid
Tawasul
Tema Blog
tenor.com
Terjemah
tiktok
TimTeA
tips n trick
Trik
Tsaqifah
tulisan
TV Nasional
Twitter
Usaha
Vektor
Video
Video Player
Video;Edit
Video;Rara
VideoPost
vidio
w3s
WA - AYT
wahyu
Wali
Walimahan
Wallpaper
wayang
WeA
Windows
Wirid
Witir
word
Wordpress
WordTeA
WorldBank
WP
WPS
WS
XLS DRcjgTeA
Yahoo
yandexck
Yapista link
YT
ytDuridwanSunda
YTstudio
Yutub
ZIP
Zoom
سلاح الدعوة