DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Kamis, 07 Maret 2024

Cara Membuka Warung Internet


Cara Membuka Warung Internet
Unduh PDF




Dalam Artikel Ini:
Merencanakan Warung Internet
Menemukan Modal dan Lokasi
Menemukan Lokasi yang Tepat dan Memilih Nama
Mengurus Perizinan Usaha
Mengatur Perangkat Keras dan Lunak
Bersiap Membuka Warnet
Tip dan Peringatan
Artikel Terkait
Referensi


Di masa kini, semakin banyak kegiatan yang harus dilakukan melalui komputer. Karena itu, orang yang tidak memiliki komputer, wisatawan, dan pebisnis sering kali perlu menggunakan komputer. Dengan membuka warung internet, Anda dapat menghasilkan uang dengan menyenangkan, melalui hobi dan kemampuan Anda berkomputer.


Metode1

Merencanakan Warung InternetUnduh PDF


1
Susunlah rencana operasional warung internet (warnet). Tulis layanan yang ingin Anda berikan, dan target pasar untuk warnet Anda. Kunjungi warnet lain di kota atau daerah Anda untuk menemukan ide bisnis.Berdiskusilah dengan pemilik warnet lain, dan tanyakan keuntungan dan kerugian berbisnis warnet.




2
Ketahui apakah rencana Anda dapat terlaksana. Lakukan survei di daerah tujuan Anda. Temukan pasar dan warnet pesaing di sekitar. Perkirakan berapa modal yang Anda perlukan untuk membeli komputer, furnitur, perangkat lunak, dan perabot lainnya.Temukan harga perabot di internet, melalui katalog, atau dengan mengunjungi toko ATK.
Jangan pilih daerah dengan penduduk berekonomi menengah ke atas, karena kemungkinan besar penduduk setempat sudah memiliki komputer sendiri di rumah. Hindari juga daerah dekat perpustakaan, karena umumnya perpustakaan menyediakan komputer yang bisa digunakan secara gratis.





3
Buatlah rencana bisnis lengkap. Tulis seluruh detail mengenai warnet Anda, mulai komputer yang harus dibeli hingga biaya operasional jangka panjang. Perhitungkan hasil riset Anda, dan jelaskan bagaimana warnet Anda akan meraih keuntungan. Sertakan elemen berikut ini pada rencana bisnis Anda:Konsep bisnis: Jelaskan bisnis dan pangsa pasar untuk warnet Anda.
Riset pasar: Bagian penting ini menjelaskan karakteristik pasar yang akan Anda masuki. Tuliskan kompetitor utama, target pasar, dan keperluan target pasar Anda.
Rencana pemasaran: Tuliskan bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pasar, berkomunikasi dengan konsumen, dan mengiklankan warnet.
Rencana operasional: Jelaskan operasional warnet sehari-hari, seperti jam buka serta karyawan dan perabotan yang diperlukan.
Rencana finansial: Tuliskan bagaimana Anda akan mendapat modal, berapa modal yang kira-kira diperlukan, dan rencana keuntungan lima tahunan.
Pastikan rencana bisnis Anda jelas dan mudah dipahami, serta dapat dijelaskan dengan mudah pada siapa saja (terutama kepada mereka yang tidak memahami istilah-istilah khusus).




Metode2

Menemukan Modal dan LokasiUnduh PDF


1
Perhitungkan berapa modal awal yang Anda perlukan dengan bantuan rencana keuangan yang telah Anda tulis. Tentukan juga pengeluaran dan pendapatan kotor tahunan. Siapkan modal senilai modal awal dan biaya operasional setahun. Jika modal Anda tidak cukup, Anda mungkin perlu mengajukan kredit.Biaya operasional termasuk biaya perizinan, asuransi, sewa/cicilan gedung, sistem keamanan, gaji karyawan, perangkat keras dan lunak komputer, serta layanan profesional seperti akuntan.
Anda bisa menyewa atau membeli perangkat bekas untuk menghemat biaya operasional.




2
Temukan modal awal. Anda dapat menjebol tabungan, mendapat modal dari mitra usaha, atau meminjam dari bank. Umumnya, pengusaha memanfaatkan produk kredit dari bank, menjaminkan rumah, menggunakan kartu kredit, atau mengajukan KUR.





3
Hubungi bank di daerah Anda untuk mengajukan KUR atau kredit usaha mikro. Kredit ini dapat Anda ajukan di cabang bank terdekat. Beberapa bank tidak mensyaratkan jaminan untuk produk kredit ini.[1]




4
Pertimbangkan untuk menjaminkan rumah Anda. Beberapa bank menawarkan produk kredit dengan agunan rumah, yang artinya Anda akan menjaminkan rumah untuk mendapat pinjaman. Pastikan Anda dapat membayar cicilan hingga lunas agar rumah yang dijaminkan tidak disita oleh bank. Selain itu, pastikan juga nama Anda tidak ada dalam daftar hitam BI.[2]





5
Pertimbangkan layanan pinjaman mikro daring. Dengan layanan ini, Anda dapat menemukan pinjaman dalam jumlah kecil, hingga Rp2.000.000. Periksa situs layanan pinjaman, dan ketahui aturan mainnya untuk menghindari kesalahpahaman.[3]Di Indonesia, salah satu situs layanan pinjaman mikro yang tengah naik daun adalah UangTeman.



