DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DRMenuNavigasiBar

menunavngampar

Senin, 19 Februari 2024

Contoh Surat Kontrak Kerja yang Sederhana - 4 contoh


Contoh Surat Kontrak Kerja yang Sederhana - 4 contoh

DRberbagi

Simak 4 Contoh Surat Kontrak Kerja yang Sederhana

Sebelum memulai kerja ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan, termasuk isi dari surat kontrak kerja, simak selengkapnya berikut ini!


Contoh Surat Kontrak Kerja – Surat kontrak kerja akan dikeluarkan setelah seseorang secara resmi bekerja sama secara profesional dengan perusahaan. Surat ini akan membantu untuk memperjelas hak serta kewajiban yang akan diterima oleh kedua belah pihak.

Dalam surat kontrak kerja akan terlampir data diri maupun informasi sejelas-jelasnya mengenai yang bersangkutan. Mulai dari nama lengkap, alamat, posisi atau jabatan, maupun tunjangan dan hak lain yang akan diberikan.

Sebagai pihak yang menandatangani surat tersebut, maka perlu memperhatikan secara jelas dan seksama mengenai apa saja hal-hal yang akan terlampir di dalam. Surat kontrak kerja ada berbagai macam bentuk, berikut beberapa contoh yang bisa kamu simak didalamnya.

Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Contoh Surat Kontrak Kerja

Surat kontrak kerja umumnya diberikan saat seseorang akan memulai kontrak dengan perusahaan. Isi dari surat ini akan mencakup data diri, hak perusahaan dan hak karyawan, serta ketentuan pelanggaran lainnya yang perlu dipahami dengan seksama.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa menyimak beberapa contoh surat kontrak kerja sesuai jenis kebutuhannya, berikut ini: 

1. Surat Kontrak Kerja Paruh Waktu

surat kontrak kerja paruh waktu
Sumber Gambar: Academia.edu

Pada surat kontrak pekerja paruh waktu, umumnya memiliki perhitungan upah yang cukup berbeda dengan pekerja tetap, karena dipengaruhi oleh jam kerja dan tugas serta tanggung jawab.

Dalam surat kontrak pekerja paruh waktu kebijakan akan jam kerja dan perhitungan upah sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Dalam suratnya akan mencakup durasi kerja serta upah yang akan dihitung per durasi kerja.

2. Surat Kontrak Kerja untuk Pegawai Kontrak (PKWT)

surat kontrak pegawai kontrak
Sumber Gambar: Slideshare

Surat kontrak pada pegawai kontrak juga turut memuat durasi kerja, namun ada perbedaan jelas yang terlihat pada hak cuti pegawai serta fasilitas yang diberikan antara pegawai kontrak serta pegawai tetap.

Dalam surat kontrak akan tercantum hak dan kewajiban pegawai secara jelas, kamu bisa menyimaknya dengan seksama sebelum melakukan tanda tangan kontrak tersebut.

3. Surat Kontrak Kerja Pegawai Lepas

surat kontrak pegawai lepas
Sumber Gambar: Glints

Pegawai lepas atau yang lebih dikenal sebagai freelance, tidak akan terikat kontrak jangka panjang yang khusus dengan satu perusahaan, karena sifatnya sebagai pegawai lepas, maka freelance bisa memberikan jasa pada beberapa perusahaan sekaligus.

Kamu juga perlu mencantumkan jangka panjang waktu pengerjaan proyek dan tata cara pembayaran yang ditetapkan, agar terhindar dari kesalahpahaman antara kedua belah pihak yang bekerja sama.

4. Surat Kontrak Pegawai Tetap

surat kontrak pegawai tetap
Sumber Gambar: Scribd

Bagi seseorang yang akan memulai kontrak sebagai pegawai tetap, kamu perlu melihat surat kontrak tersebut serta hak dan kewajiban yang ditetapkan bagi pihak perusahaan dan pegawai.

Isi surat kontrak tersebut dapat berupa detail jabatan pekerjaan, gaji, tunjangan-tunjangan yang diberikan termasuk tanggal mulai berlakunya kontrak tersebut. Sebelum melakukan tanda tangan kontrak pastikan semua informasi yang tertera adalah benar adanya.

Tokopedia Print - Kebutuhan Perkantoran
Cetak peralatan kantor online di percetakan online Tokopedia Print! Hasil memuaskan dengan hasil cetakan berkualitas dan harga terbaik!

Hal-hal yang Tercantum Dalam Surat Kontrak Kerja

Terdapat juga beberapa hal penting yang pasti tercantum dalam surat kontrak kerja, beberapa hal tersebut perlu kamu perhatikan sebelum mulai melakukan tanda-tangan, diantaranya:

1. Data Diri Calon Pegawai

Data diri calon pegawai akan dicantumkan dalam kontrak kerja, berisi nama lengkap, nomor identitas dan alamat lengkap sebagai kebutuhan administrasi.

2. Kewajiban dan Tanggung Jawab Kedua Belah Pihak

Pada bagian ini akan tertera hak maupun kewajiban dari kedua belah pihak, seperti tangung jawab pada posisi maupun pekerjaan calon pegawai.

3. Periode dan Masa Berlaku Kontrak

Detail masa berakhir kontrak yang telah ditentukan akan berlaku bagi karyawan kontrak, freelance atau paruh waktu. Namun pada pegawai tetap, periode yang tercantum adalah tanggal mulai berlakunya surat kontrak.

4. Sanksi Atas Pelanggaran

Sanksi pelanggaran juga akan tercantum pada surat kontrak, sehingga para pegawai harus membaca dengan seksama dan menghindari hal-hal yang dapat merugikan kedua belah pihak.

