13. Kebijakan Tanam Paksa yang dilakukan pemerintahan kolonial pada masa Gubernur Jendral van Den Bosch berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat Hindia Belanda. Kondisi sosial ekonomi ini menjadi salah satu sebab dari diberlakukannya sistem ekonomi liberal di awal abad 20. Kebijakan ini ditandai dengan masuknya modal swasta asing di bidang industri barang dan jasa. Kehadiran industri ini berdampak pada usaha rakyat seperti ….
(A) pengangkutan gerobak yang menurun akibat penggunaan kereta api
(B) perluasan lahan pertanian tebu rakyat akibat pembukaan pabrik gula
(C) merosotnya usaha dibidang makanan akibat masuknya barang impor
(D) meningkatnya usaha pribumi akibat munculnya industri global
========================
14. Sejumlah gejala sosial muncul selama Pandemi COVID-19. Culture shock menjadi salah satu gejala sosial di masa tersebut. Bentuk culture shock yang ada di dunia Pendidikan adalah tenaga pendidik ….
(A) mengajar dengan anggaran yang sedikit
(B) menggunakan piranti digital dengan gagap
(C) mengajar dengan sumber belajar digital minim
(D) memiliki akses perangkat teknologi yang terbatas
========================
15. Perkembangan kontemporer masyarakat mengarah pada suatu penciptaan struktur sosial yang mengarah pada borderless society. Beragam karakteristik masyarakat yang identik dengan fenomena tersebut. Salah satu yang mengemuka adalah fakta ekonomi yang dapat dilihat dalam bentuk ....
(A) rasa bangga mengkonsumsi produk nasional
(B) munculnya distribusi sistem multilevel marketing
(C) terciptanya rantai pasok barang yang tersebar
(D) berkembangnya brand waralaba makanan lokal
========================
16. Kerusakan Sumber Daya Alam (SDA) diantisipasi oleh pemerintah dengan mengembangkan tata kelola yang mengedepankan pada prinsip ekoefisiensi. Penerapan prinsip ini dapat ditemukan pada suatu lokasi yang maknanya sama dengan kandungan dalam Q.S. Abasa: 27-28. Dengan mendasarkan pada lokasi yang terkandung dalam ayat tersebut, bentuk kebijakan ekoefisiensi yang tepat adalah ….
(A) pelarangan pukat harimau
(B) penggunaan pupuk organik
(C) pemertahanan hutan lindung
(D) pencegahan pencemaran sungai
++++++++++++++++Abasa 27-28++++++++++++++++++
فَاَنۡۢبَتۡنَا فِيۡهَا حَبًّا
27. lalu di sana Kami tumbuhkan biji-bijian,
وَّ عِنَبًا وَّقَضۡبًا
28. dan anggur dan sayur-sayuran,
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
========================
17. Berikut adalah dua ayat yang di dalamnya merepresentasikan eksistensi lembaga-lembaga sosial. Ayat pertama adalah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنَّ مِنۡ اَزۡوَاجِكُمۡ وَاَوۡلَادِكُمۡ عَدُوًّا لَّكُمۡ فَاحۡذَرُوۡهُمۡۚ وَاِنۡ تَعۡفُوۡا وَتَصۡفَحُوۡا وَتَغۡفِرُوۡا فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ
(At-taghobun: 14)
dan ayat kedua adalah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ
(Al-mujadalah: 11)
Perbedaan utama antara lembaga sosial yang terwakili oleh ayat pertama dengan ayat kedua terletak pada fungsi pengembangan ....
(A) pedoman berperilaku
(B) nilai dan norma sosial
(C) nalar dan pengetahuan
(D) ruang reproduksi
========================
18. Negara Indonesia memiliki komitmen untuk menyelesaikan permasalahan internasional dengan menginisiasi kegiatan berskala internasional, mendirikan lembaga regional, dan berpartsipasi pada lembaga internasional. Pada masa Orde Lama, pemerintahan menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA), membentuk ASEAN pada masa Orde Baru, dan pernah menjadi anggota dewan keamanan PBB pada masa Orde Reformasi. Peran internasional yang dilakukan Indonesia di masa Orde Lama, dapat dikategorikan sebagai upaya peningkatan ….
(A) intervensi permasalahan ekonomi diantara negara Asia-Afrika
(B) keamanan negara-negara Asia-Afrika dari invasi negara adidaya
(C) sistem kehidupan politik negara Asia-Afrika yang lebih maju
(D) aliansi pertahanan keamanan di antara negara Asia-Afrika
========================
19. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibentuk untuk meningkatkan aliran barang serta investasi diantara negara ASEAN secara bebas. Aktivitas ekonomi ini diharapkan dapat mendorong wilayah MEA sebagai basis produksi barang global yang mengintegrasikan potensi ekonomi negara anggotanya. Aktivitas MEA sebagai organisasi perdagangan internasional bertujuan untuk ….
(A) menerapkan politik anti dumping
(B) menggunakan mata uang dolar AS
(C) membebaskan impor dan ekspor
(D) menciptakan rantai produksi pada satu negara
========================
20. Dengan mendasarkan pada perintah dalam Q.S. Al-Maun, sebuah lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah menyelenggarakan suatu aktivitas sosial di setiap hari Jum’at. Tindakan yang dilakukan oleh sekolah ini adalah bentuk interaksi sosial yang dapat dikategorikan sebagai ….
(A) motivasi
(B) imitasi
(C) empati
(D) simpati