Metode3

Menemukan Lokasi yang Tepat dan Memilih NamaUnduh PDF


1
Temukan lokasi untuk warnet Anda. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau pelanggan atau pengunjung biasa. Jika Anda memilih lokasi dekat sekolah atau kampus, Anda akan menarik pengunjung muda, dan jika Anda memilih lokasi dekat kafe atau toko lain, pengunjung umum mungkin akan tertarik masuk ke warnet Anda. Jika memungkinkan, Anda juga dapat memilih lokasi dekat hotel besar, yang banyak didatangi oleh pebisnis.




2
Hubungi agen perumahan. Agen berpengalaman akan dapat menunjukkan properti yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Anda juga dapat langsung menghubungi pengembang untuk lokasi yang Anda sukai.Sebagai alternatif, Anda dapat mengakuisisi warnet yang sudah berjalan dan memiliki pelanggan tetap. Agen perumahan juga mungkin mengetahui kesempatan ini.




3
Lakukan riset pasar di daerah tujuan. Ketahui peruntukan lama lokasi pilihan Anda, dan data statistik seperti pendapatan rata-rata penduduk di sana. Temukan juga pesaing di sekitar lokasi.Setelah menemukan lokasi yang kira-kira sesuai, lakukan observasi selama beberapa jam, dan lihatlah lalu lintas orang di sekitar. Apakah lokasi pilihan Anda berada dekat transportasi umum atau jalan raya? Apakah tempat parkirnya cukup kondusif?[4]
Lakukan juga riset demografis di daerah tujuan, dengan bantuan pustakawan sekitar atau agen perumahan. Apakah pendapatan penghuni di sana sesuai dengan profil pengunjung yang Anda inginkan?
Setelah menemukan lokasi yang sesuai, belilah asuransi gedung dan kebakaran.




4
Buatlah nama warnet yang unik, sehingga warnet Anda berbeda dari yang lain. Gunakan basis data internet untuk menemukan nama warnet sehingga Anda tidak memilih nama yang sama dengan orang lain. Anda juga bisa mendapat tips untuk memilih nama di berbagai situs internet.



Metode4

Mengurus Perizinan UsahaUnduh PDF


1
Daftarkan nama usaha jika diperlukan. Misalnya, di Amerika, Anda memerlukan izin DBA (Doing Business As) untuk membuka usaha dengan nama selain nama asli Anda. Izin tersebut biasanya didaftarkan melalui kantor pemerintah daerah.[5]




2
Uruslah NPWP di kantor pajak terdekat. Catat pemasukan dari warnet Anda dengan saksama, termasuk PPN yang Anda kenakan pada pengunjung bila ada.




3
Jika Anda membuka warnet di AS, dapatkan ID pajak federal. Anda perlu mengurus kembalian pajak untuk usaha secara terpisah. Karena itu, Anda memerlukan ID pajak federal yang dapat diurus secara daring melalui www.irs.gov.[6]




4
Dapatkan perizinan tempat usaha. Hubungi kantor pemerintah kota untuk mengetahui jenis perizinan yang diperlukan. Jika perlu, hubungi notaris untuk mengisi formulir perizinan. Sebaiknya, bayarlah layanan pengisian alih-alih merepotkan diri jika terjadi kesalahan.



Metode5

Mengatur Perangkat Keras dan LunakUnduh PDF


1
Pilih penyedia jasa internet/ISP. Warnet Anda mungkin memerlukan koneksi internet yang lebih "kuat" dari koneksi rumahan biasa. Bernegosiasilah dengan ISP pilihan karena ISP biasanya memiliki paket khusus usaha atau warnet. Ketahui juga apakah Anda memerlukan IP statis untuk jaringan LAN lokal dan program terkait.Alamat IP statis hanya dapat digunakan oleh satu pelanggan internet. Alamat IP dinamis akan diberikan ISP secara acak setiap kali Anda masuk ke komputer. Dengan alamat IP dinamis, Anda otomatis berbagi alamat IP dengan banyak pelanggan lain.[7]




2
Susun tata letak ruangan sesuai gedung. Jika memungkinkan, bayarlah desainer profesional. Pastikan desainer tersebut mengetahui keperluan khusus warnet Anda. Misalnya, Anda mungkin perlu menyesuaikan dapur agar persiapan makanan/minuman tidak merusak komponen elektronik. Libatkan juga ahli listrik untuk memastikan bahwa infrastruktur gedung dapat memenuhi keperluan listrik di warnet.