5. Pemutusan Kontrak

Poin-poin yang dapat menyebabkan kontrak berakhir atau diputus akan tercantum dalam surat secara jelas. Calon pegawai perlu memperhatikannya dengan seksama.

6. Pasal lainnya

Pasal yang mengatur tata cara bekerja, kebiasaan maupun kebijakan yang terbitkan oleh perusahaan juga akan tercantum didalam surat kontrak tersebut.Itulah beberapa contoh surat kontrak kerja, surat tersebut merupakan hal mendasar yang akan kamu temui ketika bekerja secara profesional. Kamu perlu memahami dengan seksama apa saja yang menjadi tanggung jawab maupun kewajiban sebagai pegawai ya, Toppers.

Kamu juga bisa melengkapi kebutuhan alat tulis untuk menunjang pekerjaanmu secara mudah hanya di Tokopedia!

Temukan Berbagai Kebutuhan Tulis dan Menggambar di Tokopedia! Dapatkan juga Bebas Ongkir Sepuasnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

DRLabel

'Urwah ۝۞ دعاء الأوراد ۞۝ 1drive 2019 3Dwarehouse Abaib Academia AdminisGuru Adzan Akrab 9497 AkselelatorDRc Aksioma Aljamal Anakku Android Apache API Aplikasi Aplikasi Online Aplikasiku aqidah aqo'id Arsiper Arudl ASPnet Atribusi Attaqwa Audio Aurod AutoCAD ba'da sholat Ba'diyah Babad Bahasa Indonesia Balaghoh Baleomol Banner basund Belajar.id Biantara bilibiliTV bing.com Biografi Bisikan Bisnis Blog blogku Bluestack BMTT Bola Dunia Boxmode BUKU Caknun Canva Capcut CData Cerita Chanel Cijagong Copast Coreldraw;Koreldrow cortang CPANEL cv Daftar Isi Daftar Tamu Dailymotion Dakwah Daring db515TB Dek@t Dikdasmen Diktat Do''a Domainesia dongeng Download DRctvone DRcVivaTV DRlink Duridwancijag duridwanMI E-Book Earth eDGe Edmodo Edwin ekstensi Emulated Epson eSDeKU Excel Facebook Fafa Belajar favicon FB FBwatch Fikih Film FKGN FKSS ftf Gambar Gaweku GDexcel GDrive GDword Gif Giphy Github googele GS v2 Gudang Gif Guru HP HUDHUD ATTWITERI humor iframe IHTT IIS IKBAL ikonku Ilham Ilmu Waris Imam Mahdi Iman imrithi imtihan ips Ips siswa irkhash Ishol Israel Jackie Chan JadwalHirup Jendelatea Jurumiah Kaamengan Kaldik karuhun Kasintu Kasyif Kemdak Kenangan Kepesantrenan KHMZ Khutbah Idul Adha Khutbah Jum'at Kitab Koneng KlaudiAwan KMS Koding Komentarku konsorsium Kristen KSM kulsub Kumer Kutab Kuning Lalogin Laporan link lirik sunda LKSATA Logo Lokasi LTNU Malaikat Mama Gelar mapel Mapel Plus marawis materi ajar materi ips materi sunda Mediafire Menu Mulai Messenger meta Metode Belajar MGMP MTS Mi.co.id Microsoft Mikrosoft Word MKKS MKSS MKT Modul MoU Movie MTs. Mushaf Sunda Nabi nadhom nahwu Nashoih Nasihat Pernikahan Nasrudin Hoja Nasyid NewTabTvSearch Ngablog ngaDOS Ngaji Pontren Nganet Ngaos ngaweb Ngimel Ngobrol Solat ngobrolgurutea ngoding Ngoleksi Nikah Nonton Nubuwwah Nyekrip Nyitus OderPejKu Office office 2010 Office.co.id ome Ome.TV Onedrive Opis OSIS Pakakas Pamilarian PaperDropboxTeA PAS PAS S1 PAT pdf Penilaian Perangkat Guru Peringatan Nabi PHBI photo Phyton PKKM PKKS PKSS PohonKeluarga Ponpes Portabel Post WA PPDB PPKKS Prkt Ltk Program Files Proker Proposal Prosem Prota PTS PTS S1 publikteaqta Pupujian Quran Sunda Rapat RDM Removal renungan Risalah Risalah Sholat RKS Rohbiyah Romadlon Romadon Rumus Rumus;PHP; RumusHead Safari Santif Sanusi segitiga Sekolah seren tampi Sertifikat sholat Shopee Shorof sifat_20 Silaturahmi Simdif SIMPATIKA sinopsis siswa sitegog Skenario Belajar Sketchup SketsaupTeA Slayid SMA Soal Soanten Software StoryTelling Suara Sukapura sumputkeun sunda syare'at Ta'lim tabir mimpi Tadabbur tadarrus Tahajud Tahlil Tasbeh Taskbar Tauhid Tawasul Tema Blog tenor.com Terjemah tiktok TimTeA TimTeAmahsolid tips n trick Trik Tsaqifah tulisan TV Nasional Usaha Vektor Video Video Player Video;Edit Video;Rara VideoPost vidio w3 WA - AYT wahyu Wali Walimahan Wallpaper wayang WeA Windows Wirid Witir word Wordpress WordTeA WP WPS WS XLS DRcjgTeA Yahoo yandexck Yapista link YT ytDuridwanSunda YTstudio Yutub Zoom سلاح الدعوة
×
Judul