DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Senin, 12 Agustus 2024

Guru Mengajar | Perpustakaan Belajar PMM

image_widget

Perpustakaan Belajar PMM

Metode-metode yang tersedia disini bebas dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk mengerjakan aksi nyata maupun praktik sehari-hari bersama murid dan rekan kerja di sekolah.

document_icon

6 Topi Berpikir

Membantu kita menganalisis sebuah isu dari 6 perspektif berbeda. Memungkinkan proses pengambilan keputusan menyeluruh dan efisien.

document_icon

Know - Wonder - Learn

Paham - Ingin Ketahui - Pelajari

Digunakan untuk memfasilitasi refleksi sekaligus mengkonfirmasi pemahaman.

document_icon

Level of Reflection

Tangga Refleksi

Tahapan yang membantu kita berefleksi secara lebih mendalam.

document_icon

TAG (Tell-Ask-Give)

Sampaikan-Tanyakan-Berikan

Digunakan dalam memberikan dan menggali umpan balik sasaran.

document_icon

Traffic Light Reflection

Refleksi Lampu Lalu Lintas

Digunakan untuk merefleksikan dan mengevaluasi keberjalanan suatu proses.

Guru Mengajar | Lengkapi Lembar Aksi Nyata

Lengkapi Lembar Aksi Nyata
  • Unggah dokumen Aksi Nyata
  • Isi deskripsi
  • Isi refleksi

=========================

Cek ulang kelengkapan Aksi Nyata Anda

6 TOPI BERFIKIR
DIGUNAKAN PADA MATERI NEGARA-NEGARA ASEAN





==========================================
Pintar Kemenag
Lepat Posting, tapi alim ngahapus



















Guru Mengajar | Umpan Balik

Minta umpan balik dari hasil Aksi Nyata yang telah Anda lakukan


Lihat di sini >>> 📓📓📒📒📓📓




Guru Mengajar | Aksi Nyata

Membuat strategi penerapan kurikulum merdeka di kelas - [Guru]

Aksi Nyata:

  1. Buatlah strategi penerapan Kurikulum Merdeka sesuai dengan pemahaman Anda misalnya, membuat modul ajar (RPP Plus)/ membuat kesepakatan atau keyakinan kelas/melakukan asesmen diagnostik, dsb. Silahkan melibatkan aktor/pemangku kepentingan untuk membantu pelaksanaannya.
  2. Praktikkan rancangan strategi Anda di kelas
  3. Mintalah umpan balik/refleksi dari murid secara tertulis (untuk jenjang PAUD dan SD Fase A bisa secara lisan) dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  4. Unggah dokumen berisi:
  5. Dokumentasi (poin 1 dan 2) dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi
  6. Dokumentasi hasil refleksi/umpan balik dari murid (poin 3)
  7. Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
  • Pastikan Anda sudah mengunggah aksi nyata yang diekspor sesuai panduan ini
==========================
PERPUSTAKAAN BELAJAR
==========================
6 Topi Berfikir

Topi Putih, data - fakta - angka - informasi
Topi Merah, emosi - perasaan - intuisi
Topi Hitam, pertimbangan hal negatif yang muncul
Topi Kuning, pertimbangan hal positif yang muncul
Topi Hijau, pertimbangan hal kreatif yang muncul
Topi Biru, kesimpulan.
====
TOPI PUTIH
Informasi apa yang kita punya?
Informasi apa yang masih perlu kita cari?

TOPI MERAH
Bagaimana perasaansaya terhadap hal ini?

TOPI HITAM
Hal negatif apa yang timbul?
Kerugian apa yang terjadi?
Masalah apa yang mungkin muncul setelahnya?

TOPI KUNING
Hal positif apa yang timbul?
Keuntungan apa yang terjadi?
Masalah apa yang mungkin selesai setelahnya?

TOPI HIJAU
Solusi apa yang bisa saya lakukan?
Inovasi apa yang bisa saya kerjakan?

TOPI BIRU
Langkah apa yang akan saya ambil?

Minggu, 11 Agustus 2024

Ketika mendengar berita buruk, kita tidak perlu menghujat dan menghina si pelaku buruk

Ketika mendengar berita buruk, kita tidak perlu menghujat dan menghina si pelaku buruk

Ketika mendengar berita buruk,

Ternyata kita tidak perlu menghujat dan menghina

(si pelaku buruk -kita anggapnya demikian- #padahal kabar belum dicek kebenarannya#)


Bila sudah sampai ditelinga,

Maka:

1) Kita berlindung kepada Alloh

2) Kita berdo'a kepada Alloh, bahwa kita menolak maksiat (kabar buruknya berupa maksiat)

3) Kita berdo'a kepada Alloh, agar kita diberikan petunjuk dan hidayah serta taufik.

4) Kita berdo'a kepada Alloh, agar si pelaku buruk (-singkatnya seperti itu-) insaf dan sadar. Apalagi ia muslim, katakan....:

- "mungkin beliau tidak tahu, ('allimnaa maa jahilnaa), atau

- "mungkin beliau khilaf, lupa, (dzakirna maa nasiina).


Jangan katakan, Masa dia tidak tahu?!

Jangan katakan, kurang ajar!.... apalagi sudah melebihi 6jam.

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan AKGTK Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Alfa Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audacity Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink drSoftaculous Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS Flickr ftf ftp Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github Goguru googele Gosiswawi GS v2 Gudang Gif GuMeng Guru Hotmail HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan Inlislite ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM KSM_24 kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda Literasi LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Mvs Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah NUPTKku Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id Offidocs ome Ome.TV omeaeun Onedrive Opis OpisTeA Oracle OSIS Outlook Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penahexa Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi perpus Perpusdig PHBI photo Phyton Pintarkem PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead s.idku Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software SoraTeuPerluNinggal StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Twitter Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3s WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WorldBank WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub ZIP Zoom سلاح الدعوة
×
Judul