3
Belilah perlengkapan yang diperlukan sesuai rencana bisnis, seperti komputer, kabel jaringan, perute/router, pencetak, crimping tool, dan RJ45. Jika Anda ingin menjual makanan, belilah juga piring, gelas, dan microwave.




4
Atur ruangan warnet Anda. Lakukan pekerjaan konstruksi dan renovasi gedung, aturlah kelistrikan warnet, pasang jaringan komputer, rakit dan pasang perangkat lunak pada komputer, dan tambahkan sistem keamanan. Jika perlu, siapkan ruangan untuk memberi layanan tambahan, seperti dapur untuk memasak makanan/minuman.




5
Atur perangkat lunak warnet dengan efektif. Gunakan perangkat lunak gratis seperti Linux sebagai alternatif Windows/Mac OS, dan OpenOffice/LibreOffice sebagai pengganti Microsoft Office. Pertimbangkan untuk menggunakan sistem live CD tanpa media penyimpanan atau dumb terminal di komputer klien untuk mengurangi perbaikan.Pasang firewall pada perute jika perute tidak menyediakan fungsi tersebut. Firewall berfungsi untuk melindungi jaringan Anda dari worm, virus, dan serangan luar lainnya.
Temukan perangkat lunak untuk melindungi komputer Anda dari virus, seperti antivirus atau live CD.



Metode6

Bersiap Membuka WarnetUnduh PDF


1
Buatlah rencana sumber daya manusia untuk warnet Anda. Perhitungkan jam operasional, gaji karyawan, dan upah lembur, serta aturan anti diskriminasi. Ketahui hukum ketenagakerjaan daerah Anda dengan mengunjungi Depnaker atau melakukan pencarian di internet dan perpustakaan.[8]




2
Wawancara dan terimalah karyawan. Beriklanlah di situs seperti OLX atau Facebook. Pilih karyawan dengan kemampuan teknologi yang baik, memiliki referensi tepercaya, ramah, dan mudah bekerja sama. Pastikan Anda mencari tahu tentang latar belakang karyawan sebelum menerimanya.[9]Anda dapat mencari tahu latar belakang karyawan dengan bantuan kantor polisi terdekat.




3
Iklankan warnet di sekitar melalui brosur, iklan koran, sistem getok tular, dan media sosial. Anda mungkin perlu membuat situs untuk warnet. Untuk membuat situs, gunakan templat gratis, atau pilih layanan seperti WordPress dengan tarif sekitar AS$70 per tahun. Buatlah halaman Facebook untuk warnet Anda, dan perbarui halaman tersebut secara berkala.Pertimbangkan untuk melakukan acara pembukaan dengan memberi hadiah atau kupon diskon. Iklankan pembukaan warnet di koran, stasiun radio, Facebook, dan situs web. Anda juga dapat menawarkan makanan dan hiburan gratis di hari pembukaan.




4
Terima masukan dari pelanggan. Pelanggan mungkin merasa kecepatan internet di warnet Anda kurang memuaskan, atau mengeluh bahwa komputer yang mereka gunakan terinfeksi spyware. Hubungi pakar untuk menyelesaikan masalah jika warnet Anda tidak memiliki administrator yang sesuai.




5
Pertimbangkan lahan bisnis lain, seperti jasa pencetakan atau perlombaan gim. Terima saran mengenai layanan tambahan sesuai kebutuhan konsumen di daerah Anda.a.

Tips
Ingatlah untuk mengutamakan pelanggan dalam setiap kegiatan bisnis Anda.
Pelanggan Anda membayar untuk layanan yang Anda berikan, jadi pastikan pelayanan Anda memuaskan dan memenuhi kebutuhan mereka.
Evaluasi kinerja bisnis Anda. Ketahui langkah apa saja yang berhasil dan kurang berhasil.
Antisipasilah keadaan, dan beradaptasilah.

Peringatan
Pasanglah pemantau jaringan dasar yang tidak melanggar privasi pelanggan, namun di saat yang sama dapat mendeteksi penggunaan bandwidth berlebihan.
Jika warnet Anda mengalami masalah pelanggaran hak cipta, beri tahu pelanggan hal-hal yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan di internet. Bila perlu, blokir porta P2P.
Gunakan perangkat lunak gratis di komputer, alih-alih bajakan, untuk mencegah tuntutan hukum.

Hal yang Anda perlukan
Rencana bisnis
Komputer berkualitas tinggi, dengan monitor, tetikus, dan papan tik.
Perangkat lunak, seperti sistem operasi, aplikasi produktivitas, dan gim
Perangkat jaringan, seperti perute, switch, dan kabel jaringan
UPS untuk mencegah kerusakan komputer akibat putusnya aliran listrik
Furnitur

Sumber kopas dan sedikit diedit: https://id.wikihow.com/Membuka-Warung-Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS ftf Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github googele GS v2 Gudang Gif Guru HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id ome Ome.TV Onedrive Opis OSIS Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi PHBI photo Phyton PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA TimTeAmahsolid tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3 WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub Zoom سلاح الدعوة
×
Judul